Carbinoxamine: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Feb 22, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 694.136 orang

Jika berbicara tentang alergi, maka tidak lepas dari pengobatannya. Seperti yang Anda ketahui, reaksi alergi muncul ketika tubuh memproduksi hormon histamin yang menyebabkan gejala-gejala seperti gatal, bibir bengkak bahkan kesulitan bernapas. Karena histamin adalah penyebab utamanya, maka dalam mengatasi alergi, obat yang menjadi pilihan utama adalah obat anti-histamin.

Berbicara mengenai anti-histamin, Carbinoxamine adalah antihistamin generasi pertama yang digunakan mengurangi efek histamin di dalam tubuh. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Carbinoxamine digunakan untuk mengobati hidung berair atau tersumbat, bersin, gatal, mata berair, gatal-gatal, ruam kulit, gejala alergi lainnya dan flu biasa. Carbinoxamine juga dapat digunakan untuk tujuan yang tidak tercantum dalam panduan pengobatan ini.

Pada kondisi apa Anda tidak disarankan menggunakan obat ini?

Jangan gunakan obat ini jika Anda menggunakan obat golongan inhibitor MAO dalam 14 hari terakhir, seperti isocarboxazid, linezolid, injeksi metilen biru, phenelzine, rasagiline, selegiline, atau tranylcypromine.

Jangan berikan obat ini kepada anak kurang dari 2 tahun.

Anda tidak boleh menggunakan carbinoxamine jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap obat ini.

Jangan menyusui bayi saat mengkonsumsi carbinoxamine. Obat ini dapat menyebabkan efek samping pada bayi yang menyusu pada ibu yang sedang mengkonsumsi carbinoxamine.

Untuk memastikan carbinoxamine aman untuk Anda, beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki gangguan kondisi kesehatan seperti:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01
  • glaukoma sudut tertutup
  • penyakit jantung atau tekanan darah tinggi
  • ulkus lambung
  • penyumbatan di saluran pencernaan Anda (perut atau usus)
  • penyumbatan kandung kemih atau masalah buang air kecil lainnya
  • prostat membesar
  • asma
  • tiroid yang terlalu aktif (hipertiroid)

Tidak diketahui apakah obat ini akan membahayakan bayi yang belum lahir. konsultasikan kepada dokter Anda jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil.

Berapa dosis penggunaan obat ini?

Setelah dilaporkan kasus kematian pada anak-anak kurang dari 2 tahun yang menggunakan carbinoxamine, kini penggunaan Carbinoxamine hanya dibatasi untuk orang dewasa dan anak-anak di atas usia 2 tahun.

Carbinoxamine saat ini tersedia dengan sediaan tablet 4 mg dan sebagai sirup (4 mg / hari/ 5 mL) dalam beberapa bentuk generik dan di bawah merek dagang Palgic. Dosis oral untuk dewasa yang direkomendasikan adalah 4 hingga 8 mg diminum satu hingga empat kali sehari.

Seperti banyak antihistamin generasi pertama, carbinoxamine belum dikaitkan dengan gangguan fungsi hati yang tampak secara klinis. Mengapa obat ini aman untuk hati?, mungkin karena dosis harian yang rendah dan durasi penggunaan yang singkat.

Informasi di atas bukanlah informasi pengganti petunjuk dokter. Obat ini dapat digunakan hanya dengan resep dokter. Selalu konsultasikan kondisi kesehatan Anda dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang optimal.

Apa Efek Samping yang dapat ditimbulkan dari penggunaan Carbinoxamine

Segera dapatkan bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi seperti gatal-gatal; sulit bernapas; pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan Anda.

Berhenti menggunakan carbinoxamine dan hubungi dokter Anda segera jika Anda memiliki:

  • Perasaan pusing, seperti Anda mau pingsan
  • masalah buang air kecil (sedikit dan tersendat)
  • sesak di dada Anda
  • terasa berdeba-debar
  • mudah memar atau berdarah
  • kulit pucat atau kuning, urin berwarna gelap, demam, kebingungan atau kelemahan

 Efek samping seperti sembelit, pusing, dan kebingungan lebih mungkin terjadi pada orang dewasa yang lebih tua.

Efek samping lain yang mungkin terjadi termasuk:

  • mengantuk, pusing
  • kehilangan koordinasi
  • mulut kering atau hidung
  • sakit perut
  • merasa gelisah atau bersemangat (terutama pada anak-anak)

Informasi di atas bukanlah daftar lengkap dari efek samping dan masalah kesehatan lain mungkin terjadi. Baca petunjuk penggunaan/ aturan pakai pada kemasan masing-masing obat. Anda juga bisa menghubungi dokter Anda untuk nasihat medis tentang efek samping.

Interaksi Carbinoxamine

Obat ini dapat menyebabkan penglihatan kabur. Hati-hati jika Anda mengemudi atau melakukan apa pun yang mengharuskan Anda untuk waspada dan dapat melihat dengan jelas.

Hindari minum alkohol. Konsumsi alkohol bersamaan denga obat ini dapat meningkatkan efek samping tertentu dari carbinoxamine.

Jika Anda menggunakan obat ini bersamaan dengan obat lain, konsultasikan kepada dokter atau apoteker sebelum menggunakan obat-obatan lain seperti obat alergi, atau obat tidur atau obat masuk angin atau bahkan vitamin. 

Banyak obat yang mengandung antihistamin. Meminum produk antihistamin bersamaan, dapat menyebabkan efek obat ini terlalu berlebihan. Seperti membuat Anda mengantuk atau memperlambat pernapasan Anda. 

Tanyakan kepada dokter Anda sebelum mengonsumsi carbinoxamine dengan pil tidur, obat nyeri golongan narkotik, pelemas otot, atau obat untuk gangguan kecemasan, depresi, atau kejang.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp