Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR SCIENTIA INU KIRANA

Coumadin - Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Update terakhir: OCT 16, 2019 Tinjau pada OCT 16, 2019 Waktu baca: 9 menit
Telah dibaca 991.497 orang

Obat ini digunakan untuk mengobati gumpalan darah (seperti pada trombosis vena dalam-DVT atau pulmonary embolus-PE) dan/atau untuk mencegah pembentukan gumpalan baru di dalam tubuh Anda. 

Mencegah pembekuan darah yang berbahaya membantu mengurangi risiko stroke atau serangan jantung. Kondisi yang meningkatkan risiko Anda mengalami pembekuan darah termasuk jenis irama jantung tidak teratur (atrial fibrillation), penggantian katup jantung, serangan jantung yang baru terjadi belakangan ini, dan operasi tertentu (seperti penggantian pinggul/lutut).

Warfarin umumnya disebut "pengencer darah," tetapi istilah yang lebih tepat adalah "anticoagulant." Obat ini membantu menjaga darah mengalir lancar di tubuh Anda dengan mengurangi jumlah zat tertentu (protein pembekuan) dalam darah Anda.

Cara menggunakan Coumadin

Baca Panduan Obat yang disediakan oleh apoteker Anda sebelum Anda mulai meminum warfarin dan setiap kali Anda membeli isi ulang. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda.

Minum obat ini melalui mulut dengan atau tanpa makanan seperti yang diarahkan oleh dokter Anda atau profesional kesehatan lainnya, biasanya sekali sehari

Sangat penting untuk mengambilnya tepat seperti yang diinstruksikan. Jangan menambah dosis, meminumnya lebih sering, atau berhenti menggunakannya kecuali diarahkan oleh dokter Anda.

Dosis ditentukan berdasarkan kondisi medis Anda, tes laboratorium (seperti INR), dan respons terhadap pengobatan. Dokter Anda atau penyedia layanan kesehatan lain akan memantau Anda dengan seksama saat Anda minum obat ini untuk menentukan dosis yang tepat untuk Anda.

Gunakan obat ini secara teratur agar tubuh dapat menyerap manfaat obat ini lebih banyak. Untuk membantu Anda mengingat, minum pada waktu yang sama setiap hari.

Sangat penting untuk makan makanan dengan gizi seimbang dan konsisten saat mengonsumsi warfarin. Beberapa makanan dapat memengaruhi cara kerja warfarin dalam tubuh Anda dan dapat memengaruhi perawatan dan dosis Anda. 

Hindari penambahan atau penurunan asupan makanan tinggi vitamin K (seperti brokoli, kembang kol, kubis, kubis brussel, kangkung, bayam, dan sayuran berdaun hijau lainnya, hati, teh hijau, suplemen vitamin tertentu)secara tiba-tiba. Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, tanyakan kepada dokter Anda sebelum Anda mencoba diet.

Karena obat ini dapat diserap melalui kulit dan paru-paru serta dapat membahayakan bayi yang belum lahir, wanita yang sedang hamil atau akan hamil tidak boleh menggunakan obat ini atau menghirup debu dari tablet.

Efek Samping

Mual, kehilangan nafsu makan, atau sakit perut/perut dapat terjadi. Jika salah satu dari efek ini bertahan atau memburuk, segera hubungi dokter atau apoteker.

Ingat bahwa dokter meresepkan obat ini karena menilai bahwa manfaatnya bagi Anda lebih besar daripada risiko efek samping. Banyak orang yang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping yang serius.

Obat ini dapat menyebabkan pendarahan serius jika terlalu banyak mempengaruhi protein pembekuan darah Anda (terlihat pada hasil lab INR yang sangat tinggi). Bahkan jika dokter Anda menghentikan pengobatan Anda, risiko pendarahan ini dapat berlanjut hingga satu minggu

Segera hubungi dokter jika Anda mengalami tanda-tanda perdarahan serius, termasuk: rasa sakit/bengkak/tidak nyaman yang tidak biasa, memar yang tidak biasa/mudah memar, pendarahan berkepanjangan ketika terluka atau pada gusi, mimisan terus-menerus/sering, 

aliran menstruasi yang sangat berat/berkepanjangan, urin merah muda/gelap, batuk darah, muntah yang berdarah atau terlihat seperti ampas kopi, sakit kepala parah, pusing/pingsan, kelelahan/kelemahan yang tidak biasa atau menetap, tinja berdarah/hitam/lembab, nyeri dada, sesak napas, sulit menelan.

Beri tahu dokter Anda segera jika ada dari efek samping yang tidak biasa tetapi serius ini terjadi: mual/muntah terus-menerus, sakit perut/abdomen yang parah, mata/kulit yang menguning.

Obat ini jarang menyebabkan masalah yang sangat serius (mungkin berakibat fatal) jika efeknya menyebabkan pembekuan darah kecil (biasanya pada awal pengobatan). Hal ini dapat menyebabkan kerusakan kulit/jaringan yang parah dan memerlukan pembedahan atau amputasi jika tidak ditangani. 

Pasien dengan kondisi darah tertentu (kekurangan protein C atau S) dapat berisiko lebih besar. Segera hubungi pertolongan medis jika salah satu dari efek samping yang jarang tetapi serius ini terjadi: nyeri/bercak merah/keunguan pada kulit (seperti pada jari kaki, payudara, perut), tanda-tanda masalah ginjal (seperti perubahan jumlah urin ), penglihatan berubah, kebingungan, bicara cadel, terasa lemah pada satu sisi tubuh.

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera hubungi bantuan medis jika Anda menemukan gejala-gejala reaksi alergi serius, termasuk: ruam, gatal/bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), pusing parah, kesulitan bernapas.

Ini bukan daftar lengkap kemungkinan efek samping. Jika Anda menemukan efek lain yang tidak tercantum di atas, hubungi dokter atau apoteker Anda.

Di Amerika - Hubungi dokter untuk nasihat medis tentang efek samping. Anda dapat melaporkan efek samping ke FDA di 1-800-FDA-1088 atau di www.fda.gov/medwatch.

Di Kanada - Hubungi dokter untuk nasihat medis tentang efek samping. Anda dapat melaporkan efek samping ke Health Canada di 1-866-234-2345.

Pencegahan dan Peringatan

Sebelum minum warfarin, beri tahu dokter atau apoteker jika Anda alergi pada obat tersebut; atau jika Anda memiliki alergi lain. Produk ini mungkin mengandung bahan-bahan yang tidak aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lain. Diskusikan dengan apoteker Anda untuk keterangan lebih lanjut.

Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter atau apoteker riwayat medis Anda, terutama yang berkaitan dengan: kelainan darah (seperti anemia, hemofilia), masalah pendarahan (seperti pendarahan lambung/usus, pendarahan otak), gangguan pembuluh darah (seperti sebagai aneurisma), 

cedera/operasi besar baru-baru ini, penyakit ginjal, penyakit hati, penggunaan alkohol, gangguan mental/suasana hati (termasuk masalah ingatan), sering jatuh/cedera.

Sangat penting semua dokter dan dokter gigi Anda tahu bahwa Anda mengonsumsi warfarin. Sebelum menjalani operasi atau prosedur medis/gigi, beri tahu dokter atau dokter gigi Anda bahwa Anda menggunakan obat ini dan tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat non-resep, dan produk herbal).

Hindari suntikan ke dalam otot. Jika Anda harus disuntikkan ke otot (misalnya, suntikan flu), itu harus diberikan di lengan. Dengan cara ini, akan lebih mudah untuk memeriksa perdarahan dan / atau menggunakan perban tekanan.

Obat ini dapat menyebabkan pendarahan lambung. Penggunaan alkohol setiap hari saat menggunakan obat ini juga dapat meningkatkan risiko pendarahan lambung serta memengaruhi cara kerja obat ini. 

Batasi minuman beralkohol. Tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda tentang seberapa banyak alkohol yang dapat Anda minum dengan aman.

Jika Anda tidak dapat makan dengan baik, jika Anda memiliki penyakit atau infeksi yang menyebabkan demam, muntah, atau diare selama lebih dari 2 hari, atau jika Anda mulai menggunakan obat antibiotik, segera hubungi dokter atau apoteker Anda karena kondisi ini dapat mempengaruhi cara kerja warfarin.

Obat ini dapat menyebabkan pendarahan hebat. Untuk mengurangi kemungkinan luka, memar, atau cedera, berhati-hatilah ketika menggunakan benda tajam seperti pisau cukur dan pemotong kuku. Gunakan pisau cukur listrik saat bercukur dan sikat gigi lembut saat menyikat gigi. 

Hindari kegiatan seperti olahraga yang membutuhkan kontak fisik. Jika Anda jatuh atau melukai diri Anda sendiri, terutama jika mengenai kepala Anda, segera hubungi dokter Anda. Dokter Anda mungkin perlu memeriksa Anda.

Food & Drug Administration telah menyatakan bahwa produk warfarin generik dapat ditukarkan dengan produk serupa. Namun, konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda sebelum mengganti produk warfarin

Berhati-hatilah untuk tidak minum lebih dari satu obat yang mengandung warfarin kecuali secara khusus diarahkan oleh dokter atau penyedia layanan kesehatan yang memantau pengobatan warfarin Anda.

Orang dewasa yang lebih tua mungkin berisiko lebih besar mengalami pendarahan saat menggunakan obat ini.

Obat ini tidak dianjurkan untuk digunakan selama kehamilan karena bahaya (bahkan fatal) bagi bayi yang belum lahir. Diskusikan dengan dokter Anda mengenai penggunaan bentuk KB yang aman saat mengambil obat ini dan selama 1 bulan setelah menghentikan pengobatan. 

Jika Anda sedang hamil atau merasa hamil, segera beri tahu dokter. Jika Anda merencanakan kehamilan, diskusikan rencana pengelolaan kondisi Anda dengan dokter sebelum hamil. Dokter Anda akan mengganti jenis obat yang Anda gunakan selama kehamilan.

Karena obat ini dapat diserap melalui kulit dan paru-paru dan dapat membahayakan bayi yang belum lahir, wanita yang sedang hamil atau yang mungkin akan hamil tidak boleh menggunakan obat ini atau menghirup debu dari tablet.

Sejumlah kecil obat ini dapat masuk ke dalam ASI tetapi tidak kepastian apakah dapat membahayakan bayi yang menyusui. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menyusui.

Interaksi

Lihat juga bagian Cara Menggunakan.

Interaksi obat dapat mengubah cara kerja obat Anda atau meningkatkan risiko Anda terkena efek samping yang serius. Dokumen ini tidak mengandung semua kemungkinan interaksi obat. 

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep/nonresep dan produk herbal) dan bagikan dengan dokter dan apoteker Anda. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter Anda.

Warfarin berinteraksi dengan berbagai macam obat resep, non-resep, vitamin, dan produk herbal. Obat ini termasuk obat-obatan yang digunakan pada kulit atau di dalam vagina atau dubur

Interaksi dengan warfarin biasanya menghasilkan peningkatan atau penurunan efek "pengencer darah" (anticoagulant). Dokter atau profesional perawatan kesehatan lainnya harus memantau Anda dengan cermat untuk mencegah pendarahan serius atau masalah pembekuan darah. Saat meminum warfarin, sangat penting untuk memberi tahu dokter atau apoteker tentang perubahan obat, vitamin, atau produk herbal yang Anda gunakan.

Beberapa produk yang dapat berinteraksi dengan obat ini meliputi: capecitabine, imatinib, mifepristone.

Aspirin, obat seperti aspirin (salicylates), dan obat anti radang non steroid (NSAID seperti ibuprofen, naproxen, celecoxib) mungkin memiliki efek yang mirip dengan warfarin. Obat-obatan ini dapat meningkatkan risiko pendarahan jika dikonsumsi selama perawatan dengan warfarin

Periksa semua label produk yang diresepkan/tidak diresepkan (termasuk obat yang diberikan pada kulit seperti krim penghilang rasa sakit) karena produk tersebut mungkin mengandung NSAID atau salicylates

Diskusikan dengan dokter Anda tentang menggunakan obat yang berbeda (seperti acetaminophen) untuk mengobati rasa sakit/demam. Aspirin dosis rendah dan obat terkait (seperti clopidogrel, ticlopidine) harus dilanjutkan jika diresepkan oleh dokter Anda untuk alasan medis tertentu seperti serangan jantung atau pencegahan stroke. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk keterangan lebih lanjut.

Banyak produk herbal dapat berinteraksi dengan warfarin. Beri tahu dokter Anda sebelum mengambil produk herbal apa pun, antara lain bromelain, coenzyme Q10, danshen, dong quai, fenugreek, bawang putih, ginkgo biloba, ginseng, dan St. John's wort.

Obat ini dapat mengganggu tes laboratorium tertentu untuk mengukur kadar teofilin, sehingga dapat menyebabkan hasil tes yang salah. Pastikan petugas laboratorium dan semua dokter Anda tahu Anda menggunakan obat ini.

Overdosis

Jika seseorang mengalami overdosis dan memiliki gejala serius seperti pingsan atau kesulitan bernapas, hubungi 911. Jika tidak, segera hubungi pusat pengendalian racun

Warga AS dapat menghubungi pusat kendali racun lokal mereka di 1-800-222-1222. Warga Kanada dapat menghubungi pusat kendali racun provinsi. Gejala overdosis dapat berupa: feses berdarah/hitam/lembab, urin berwarna merah muda/gelap, pendarahan yang tidak biasa/lama.

Catatan

Jangan berbagi obat ini dengan orang lain.

Pemeriksaan laboratorium dan/atau tes medis (seperti INR, hitung darah lengkap) harus dilakukan secara berkala untuk memantau kemajuan Anda atau memeriksa efek samping. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk perincian lebih lanjut.

Dosis terlewatkan

Agar tubuh dapat menyerap manfaat obat lebih baik, jangan lewatkan dosis. Jika Anda melewatkan satu dosis dan mengingatnya pada hari yang sama, segera minum setelah Anda ingat. Jika Anda ingat pada hari berikutnya,jangan minum dosis yang sudah terlewat. 

Minum dosis berikutnya pada waktu reguler. Jangan menggandakan dosis untuk mengejar ketinggalan karena ini dapat meningkatkan risiko pendarahan. Catat dosis yang terlewat untuk diberikan kepada dokter atau apoteker Anda. Hubungi dokter atau apoteker jika Anda melewatkan 2 dosis atau lebih berturut-turut.

Penyimpanan

Simpan pada suhu kamar jauh dari cahaya dan kelembaban. Jangan simpan di kamar mandi. Jauhkan obat dari jangkauan anak anak dan hewan peliharaan.

Jangan membuang obat ke toilet atau menuangkannya ke saluran pembuangan kecuali diperintahkan untuk melakukannya. Buang produk ini dengan benar ketika kadaluwarsa atau tidak lagi diperlukan. Konsultasikan dengan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal Anda untuk perincian lebih lanjut tentang cara membuang produk Anda dengan aman. Informasi terakhir direvisi Juli 2018. Hak Cipta (c) 2018 First Databank, Inc.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp