Yi-Gan San: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mei 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Obat herbal tradisional Cina yi-gan san telah digunakan untuk menyembuhkan beberapa gangguan neuropsikologis. Skizofrenia dapat menjadi salah satu penyakit target dari obat herbal yi-gan san.

Yi-gan san ( yokukansan dalam bahasa Jepang) telah diberikan kepada anak-anak untuk pengobatan masalah kegelisahan. Studi terbaru mengungkapkan bahwa yi-gan san juga berguna dalam mengobati gangguan neuropsikologis seperti gejala perilaku dan psikologis demensia pada lansia, gejala gangguan kepribadian ambang, tardive dyskinesia, dan gejala psikotik skizofrenia.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai obat tradisional cina, yi-gan san. Selamat membaca.

Manfaat Yi-Gan San

Yi-gan san telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat herbal tradisional untuk mengobati masalah kegelisahan dan agitasi pada anak-anak dan sekarang juga sering muncul pada ibu dan bayi. Di Jepang, obat herbal yi-gan san disetujui untuk mengatasi masalah neurosis, insomnia, tangisan malam hari pada anak-anak, dan sifat rewel pada anak-anak. Saat ini, yi-gan san banyak digunakan untuk berbagai kondisi psikologis dan kejiwaan yang terkait dengan demensia, gangguan kepribadian, skizofrenia, gangguan tidur, dan cedera otak traumatis. Terdapat data klinis yang terbatas yang menunjukkan kegunaan obat herbal yi-gan san dalam mengatasi urtikaria kronis dan tardive dyskinesia.

Dosis Yi-Gan San

Menurut informasi resep untuk produk komersial Jepang, dosis dewasa yang biasa digunakan dari formulasi yi-gan san adalah 7,5 g / hari diberikan secara oral dalam 2 atau 3 dosis terbagi. Dosis dapat disesuaikan berdasarkan usia pasien, berat badan, dan gejalanya untuk menghilangkan gejala gugup (yaitu, neurosis, insomnia, menangis malam pada anak-anak, dan rewel pada anak). Dosis tersebut juga telah digunakan dalam studi klinis untuk pengobatan gejala perilaku dan psikologis demensia, tardive dyskinesia, perilaku mimpi yang agresif, dan halusinasi visual. Dosis formulasi yi-gan san mulai dari 2,5 hingga 7,5 g / hari telah dipelajari pada wanita dengan gangguan kepribadian ambang.

Dosis Yi-gan san 2,5 g sekali atau dua kali sehari (malam dan / atau sebelum tidur) sebagai tambahan untuk rejimen psikotropika telah digunakan untuk mengobati  restless leg syndrome (RLS) dan perilaku makan malam yang tidak normal. Dosis 2,5 g 3 kali sehari sebagai tambahan untuk pengobatan antipsikotik juga telah digunakan untuk mengatasi skizofrenia yang resistan terhadap pengobatan.

Perlu Anda diingat bahwa produk alami tidak selalu aman dan penggunaan dosis bisa menjadi sangat penting. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang relevan pada label produk dan konsultasikan dengan apoteker atau dokter atau profesional kesehatan lainnya sebelum menggunakannya.

Efek Samping Yi-Gan San

Efek samping penggunaan yi-gan san yang dilaporkan meliputi sedasi, mual, muntah, diare, ketidaknyamanan epigastrium, hipokalemia, dan edema tungkai. Reaksi merugikan yang penting secara klinis adalah pneumonia interstitial, pseudoaldosteronism, gagal jantung, miopati atau rabdomiolisis, disfungsi hati dan penyakit kuning, dan hipersensitivitas kulit (yaitu ruam, kemerahan, pruritus).

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Domperidone if 10mg tab 1

Gunakan herbal yi-gan san dengan hati-hati pada pasien dengan saluran pencernaan yang lemah, karena efek samping termasuk anoreksia, mual, muntah, diare, dan tekanan epigastrium dapat terjadi.

Interaksi Yi-Gan San dengan Obat Lain

Hati-hati menggunakan suplemen yi-gan san dengan kombinasi obat-obatan sebagai berikut:

  • Pemberian bersamaan dengan asam glycyrrhiza-, asam glycyrrhetinic, atau yang mengandung glycyrrhizinate dapat menyebabkan pseudoaldosteronism, hipokalemia, dan miopati.

Namun sebelum menggunakan herbal yi-gan san sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter jika Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya reaksi yang tidak diinginkan.

Perhatian

  • Sejak 1555, yi-gan san telah digunakan pada ibu menyusui, bayi, dan anak-anak; Namun, informasi mengenai keamanan dan kemanjuran dalam kehamilan dan menyusui masih kurang.
  • Hindari penggunaan herbal yi-gan san jika Anda memiliki alergi terhadap suplemen tersebut atau suplemen herbal lainnya.

Sebelum Anda menggunakan yi-gan san ada baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu ke dokter atau profesional kesehatan lainnya mengenai manfaat dan efek samping penggunaan dari suplemen herbal tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya komplikasi dari penggunaannya.


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Okamoto H, Iyo M, Ueda K, Han C, Hirasaki Y, Namiki T. Yokukan-san: a review of the evidence for use of this Kampo herbal formula in dementia and psychiatric conditions. Neuropsychiatr Dis Treat. 2014;10:1727-1742 https://doi.org/10.2147/NDT.S65257. Dove Medical Press. (https://www.dovepress.com/yokukan-san-a-review-of-the-evidence-for-use-of-this-kampo-herbal-form-peer-reviewed-fulltext-article-NDT)
Mizoguchi K and Ikarashi Y (2017) Multiple Psychopharmacological Effects of the Traditional Japanese Kampo Medicine Yokukansan, and the Brain Regions it Affects. Front. Pharmacol. 8:149. doi: 10.3389/fphar.2017.00149. Frontiers. (https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fphar.2017.00149/full)
Neuroprotective effects of an herbal medicine, Yi-Gan San on MPP+/MPTP-induced cytotoxicity in vitro and in vivo. ScienceDirect. (https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0378874110004708)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app