Yellow Dock: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mei 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Yellow dock adalah tanaman asli Eropa dan Asia yang juga disebut "curled dock" atau "Rumex Crispus". Tanaman ini dibudidayakan sebagai sayuran di Eropa dan tumbuh di seluruh Amerika Utara sebagai tanaman liar.

Daun dari tanaman yellow dock dipanen di musim semi dan dapat digunakan sebagai campuran salad atau hidangan lainnya meskipun rasanya agak asam. Bagian yang digunakan secara medis adalah akarnya yang pahit, meskipun daunnya juga dapat memiliki efek sebagai pencahar ringan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Dalam pengobatan herbal tradisional, yellow dock dianggap dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan baik.

Manfaat Tanaman Yellow Dock

Yellow dock mengandung bahan kimia yang disebut antrakuinon, yang berfungsi sebagai obat pencahar stimulan. Yellow dock juga mengandung bahan kimia lain yang dapat membunuh parasit, bakteri, dan jamur.

Tanaman yellow dock dianggap bermanfaat bagi saluran pencernaan, hati, dan kulit. Tanaman ini juga dapat digunakan untuk mengobati peradangan pada hidung. Salah satu kegunaan utama dari tanaman ini adalah untuk mengatasi kondisi kulit yang berhubungan dengan gangguan pencernaan seperti gangguan fungsi hati atau "toksisitas." Selain itu tanaman ini juga dianggap bermanfaat untuk mengatasi demam rematik dan gangguan seperti penyakit kudis.

Kondisi lain yang dapat diobati dengan yellow dock meliputi:

Yellow dock memiliki efek pencahar ringan, karena konstituen yang disebut antrakuinon glikosida. Antrakuinon dapat merangsang pelepasan enzim empedu dan pencernaan. Namun, hingga saat ini tidak ada bukti ilmiah yang cukup untuk mendukung penggunaan yellow dock untuk manfaat kesehatan ini.

Dosis Yellow Dock

Dosis yang sesuai dari tanaman yellow dock tergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Pada saat ini tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran dosis yang sesuai untuk penggunaan yellow dock. Perlu diingat bahwa produk alami tidak selalu aman, sehingga dosis perlu diperhatikan. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang relevan pada label produk yang tertera pada kemasan dan konsultasikan dengan apoteker, dokter Anda atau profesional kesehatan lainnya sebelum menggunakan suplemen herbal apapun.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Efek Samping Yellow Dock

Karena kurangnya penelitian, sedikit yang diketahui mengenai efek samping dalam penggunaan yellow dock. Yellow dock mengandung asam oksalat, yang dapat mengiritasi usus dan dapat menyebabkan sakit perut, diare, mual, atau muntah. Penggunaan berlebihan dapat menyebabkan ketergantungan terhadap obat pencahar.

Yellow dock tidak boleh digunakan oleh orang-orang dengan penyakit ginjal, penyakit hati, atau kelainan elektrolit. Selain itu penggunaan yellow dock yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan kelainan darah yang disebut asidosis metabolik dan defisiensi kalsium dalam darah yang mengancam jiwa. Hubungi praktisi kesehatan Anda jika Anda mengalami tanda-tanda kalsium darah rendah, seperti kelelahan, kejang, kebingungan, kejang otot, dan mati rasa di sekitar mulut.

Interaksi Yellow Dock

Digoxin (Lanoxin)
Yellow dock adalah jenis pencahar yang disebut pencahar stimulan. Pencahar stimulan dapat menurunkan kadar kalium dalam tubuh. Kadar kalium yang rendah dapat meningkatkan risiko efek samping digoxin

Diuretik atau pil air
Mengkonsumsi yellow dock bersama dengan obat golongan diuretik seperti klorotiazid (Diuril), chlorthalidone (Thalitone), furosemide dapat mengurangi kadar kalium dalam tubuh hingga kadar yang terlalu rendah.

Warfarin (Coumadin)
Yellow dock bisa berfungsi sebagai pencahar. Pada beberapa orang, obat herbal yang mengandung bahan aktif yellow dock dapat menyebabkan diare. Diare dapat meningkatkan efek warfarin dan meningkatkan risiko perdarahan.

Perhatian

  • Kehamilan dan menyusui: Mengkonsumsi yellow dock tidak aman pada wanita yang sedang hamil atau menyusui. Yellow dock memiliki efek pencahar, yang tidak diinginkan selama kehamilan. Selain itu, bahan kimia yang menyebabkan efek pencahar dapat masuk ke dalam tubuh bayi melalui ASI.
  • Masalah pembekuan darah: yellow dock dapat mempercepat pembekuan. Jika Anda memiliki kelainan pembekuan darah, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memulai penggunaan suplemen yang mengandung bahan aktif yellow dock.
  • Alergi: Orang yang alergi terhadap ragweed mungkin juga alergi terhadap yellow dock.
  • Penyumbatan gastrointestinal (GI): Jangan gunakan yellow dock jika Anda memiliki masalah sumbatan pada saluran pencernaan.
  • Tukak lambung: Hindari penggunaan yellow dock jika Anda menderita tukak lambung. Penggunaan yellow dock dapat mengiritasi lapisan lambung dan usus, sehingga membuat gejala maag semakin buruk.
  • Penyakit ginjal: Yellow dock mengandung bahan kimia yang dapat berikatan dengan kalsium dan membentuk kristal yang dapat merusak ginjal. Jika Anda memiliki riwayat menderita batu ginjal atau sedang menderita penyakit batu ginjal, segera dapatkan saran medis dari penyedia layanan kesehatan Anda sebelum memulai menggunakan obat herbal yang mengandung yellow dock.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yellow Dock Uses, Benefits & Side Effects Herbal Database. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npc/yellow-dock.html)
Benefits and Risks of Yellow Dock. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-yellow-dock-89534)
Yellow Dock: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-651/yellow-dock)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app