Daun Bidara yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Dipublish tanggal: Mar 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Apr 16, 2019 Waktu baca: 3 menit
Daun Bidara yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Apakah Anda pernah mengetahui apa itu daun bidara? Daun bidara adalah daun yang berasal dari pohon kecil yang bernama pohon bidara (Zizipus mauritiana). Pohon bidara bisa bertumbuh hingga tinggi 5-16 meter. 

Berbeda dengan pohonnya yang tinggi, daun bidara justru memiliki bentuk yang bulat dan realatif lonjong dengan permukaan yang halus dan memiliki banyak duri meskipun pohonnya masih muda sekalipun. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Walaupun terlihat seperti pohon lain pada umumnya, ternyata pohon bidara ini memiiki banyak sekali manfaat baik itu buahnya, bijinya, akarnya hingga daunnya. Di sini kita akan membahas lebih lanjut mengenai manfaat dari daun bidara.

Manfaat daun bidara bagi tubuh

Berbicara mengenai manfaat daun bidara tentunya sangatlah beragam. Daun bidara muda ternyata sudah dikenal dapat dijadikan sebagai masakanyang enak dan menyehatkan untuk Anda konsumsi. 

Daun Bidara memiliki banyak komponen aktif seperti phenolic, flavonoid, asam triterpenic, polisakarida dan saponin. Daun bidara yang sudah tua dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Selain itu, rebusan daun bidara juga digunakan sebagian orang untuk diminum sebagai jamu. 

Daun-daun ini jika diremas dengan air maka akan membusa seperti sabun, tidak jarang air daun bidara digunakan untuk memandikan orang yang terkena demam. Berikut ini ialah manfaat-manfaat ajaib yang diberikan daun bidara bagi kesehatan Anda:

1. Mengobati influenza

Di dalam daun bidara terdapat kandungan antibakterial yang mampu secara efektif mencegah pertumbuhan bakteri dan virus. Flu merupakan penyakit yang disebabkan bakteri dan virus sehingga daun bidara dapat digunakan sebagai obat penyembuhan flu seperti pilek dan batuk

2. Mencegah dan mengobati penyakit diabetes

Daun bidara mengandung kandungan glikemik yang sangat rendah. Daun ini memiliki kandungan flavonoid yang berfungsi untuk mengikat glukosa darah yang tinggi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Sehingga daun bidara berkhasiat untuk mencegah dan mengobati penyakit diabetes tipe 1, tipe 2 dan diabetes gestasional.

3. Mengatasi masalah kewanitaan

Daun bidara yang masih muda dan segar mengandung antiseptik yang dapat mengatasi berbagai masalah kewanitaan seperti keputihan dan dapat melancarkan menstruasi. Ini dikarenakan daun bidara dapat menstabilkan hormon kewanitaan dalam tubuh sehingga berdampak baik bagi kelancaraan siklus menstruasi dan menekan bakteri yang dapat menyebabkan keputihan. 

4. Merawat kesehatan kulit dari dalam dan luar

Kandungan vitamin E yang kaya dalam daun bidara terbukti secara ilmiah mampu merawat dan menjaga kesehatan kulit tubuh manusia sekaligus mengobati sel-sel yang rusak akibat peradangan dalam kulit. Selain menjaga kulit dari dalam, daun bidara juga mampu merawat kulit dari luar yaitu dengan menjadikan daun bidara sebagai masker wajah.

Caranya mudah yaitu dengan mencuci beberapa lembar daun bidara dengan air yang mengalir, keringkan dan tumbuk halus daun tersebut, tambahkan sedikit air pada tumbukan daun. Tumbuk lagi sampai hasil tumbukan terasa kental, lalu oleskan hasil tumbukan tersebut ke daerah kulitmu seperti pada kulit wajah.

Diamkan hingga mengering dan bilas dengan air bersih yang hangat. Penggunaan daun bidara sebagai masker wajah ini bermanfaaat untuk membersihkan kulit dari kotoran, membersihkan jerawat, dan mencegah  kulit dari kerusakan yang diakibatkan jerawat.

5. Menjaga kesehatan gigi dan tulang

Dalam daun bidarapun terkandung kalsium dengan jumlah yang tidak sedikit sehingga tidak heran bila dikatakan daun bidara dapat menjaga kesehatan tulang dan gigimu dan mencegahnya dari kerapuhan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

6. Sebagai antiseptik pada luka

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa daun bidara mengandung kandungan antiseptik yang baik bagi tubuh. Selain memiliki dampak baik untuk masalah kewanitaan, kandungan antiseptik dalam daun bidarapun dapat menyembuhkan luka dalam tubuhmu baik luka baru ataupun luka lama. 

Diketahui bahwa di jaman dahulu sebelum ditemukan ‘betadine’ dan berbagai obat kimia penyembuh luka, daun bidara digunakan sebagai obat-obatan herbal untuk menyembuhkan luka. 

Cara kerjanya dengan menghentikan pendarahan dan mengeringkan luka. Kandungan antiseptik dalam daun bidarapun diketahui dapat melindungi bekas luka dari serangan bakteri dan kuman penyakit serta mampu mendorong proses regenerasi sel-sel kulit baru. 

Cara menggunakan daun bidara ini juga tergolong mudah, cukup tumbuk beberapa lembar daun bidara yang sudah dicuci lalu taruh diatas bekas luka. Selain itu, bisa juga dengan menumbuk halus daun bidara sampai berubah menjadi bubuk, lalu diamkan dan berikan air saat Anda membutuhkannya seperti masker, oleskan pada luka. Alhasil, luka akan segera kering dan sembuh.

7. Antibiotik alami untuk mengurangi pertumbuhan Staphyloccus aureus, Kiebsella pneumonia, dan Escherichia coli

8. Antijamur alami untuk mengatasi Candida albicans dan Trichoderma viride


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Phytochemicals and Medicinal Properties of Indigenous Tropical Fruits with Potential for Commercial Development. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4906201/)
Rahayu, Enni & Dewi, N & Bodijantoro, F. (2018). Profile of Elaeocarpus grandiflorus and Ziziphus mauritiana as identity plants of Salatiga and Tegal towns, Central Java Province, Indonesia. Journal of Physics: Conference Series. 983. 012195. 10.1088/1742-6596/983/1/012195. (https://www.researchgate.net/publication/324254385_Profile_of_Elaeocarpus_grandiflorus_and_Ziziphus_mauritiana_as_identity_plants_of_Salatiga_and_Tegal_towns_Central_Java_Province_Indonesia)
Herbani, Merlita & Yoni, Rina & Bintari,. (2017). In Silico Studies on Bidara (Ziziphus mauritiana) Leaves Ethanol Extract Bioactive Ligands compared to Acarbose toward α-glucosidase Enzyme. Journal of Islamic Medicine Research. 1. 1-9. (https://www.researchgate.net/publication/321795017_In_Silico_Studies_on_Bidara_Ziziphus_mauritiana_Leaves_Ethanol_Extract_Bioactive_Ligands_compared_to_Acarbose_toward_a-glucosidase_Enzyme)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app