Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN

Daptomycin: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: DEC 10, 2019 Tinjau pada DEC 10, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.611.506 orang

Sebelum ditemukannya antibiotik, jika seseorang mengalami infeksi,maka kemungkinan sembuh orang tersebut sangatlah kecil. Hingga pada akhirnya ditemukannya antibiotik yang merupakan terobosan besar dalam ilmu kesehatan.

Namun, seiring dengan perkembangan jaman, tidak hanya ilmu pengetahuan yang berkembang, tetapi kemampuan bakteri untuk melawan antibiotik pun ikut berkembang. Banyak bakteri yang tidak bisa dibasmi dengan menggunakan obat-obatan antibiotik seperti amoxicillin dan ampicilin, padahal obat ini adalah obat yang cukup populer dan dapat diperoleh dengan harga yang murah.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Oleh karena itu dikembangkanlah obat-obatan antibiotik yang dapat membasmi bakteri yang tidak mempan dengan penggunaan antibiotik biasa. Salah satu antibiotik yang bisa membasmi bakteri super ini adalah Daptomycin.

Daptomycin adalah obat antibiotik alternative yang memiliki mekanisme kerja yang berbeda, sehingga membuatnya efektif dalam mengobati infeksi yang disebabkan oleh beberapa bakteri yang kebal terhadap obat antibiotik lainnya.

Obat ini dipasarkan di Amerika Serikat dengan nama dagang Cubicin. Obat ini diindikasikan untuk orang dewasa dengan infeksi kulit dan struktur kulit yang rumit yang memerlukan terapi yang tidak toleran terhadap antibiotik yang umum digunakan (termasuk mereka yang alergi terhadap penisilin).

Mengenai Daptomycin

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Tablet

Kandungan:

Obat antibiotik

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Bagaimana Daptomycin digunakan?

Suntikan Daptomycin hadir dalam sediaan bubuk yang ditambahkan cairan dan disuntikkan ke dalam pembuluh darah oleh dokter atau perawat. Biasanya diinfuskan (disuntikkan perlahan) selama 30 atau 60 menit.

Daptomycin juga bisa disuntikkan dengan durasi penyuntikan lebih dari 2 menit pada pasien berusia 18 tahun atau lebih. Biasanya diberikan sekali sehari. Lama perawatan Anda tergantung pada jenis infeksi yang sedang Anda alami dan respons tubuh Anda terhadap pengobatan daptomycin.

Biasanya injeksi akan diberikan di rumah sakit karena membutuhkan tenaga medis profesional untuk memberikannya. Tanyakan kepada dokter Anda apa yang harus dilakukan jika Anda memiliki masalah dengan injeksi daptomycin.

Anda akan merasa lebih baik selama beberapa hari pertama setelah menjalani pengobatan dengan injeksi Daptomycin. Jika gejala Anda tidak membaik atau jika memburuk, hubungi dokter Anda.

  • Dosis untuk orang dewasa untuk mengatasi infeksi kulit : 4 mg / kg IV setiap 24 jam selama 7 hingga 14 hari
    Kegunaan: Untuk pengobatan infeksi kulit dan struktur kulit yang rumit (cSSSI) akibat infeksi Staphylococcus aureus (termasuk bakteri yang kebal terhadap antibiotik methicillin), Streptococcus pyogenes, S agalactiae, S dysgalactiae subspesies equisimilis, dan Enterococcus faecalis (vancomycin-only) 
  • Dosis untuk orang dewasa untuk mengatasi bakteremia (infeksi bakteri di dalam aliran darah): 6 mg / kg IV setiap 24 jam selama 2 hingga 6 minggu
    Kegunaan: Untuk perawatan pasien dengan infeksi aliran darah S aureus (bakteremia), termasuk pasien dengan endokarditis infektif sisi kanan, karena infeksi Staphylococcus aureus (termasuk bakteri yang kebal terhadap antibiotik methicillin)
  • Dosis untuk orang dewasa untuk Endokarditis : 6 mg / kg IV setiap 24 jam selama 2 hingga 6 minggu
    • Obat ini tidak boleh digunakan untuk pengobatan endokarditis infektif sisi kiri karena S aureus; dalam uji klinis, hasilnya buruk
    • Obat ini belum diteliti pada pasien dengan endokarditis katup prostetik
    • Data keamanan terbatas terkait penggunaan obat ini setelah 28 hari

Apa efek samping dari penggunaan Daptomycin?

