Kehamilan

Waspada Komplikasi Kehamilan bisa Sebabkan Stroke

Dipublish tanggal: Jun 27, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Sep 20, 2019 Waktu baca: 2 menit
Waspada Komplikasi Kehamilan bisa Sebabkan Stroke

Komplikasi pada masa kehamilan bisa saja terjadi karena ebrbagai faktor. Dua jenis komplikasi yang bisa terjadi saat hamil adalah peningkatan gula darah atau dikenal dengan diabetes gastisional dan peningkatan tekanan darah atau preeclampsia. 

Komplikasi ini terbukti berbahaya bagi ibu hamil karena bisa menyebabkan stroke

Komplikasi kehamilan yang paling umum

Peningkatan tekanan darah ketika hamil atau preeklamsia adalah kondisi dimana tekanan darah meningkat pada pertengahan masa kehamilan. Preeklampsia ini bisa ditandai dengan pembengkakan pada tangan dan wajah. 

Penyebab utama preeklampsia ini belum bisa dipastikan namun kondisi ini bisa terjadi pada 8% dari keseluruhan kehamilan. 

Orang yang beresiko mengalami peningkatan tekanan darah tinggi ketika hamil adalah orang-orang dengan kondisi sebagai berikut:

Satu-satunya solusi untuk mengatasi preeklamsia adalah untuk melahirkan bayi yang dikandung. Namun bila usia kandungan belum cukup, preeklampsia bisa diatasi dengan cara istirahat yang cukup, pemantauan dengan ketat oleh dokter, dan segera melahirkan bila dirasa bayi sudah cukup kuat. 

Bila pada kehamilan pertama sudah mengidap preeklamsia, maka ada kemungkinan mengalami kondisi yang sama sebanyak 33% pada kehamilan berikutnya. 

Peningkatan gula darah saat sedang hamil dikenal dengan istilah diabetes gestasional. Kondisi ini menunjukkan ketidakmampuan tubuh dalam memproses karbohidrat pada masa kehamilan. Pada sebagian besar kasus, tidak ada gejala yang menunjukkan kondisi ini. 

Oleh karenanya semua wanita hamil sangat dianjurkan untuk menjalani tes guna mengetahui kondisi diabetes gestasional selama masa kehamilan. 

Bilapun ada gejala yang muncul biasanya ringan dan tidak termasuk dalam gejala yang mengancam jiwa. Namun, peningkatan kadar gula darah ketika hamil sangat berhubungan dengan peningkatan komplikasi pada bayi seperti:

Diabetes gestasional ini pada umumnya dipicu oleh beberapa hal seperti usia tua pada saat hamil, kegemukan, keturunan Afrika atau Hispanik, dan riwayat kehamilan sebelumnya dimana seorang wanita mempunyai diabetes gestasional dan/atau mempunyai bayi dengan berat lebih dari 4 kilogram.

Pada sebagian besar kasus, kadar glukosa darah akan kembali seperti sebelum masa kehamilan setelah ibu melahirkan. Meskipun begitu, 40% wanita yang pernah mengidap diabetes gastisional ternyata juga akan mengalami diabetes betulan pada jangka waktu 5 hingga 10 tahun setelah kelahiran. 

Resiko ini akan semakin meningkat pada wanita yang obesitas

Efek jangka panjang bila mengalami komplikasi kehamilan

Efek samping dari komplikasi kehamilan ini bisa meluas hingga setelah fase melahirkan. Berdasarkan penelitian, wanita yang mengalami diabetes gestasional dan preeklampsia selama masa kehamilan mempunyai dua kali atau bahkan lebih kemungkinan untuk mengalami stroke bahkan hingga 13,5 tahun setelah hamil. 

Penelitian yang sama juga menunjukkan bahwa wanita yang menderita preeklampsia saat hamil mempunyai kemungkinan mengalami stroke pada bulan dan tahun-tahun ke depannya setelah hamil. 

Cara mengurangi resiko komplikasi kehamilan

Bagi wanita hamil, perawatan awal dan kontinyu sebelum masa kehamilan sangatlah penting. Hal ini bermanfaat untuk mendeteksi dini adanya kemungkinan masalah kesehatan serta mendapatkan pengobatan yang tepat. 

Seperti dengan penyakit yang lain, diabetes gestasional dan preeklampsia juga bisa diobati dan dikontrok sesuai dengan anjuran dari dokter. 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Pregnancy Complications Up Later Stroke Risk. WebMD. (https://www.webmd.com/baby/news/20050928/pregnancy-complications-up-later-stroke-risk)
Stroke risk higher for younger than older pregnant women. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/313664.php)
Preeclampsia: Second Pregnancy Risks. Healthline. (https://www.healthline.com/health/pregnancy/risk-preeclampsia-second)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app