HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI
Seks dan Hubungan

4 Kebiasaan Baik bagi Wanita Setelah Berhubungan Intim

Dipublish tanggal: Mei 21, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Waktu baca: 2 menit
4 Kebiasaan Baik bagi Wanita Setelah Berhubungan Intim

Setiap pasangan, tentunya memiliki kebiasaan yang tidak sama setelah melakukan hubungan badan. pada biasanya, para pasangan memiliki ritual masing-masing untuk menjadikan aktivitas seks Anda di ranjang semakin menyenangkan dan semakin memuaskan. 

Kebiasaan yang dilakukan tidak hanya sebelum melakukan hubungan badan saja, akan tetapi setelah melakukan hubungan badan pun harus menerapkan kebiasaan yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan alat kelamin perempuan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Dapatkan Obat Antiseptik Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 31

Melalui keempat kebiasaan yang ada di bawah berikut ini, maka akan membantu para wanita terhindarkan dari yang namanya infeksi, khususnya perihal infeksi saluran kencing

Untuk mengetahui kebiasaan apa saja yang harus Anda lakukan setelah melakukan hubungan seksual, Anda dapat mengetahuinya melalui ulasan berikut ini:

1. Selalu bersihkan area vagina

Setelah Anda berhubungan seks, maka akan banyak kuman dan bakteri yang menempel pada vagina. Baik itu bakteri dari jari-jari tangan, dari rajang, dari sprei, mulur, maupun karena faktor yang lainnya. 

Apabila Anda tidak membersihkan vagina, maka akan membuat bakteri dan kuman banyak menumpuk dan hal ini bisa menimbulkan penyakit infeksi pada vagina. Untuk menghindari hal ini, maka selalu bersihkan area vagina menggunakan air hangat setelah bercinta.

2. Konsumsi makanan probiotik

Mengkonsumsi makanan probiotik seperti yogurt, tempe, makanan fermentasi da kimchi dapat meningkatkan jumlah bakteri baik yang ada di dalam tubuh. Melalui makanan fermentasi inilah yang akan memudahkan Anda untuk menemukan makanan yang mengandung bakteri baik yang sangat baik dibutuhkan untuk vagina. 

Semakin banyaknya bakteri baik yang ada di dalam vagina, maka akan membuat Anda terhindarkan dari adanya infeksi bakteri yang dapat menyerang pada bagian vagina.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Dapatkan Obat Antiseptik Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 31

3. Sering-sering lah buang air kecil

Pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil adalah tindakan yang tepat dan harus Anda lakukan ketika Anda selesai bercinta dengan pasangan. Hal ini bertujuan untuk melakukan pencegahan terhadap adanya penyakit infeksi pada bagian saluran kencing wanita. 

Karena mengingat bahwa wanita cenderung lebih mudah terserang penyakit saluran kemih dibandingkan dengan pria. Mungkin hal ini dikarenakan jumlah antara bagian vagina dan anus berdekatan, sehingga kuman dan bakteri lebih mudah menyebar. 

Melalui buang air kecil inilah yang akan membantu vagina menguras seluruh bakteri dan kuman yang ada di saluran kemih.

4. Jangan lupa mengganti celana dalam

Celana dalam akan basah akibat rangsangan pemanasan ketika bercinta. Apabila Anda menggunakan celana dalam yang sama setelah melakukan hubungan seks, maka hal ini akan menimbulkan infeksi pada vagina. 

Hal ini dikarenakan menggunakan celana  dalam yang sama akan menimbulkan kelembaban pada area vagina, sehingga bakteri dan kuman-kuman yang menempel pada celana dalam dapat masuk ke vagina Anda dan berkembang. 

Selain menjaga kebersihan dan kesehatan vagina, Anda pun juga selalu diharapkan untuk mengganti celana dalam yang bersih dan longgar setelah bercinta.

Itulah keempat ritual yang harus dilakukan oleh para pasangan setelah melakukan hubungan seksual, terutama bagi wanita. Apabila ke 4 ritual di atas Anda lakukan setelah Anda selesai melakukan hubungan badan dengan pasangan, maka akan memudahkan Anda untuk menghindarkan dari serangan penyakit maupun infeksi.


Sebenarnya menjaga kebersihan dan kesehatan vagina dapat dilakukan dengan cara yang sangatlah mudah dan cukup simple seperti kebiasaan yang ada di atas. Namun sayangnya, masih banyak para wanita yang mengabaikan hal ini karena rasa malas.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
5 Foods Your Gut Wants to Eat for Better Sex — And 3 to Avoid. Healthline. (https://www.healthline.com/health/food-nutrition/foods-for-better-sex)
Vaginal odor: Types, tips, and hygiene. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/317560.php)
Things You Should (and Shouldn’t) Do After Having Sex. WebMD. (https://www.webmd.com/sex-relationships/ss/slideshow-sexual-hygiene)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app