Obat-obatan dan kemungkinan efek sampingnya dapat memengaruhi orang dengan berbagai cara. Berikut ini adalah beberapa efek samping yang mungkin disebabkan oleh Daptomycin. Semua efek samping yang tertera di sini mungkin tidak terjadi pada semua orang yang menjalani pengobatan dengan antibiotik ini.

Efek samping yang umum (mempengaruhi antara 1 dalam 10 dan 1 dalam 100 orang) adalah sebagai berikut:

Iklan dari HonestDocs
Beli obat CEFSPAN 100MG CAP via HonestDocs

Cefspan merupakan antibiotik untuk mengatasi infeksi pada saluran pernafasan atas, infeksi saluran kemih dan kelamin, kulit & jaringan lunak. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Cefspan 100mg cap 1
  • Infeksi jamur, seperti sariawan
  • Sakit kepala
  • Merasa pusing
  • Merasa tidak enak badan atau muntah
  • Diare
  • Sembelit
  • Sakit perut, gangguan pencernaan, kembung atau masuk angin
  • Kegelisahan
  • Kesulitan tidur (insomnia)
  • Infeksi saluran kemih
  • Perubahan tekanan darah
  • Nyeri, kemerahan, atau gatal di tempat infus
  • Ruam atau gatal
  • Anemia

Kemungkinan efek samping lainnya:

  • Efek samping pada otot. Beri tahu dokter atau perawat Anda jika Anda mengalami gejala otot seperti nyeri, nyeri tekan, kram, atau kelemahan
  • Masalah saraf yang disebut neuropati perifer. Beri tahu dokter atau perawat Anda jika Anda merasakan sensasi tidak normal pada kaki dan / atau tangan Anda selama perawatan, misalnya, mati rasa, kesemutan atau rasa terbakar atau nyeri
  • Peradangan usus (kolitis). Beri tahu dokter atau perawat Anda jika Anda menderita diare yang parah atau persisten atau mengandung darah atau lendir
  • Masalah paru-paru. Beri tahu dokter atau perawat Anda jika Anda mengalami batuk atau kesulitan bernapas selama perawatan
  • Penyakit kuning
  • Masalah ginjal

Bicaralah dengan dokter, perawat, atau apoteker Anda jika Anda menginginkan informasi lebih lanjut tentang kemungkinan efek samping dari daptomycin.

Apakah Daptomycin aman diminum bersama dengan obat lain?

Sebelum Anda mendapat suntikan daptomycin, beri tahu dokter atau apoteker Anda jika Anda sudah minum obat apa pun, termasuk yang dibeli tanpa resep dan obat-obatan herbal. Dokter atau apoteker Anda akan selalu memastikan bahwa obat-obatan yang Anda konsumsi aman untuk digunakan saat Anda menjalani perawatan dengan daptomycin. Beberapa poin utama adalah:

Statin, fibrat, dan siklosporin

Efek samping pada otot Anda (miopati) mungkin akan lebih buruk jika Anda mengonsumsi obat-obatan berikut sambil menjalani perawatan dengan daptomycin:

  • ciclosporin
  • fibrat untuk menurunkan kolesterol, misalnya bezafibrate, gemfibrozil
  • statin untuk menurunkan kolesterol, misalnya simvastatin, atorvastatin

Jika memungkinkan, obat-obatan ini harus dihentikan sementara saat Anda menjalani perawatan daptomycin. Jika tidak dapat dihentikan, Anda perlu pemantauan ekstra. Pastikan Anda memberi tahu dokter atau perawat Anda segera jika Anda melihat ada masalah dengan otot Anda, seperti dijelaskan di atas.

Obat penghilang rasa sakit

Efek samping pada ginjal mungkin akan lebih buruk jika Anda menggunakan obat penghilang rasa sakit anti-inflamasi seperti ibuprofen, diklofenak, naproxen atau celecoxib dengan daptomycin.

Antikoagulan

Daptomycin dapat mempengaruhi efek anti-pembekuan darah dari warfarin. Jika Anda menggunakan warfarin, dokter Anda mungkin ingin memeriksa waktu pembekuan darah Anda setelah Anda memulai dan menyelesaikan pengobatan dengan daptomycin.

Kontrasepsi

Daptomycin tidak mempengaruhi kerja kontrasepsi hormonal seperti pil. Namun, jika Anda mengalami muntah atau diare saat menjalani perawatan dengan antibiotik ini, maka akan berpotensi membuat pil Anda kurang efektif untuk mencegah kehamilan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp