HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI
Kebiasaan Sehat

Begini Cara Merawat Gips yang Benar Ketika Anda Patah Tulang

Pemasangan gips yang terlalu lama terkadang dapat menyebabkan berbagai komplikasi, dari komplikasi ringan seperti gips yang kotor hingga menyebabkan infeksi pada jaringan sekitar gips dipasang. Oleh karena itu, perawatan gips yang sesuai diperlukan untuk menjaga gips tetap dapat menjaga fungsinya tanpa menyebabkan masalah tambahan.
Dipublish tanggal: Agu 8, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Waktu baca: 3 menit
Begini Cara Merawat Gips yang Benar Ketika Anda Patah Tulang

Tatalaksana patah tulang di rumah sakit akan dilakukan dengan reduksi. Reduksi adalah suatu prosedur yang dilakukan untuk mensejajarkan kembali tulang yang patah. 

Reduksi dapat dilakukan secara operasi atau tidak.  Pada kasus patah tulang tanpa disertai dengan pergeseran posisi atau kecacatan, tidak diperlukan reduksi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Setelah dilakukan teknik reduksi, tulang yang patah membutuhkan dukungan dan perlindungan pada proses penyembuhan. Pemasangan gips atau belat biasanya dapat memberikan dukungan dan perlindungan ini. 

Biasanya untuk fraktur atau patah tulang ekstremitas atas (lengan) membutuhkan waktu pemasangan gips sekitar 8 hingga 12 minggu. 

Sedangkan untuk ekstremitas bawah (kaki) membutuhkan waktu hingga 20 minggu atau bahkan lebih. 

Pemasangan gips yang terlalu lama terkadang dapat menyebabkan berbagai komplikasi, dari komplikasi ringan seperti gips yang kotor hingga menyebabkan infeksi pada jaringan sekitar gips dipasang. 

Oleh karena itu, perawatan gips yang sesuai diperlukan untuk menjaga gips tetap dapat menjaga fungsinya tanpa menyebabkan masalah tambahan.

Jenis belat dan gips

Gips dibuat secara khusus sesuai dengan bentuk anggota tubuh untuk memberikan dukungan terbaik. Gips dapat dibuat dari plester atau fiberglass - plastik yang dapat dibentuk.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Selain gips, untuk menstabilkan tulang yang patah dapat digunakan belat. Belat off-the-rak adalah belat yang dibuat dalam berbagai bentuk dan ukuran, dan jauh lebih mudah dan lebih cepat digunakan. 

Mereka memiliki tali Velcro yang membuat belat mudah dipasang, dilepas, dan disesuaikan.

Material

Bahan fiberglass atau plester membentuk lapisan pendukung keras pada bidai dan gips.

Fiberglass lebih ringan dan lebih kuat dari plester. Selain itu,penggunaan fiberglass dapat memudahkan kontrol karena fiberglass tidak mengganggu pemeriksaan x-ray. 

Hal ini cukup penting karena dokter akan menjadwalkan rontgen rutin setelah pemasangan belat atau gips.  Namun plester lebih murah daripada fiberglass dan bentuknya lebih baik daripada fiberglass untuk beberapa kegunaan.

Bagaimana merawat gips dengan benar?

  • Selalu jaga agar gips tetap bersih dan kering.
  • Jika gips menjadi sangat longgar saat pembengkakan berkurang, atau jika gips menyebabkan gesekan pada kulit, segera hubungi dokter Anda
  • Tutupi gips dengan kantong plastik atau bungkus gips saat mandi. 
  • Jika gips fiberglass basah, jangan lupa untuk mengeringkannya (pastikan agar gips kering sepenuhnya). Karena gips fiberglass memungkinkan udara lewat, Anda dapat menggunakan hair dryer untuk mengeringkan gips fiberglass yang basah. Namun gunakan pengering rambut secara bijak dan hati-hati.
  • Jika gips menjadi cukup basah sehingga kulit bagian bawah juga menjadi basah, segera hubungi dokter. Jika kulit basah untuk jangka waktu yang lama, maka dapat memicu kerusakan kulit dan menyebabkan terjadinya infeksi. 
  • Keringat dapat membuat area di bagian bawah gips menjadi lembab sehingga menyebabkan jamur berkembang. Hubungi dokter jika Anda menemukan adanya tanda pertumbuhan jamur atau munculnya bau yang berasal dari gips.
  • Jangan bersandar atau memberikan penekanan berlebih pada gips, karena gips dapat pecah.
  • Jangan memasukkan apapun ke dalam gips. Jangan mencoba menggaruk kulit di bawah gips dengan benda tajam; karena dapat merusak kulit di bawah gips dan menyebabkan infeksi. Jangan mengoleskan bubuk atau lotion di dalam gips.
  • Jangan memotong gips atau mematahkan tepi yang kasar karena ini dapat melemahkan atau menghancurkan gips. Jika gips fiberglass memiliki tepi yang kasar, gunakan pengasah logam untuk menghaluskannya. Jika tempat-tempat kasar mengiritasi kulit, hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.
  • Penyangga bahu (arm sling) mungkin diperlukan sebagai penyangga jika gips terpasang di tangan, pergelangan tangan, lengan, atau siku. 
  • Jika gips berada pada kaki atau tungkai, jangan berjalan atau memberi beban pada tungkai yang terpasang gips, kecuali dengan anjuran dokter.
  • Jika dokter mengizinkan berjalan menggunakan kaki yang terpasang gips, pastikan untuk memakai sepatu gips (jika diberikan oleh dokter). Sepatu boot ini digunakan untuk menjaga agar gips tidak aus di bagian bawah dan memiliki tapak untuk mencegah terjatuh.
  • Tongkat mungkin diperlukan untuk berjalan jika gips terpasang pada tungkai, pergelangan kaki, atau kaki. Pastikan tongkat telah disesuaikan dengan benar sebelum meninggalkan rumah sakit atau klinik dan pastikan Anda mengerti dan dapat menggunakan tongkat dengan benar.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Cast Do's and Don'ts: Care for Fiberglass and Plaster Casts. WebMD. (https://www.webmd.com/first-aid/firstaid-care-for-cast)
Bone fracture repair: Procedures, risks, and healing time. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322419.php)
Tips for Walking with a Cast. Healthline. (https://www.healthline.com/health/walking-with-a-cast)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app