Kenali Deviasi Ulnar: lebih lanjut. Baca informasi penyebab, gejala, pengobatan, hingga diskusi dari pengguna HonestDocs. Klik di sini!

Update terakhir: Apr 27, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 710.416 orang

Deviasi ulnaris juga dikenal sebagai drift ulnaris. Kondisi tangan ini terjadi ketika tulang jari Anda, atau sendi metacarpophalangeal (MCP), menjadi bengkak dan menyebabkan jari-jari Anda menekuk secara tidak normal ke arah jari kelingking Anda. 

Kondisi ini disebut dengan deviasi ulnaris karena jari-jari Anda menekuk ke arah tulang ulna di lengan Anda. Deviasi ulnar tidak bisa membuat Anda menggunakan tangan Anda untuk melakukan tugas sehari-hari, seperti memegang benda atau mengikat sepatu Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Apa yang menyebabkan Deviasi Ulnar?

Salah satu penyebab paling sering dari deviasi ulnaris adalah rheumatoid arthritis (RA). RA adalah gangguan autoimun yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh Anda menargetkan jaringan sendi Anda.

Pada RA, peradangan dapat menyebabkan kerusakan pada sendi MCP dan area di sekitar sendi. Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan sendi Anda hilang dan tulang Anda terkikis. 

Pada akhirnya dapat membuat tangan Anda terlihat terdistorsi. RA tidak memiliki penyebab spesifik yang diketahui. Diperkirakan bahwa gen Anda dapat memicu kondisi ketika Anda terpapar faktor lingkungan tertentu, seperti infeksi.

Osteoartritis (OA) juga diketahui dapat menyebabkan deviasi ulnaris. Tidak seperti RA, OA tidak disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh Anda. OA disebabkan oleh tulang rawan sendi secara bertahap berkurang karena penggunaan yang berlebihan atau usia. 

Ketika tulang rawan telah aus secara signifikan, tulang Anda mulai bergesekan di persendian. Kondisi tersebut dapat merusak sendi dan dapat menyebabkan tulang menjadi terdistorsi dan tertekuk.

Penyebab lain dari penyimpangan ulnaris meliputi:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01
  • radang sendi psoriatik, sejenis radang sendi kronis juga disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang sendi Anda
  • lupus, kondisi autoimun lain yang dapat menyebabkan kerusakan sendi terkait dengan artritis dan gejala lain seperti demam dan kelelahan

Tanda dan gejala Deviasi Ulnar

Pembengkakan pada sendi-sendi jari Anda adalah salah satu gejala deviasi ulnaris yang paling nyata. Anda juga mungkin menemukan jari-jari Anda, terutama jari tengah dan telunjuk, menekuk ke arah jari kelingking Anda.

Ketika kondisi ini berlanjut, Anda mungkin dapat mengalami:

  • Rasa panas di sekitar pergelangan tangan, tangan, dan sendi jari Anda
  • rasa sakit atau nyeri di sekitar pergelangan tangan, tangan, dan sendi jari Anda, terutama ketika Anda menggerakkan atau melenturkan jari-jari Anda
  • ketidakmampuan untuk sepenuhnya melenturkan jari-jari Anda atau membuat kepalan tangan
  • otot-otot tangan yang kencang atau kaku
  • ketidakmampuan untuk mengambil benda atau melakukan tugas tertentu dengan jari telunjuk dan ibu jari Anda, seperti menggunakan resleting atau meremas benda.

Gejala lain yang biasanya bersamaan dengan kondisi ini meliputi:

  • penurunan berat badan
  • kekakuan pada persendian tangan dan persendian serupa, seperti persendian jari kaki
  • perasaan lelah

Bagaimana cara mencegah terjadinya Deviasi Ulnar?

Jika dokter Anda mendiagnosis Anda dengan deviasi ulnaris sejak dini, dokter mungkin akan menyarankan Anda memakai bidai agar jari-jari Anda tidak menekuk lebih jauh dari yang sudah ada.

Bidai yang dapat membantu memperlambat perkembangan penyakit termasuk:

  • Bidai tangan, yang biasanya Anda pakai di malam hari di pergelangan tangan dan jari-jari Anda untuk merilekskan sendi-sendi jari Anda dan mengurangi peradangan dan rasa sakit
  • Bidai sendi-sendi jari, yang bisa Anda pakai siang hari untuk mendukung jari-jari Anda dan membantu memegang benda-benda dengan lebih sedikit rasa sakit
  • latihan splints, yang mendukung sendi-sendi jari Anda ketika Anda mengulurkan atau melenturkan jari-jari Anda untuk membantu mengurangi sesak atau peradangan sendi

Anda juga dapat melakukan beberapa perubahan gaya hidup untuk menghindari terlalu banyak ketegangan pada sendi Anda:

  • menggunakan kedua tangan untuk memegang benda berat
  • cobalah untuk tidak melakukan terlalu banyak kegiatan yang menggerakkan jari-jari Anda ke arah ulnaris, seperti menggunakan gagang pintu atau membuka toples

Bagaimana cara mengobati Deviasi Ulnar?

Diagnosa

Setelah meninjau riwayat medis Anda, dokter Anda akan melakukan pemeriksaan fisik dan menilai gejala Anda. Dokter mungkin meminta Anda untuk menggerakkan, mengulurkan, atau melenturkan tangan dan jari Anda untuk mengamati rentang gerak Anda. 

Jika jari-jari Anda bergerak tidak normal ke arah ulnaris atau mengeluarkan bunyi saat Anda menggerakkannya, kondisi tersebut mungkin menunjukkan adanya deviasi ulnaris.

Dokter Anda mungkin juga akan melakukan  rontgen tangan Anda untuk melihat lebih dekat pada pembengkakan dan deviasi di jari-jari Anda. Dokter Anda juga dapat memeriksa ligamen dan jaringan lain di sekitar sendi.

X-ray juga dapat membantu dokter Anda mendiagnosis segala penyebab yang mendasari deviasi ulnaris, seperti OA atau RA. Dokter Anda juga dapat melakukan tes darah untuk menguji kondisi yang mendasarinya seperti penyakit lupus.

Pengobatan Deviasi Ulnaris

Deviasi ulnaris kronis dan progresif. Pengobatan bertujuan untuk membantu mengelola gejala dan mempertahankan kualitas hidup Anda.

Dokter Anda dapat merekomendasikan untuk mengkonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) untuk membantu mengatasi rasa sakit atau bengkak.Obat tersebut termasuk ibuprofen \dan naproxen.

Pengobatan dengan olahraga juga dapat membantu mengatasi gejala. Tergantung pada tingkat keparahan deviasi ulnaris Anda, pengobatan dapat berkisar dari latihan sederhana pada pergelangan tangan, tangan, dan jari yang dapat Anda lakukan di rumah.

Bicaralah dengan dokter Anda tentang opsi olahraga yang baik untuk Anda. Dokter mungkin akan merujuk Anda ke terapis fisik atau terapis okupasi untuk membantu mengajarkan cara yang benar untuk melakukan latihan ini.

Dalam kasus yang parah, pengobatan dengan laser dapat membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri tekan. Stimulasi saraf transkutan, yang menggunakan listrik untuk mengobati rasa sakit, juga dapat membantu mengurangi rasa sakit yang terkait dengan deviasi ulnar.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit