HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Charcot foot - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Dipublish tanggal: Sep 16, 2019 Update terakhir: Jun 20, 2020 Waktu baca: 3 menit

Apakah penyakit kaki charcot?

Penyakit kaki Charcot adalah suatu komplikasi yang jarang terjadi, namun merupakan kondisi kesehatan yang cukup serius. Kelainan ini adalah suatu kelainan saraf pada bagian kaki yang dikenal dengan neuropati perifer, dan sering terjadi pada orang yang menderita diabetes mellitus. Penyakit kaki charcot mempengaruhi tulang, sendi, dan jaringan lunak pada kaki atau pergelangan kaki. 

Saat seseorang terkena penyakit kaki Charcot, tulang kaki menjadi rapuh dan bisa patah. Selain itu, penyakit ini juga bisa mempengaruhi persendian, dan menyebabkannya persendian terkilir. Jika tidak ditangani pada tahap awal, penyakit ini bisa menyebabkan kecacatan atau deformitas pada kaki. Penyakit ini juga dapat menyebabkan luka terbuka sehingga menyebabkan infeksi dan bahkan amputasi.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Apa Penyebab Seseorang Menderita Penyakit Kaki Charcot?

Walaupun Penyakit kaki Charcot disebabkan oleh kondisi neuropati perifer yang dipengaruhi oleh penyakit diabetes melitus, tetapi diabetes melitus bukan merupakan faktor tunggal yang dapat menyebabkan penyakit ini. Penyakit ini dapat dipengaruhi oleh beberapa kondisi kesehatan lain, seperti :

Gejala kaki Charcot

Gejala kaki Charcot terbagi dalam tiga tahap:

Tahap Satu: Fragmentasi dan kehancuran

Tahap awal ditandai dengan gejala seperti kemerahan dan pembengkakan yang signifikan pada kaki dan pergelangan kaki. Area ini juga bisa terasa hangat atau panas saat disentuh bila dibandingkan dengan bagian kaki lainnya.

Secara internal, terjadi pembengkakan jaringan lunak dan patah tulang kecil. Sehingga menyebabkan kerusakan sendi dan tulang di sekitarnya. Kondisi ini menyebabkan hilangnya stabilitas sambungan dan mengakibatkan pergeseran sendi.

 Pada tahap ini, jika penyakit kaki Charcot tidak diobati, kondisi dapat berlangsung hingga satu tahun.

Tahap Dua: Koalesensi

Pada tahap ini, tubuh mencoba untuk menyembuhkan diri akibat kerusakan yang terjadi selama tahap pertama. Penghancuran sendi dan tulang melambat, dan tanda-tanda peradangan mulai berkurang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Dapatkan Obat Diabetes Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 36

Tahap Tiga: Rekonstruksi

Pada tahap ketiga, peradangan sendi dan tulang kaki membaik sepenuhnya. Sayangnya, kondisi sendi dan tulang kaki, tidak kembali ke kondisi atau bentuk aslinya sendiri. 

Pada tahap tiga, walaupun tidak terjadi peradangan lebih lanjut, Kaki mungkin juga lebih rentan terhadap pembentukan luka, yang dapat menyebabkan kelainan bentuk lebih lanjut atau dalam beberapa kasus dapat menyebabkan seseorang di amputasi.

Apakah Penyakit Kaki Charcot Dapat Dicegah?

Penyakit kaki Charcot dapat dicegah dengan mengelola penyakit yang mungkin menyebabkannya sejak dini. Sebagai contoh, Anda mungkin perlu melakukan perawatan rutin dan mengontrol kadar gula darah, jika Anda menderita penyakit diabetes.

Anda juga perlu segera memeriksakan diri ke dokter jika mulai muncul masalah pada kaki Anda yang menunjukan tanda-tanda penyakit kaki Charcot. Karena jika ditangani pada tahap awal, kemungkinan Penyakit ini menyebabkan komplikasi, dapat dicegah.

Bagaimana Penyakit Kaki Charcot Ditangani?

Diagnosis

Pada tahap awal, penyakit kaki Charcot mungkin sulit didiagnosis. Pemeriksaan rontgen dan tes laboratorium biasanya tidak menunjukan kelainan. Jika hal ini terjadi, dokter dapat menentukan diagnosa terjadinya penyakit kaki Charcot dengan melakukan pemeriksaan pada kondisi kaki tersebut dan riwayat kondisi kesehatan secara keseluruhan. 

Pengobatan

Pengobatan dapat dilakukan dengan perawatan bedah dan perawatan non bedah. Perawatan non bedah untuk kaki Charcot pada tahap awal ditujukan untuk mengurangi tanda-tanda peradangan, serta menstabilkan kaki dengan menjaganya agar tidak bergerak. Penting untuk mengurangi beban atau tekanan pada kaki untuk menghentikan terjadinya kerusakan. 

Beberapa perawatan non-bedah untuk kaki Charcot yang dapat membantu menghentikan perkembangan penyakit ini meliputi:

  • mengenakan pelindung seperti gips , brace atau boot.
  • mengurangi tekanan pada kaki yang sakit dengan menggunakan kursi roda atau tongkat saat berjalan.
  • menggunakan penyangga ortotik untuk memperbaiki keselarasan kaki.
  • mengenakan gips kontak yang dipasang khusus pada kaki.

Dokter Anda dapat merekomendasikan operasi jika kaki tidak stabil atau jika penggunaan penyangga tidak dapat memperbaiki gejala. Anda juga mungkin memerlukan operasi jika terdapat luka yang tidak kunjung sembuh atau terdapat kematian jaringan. Teknik pembedahan yang dapat dilakukan meliputi:

  • Osteotomi rekonstruktif. Juga dikenal sebagai pembedahan rekonstruksi tulang. Operasi ini bertujuan untuk memperbaiki bentuk tulang yang mengalami kecacatan. 
  • Fusi pergelangan kaki. Prosedur ini menggunakan sekrup, atau pelat untuk mengunci sendi pergelangan kaki, dan mengurangi gerakan sementara untuk mencegah terjadinya kerusakan pada struktur kaki lebih lanjut.
  • Eksostektomi. Operasi pengangkatan tulang yang membentuk taji yang dapat menyebabkan luka pada jaringan lunak sekitar.
  • Amputasi dan pemasangan prostetik. Prosedur amputasi yang diikuti dengan pemasangan kaki palsu sebagai perangkat prostetik.


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
William Morrison, MD, Charcot Foot (https://www.healthline.com/health/charcot-foot), 29 October 2018.

Artikel ini hanya sebagai informasi awal mengenai kondisi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini
Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app