Pengobatan

26 Obat Tidur Alami yang Paling Ampuh Menurut Dokter

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Agu 6, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 7 menit
26 Obat Tidur Alami yang Paling Ampuh Menurut Dokter

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Makan nasi dan makanan kaya karbohidrat lainnya bisa menjadi obat tidur alami, sebab dapat mempermudah riptofan menuju otak.
  • Melakukan peregangan ringan seperti yoga dan meditasi bisa membantu merilekskan tubuh sehingga Anda lebih mudah tidur.
  • Kurangi konsumsi minuman berkafein dan berhentilah merokok jika Anda ingin bisa cepat tidur setiap malam.
  • Beberapa bahan alami lainnya yang bisa membantu cepat tidur adalah daun selada, daun lemon, teh chamomile, hingga teh oolong.
  • Meski terbuat dari bahan alami, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum mencoba konsumsi obat tidur alami.

Obat tidur kerap menjadi andalan bagi orang-orang yang mengalami susah tidur setiap malam. Hati-hati, penggunaan obat tidur yang tidak sesuai aturan malah bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Cara amannya, Anda bisa menggunakan sejumlah obat tidur yang alami yang tentunya minim efek samping tetapi juga tidak boleh dikonsumsi berlebihan. 

26 Obat tidur alami yang paling ampuh menurut dokter

Tidur merupakan aktivitas penting agar tubuh bisa beristirahat. Namun, sayangnya sebagian orang justru mengalami gangguan tidur, contohnya insomnia. Bila tidak segera diatasi, hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Gangguan Tidur via HDmall

Dapatkan Gangguan Tidur Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 45

Baca juga: 10 Akibat Kurang Tidur yang Merugikan Kesehatan

Selain mengenali penyebab susah tidur dan cara mengatasinya, ada beberapa obat tidur alami yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi gangguan tidur tersebut. Obat-obatan alami biasanya tidak memiliki efek samping dan juga tidak menyebabkan ketergantungan seperti obat-obatan kimiawi. 

Sejumlah obat tidur alami yang terbilang ampuh, antara lain:

1. Makanan kaya magnesium dan kalsium

Magnesium dan kalsium merupakan zat yang dapat membantu Anda untuk lebih cepat tidur. Zat-zat tersebut akan lebih efektif apabila dikonsumsi secara bersamaan. Konsumsi makanan kaya magnesium dan kalsium juga dapat membantu menurunkan risiko gangguan jantung. Beberapa makanan yang mengandung kombinasi magnesium dan kalsium meliputi bayam, tahu, brokoli, dan kacang kedelai.

2. Daun selada

Belum banyak yang tahu bahwa daun selada juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tidur alami. Pasalnya, kandungan dalam daun selada mampu menghilangkan kegelisahan dan mengurangi kecemasan.

Konsumsi daun selada sebanyak 30-120 miligram sebelum tidur diketahui dapat membantu mengatasi susah tidur. Selain itu, daun berwarna hijau ini juga bisa meredakan sakit kepala, nyeri otot, dan nyeri sendi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Gangguan Tidur via HDmall

Dapatkan Gangguan Tidur Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 45

3. Bunga lavender sebagai aromaterapi

Bunga lavender sering digunakan sebagai aromaterapi sekaligus obat tidur yang alami. Jenis bunga berwarna keunguan ini diketahui dapat membantu menangkal racun atau zat lainnya yang masuk ke tempat tidur Anda. Gunakan pewangi ruangan beraroma lavender dan semprotkan sebelum tidur. Dengan begitu, Anda pun akan merasa nyaman dan lebih cepat tidur.

4. Melatonin

Melatonin adalah hormon penting yang mengendalikan siklus tidur Anda. Maka tak heran jika mengonsumsi makanan yang mengandung melatonin akan membuat Anda cepat tidur dengan pulas. Makanan yang dapat merangsang hormon melatonin antara lain buah ceri, pisang, nanas, jeruk, jagung manis, dan tomat.

Namun perhatikan juga dosisnya. Dosis melatonin yang terlalu tinggi dapat memicu toksisitas bahkan meningkatkan risiko depresi hingga gangguan kesuburan. 

5. Lakukan yoga dan meditasi

Agar bisa cepat tidur, lakukan rileksasi supaya tubuh jadi lebih santai dan tenang. Misalnya dengan yoga yang gerakannya lebih ringan atau teknik peregangan lainnya. Anda bisa melakukan yoga di tempat tidur dan diikuti dengan sedikit meditasi. Tutup mata Anda selama 5-10 menit sembari mengatur pernapasan sampai Anda merasa lega dan nyaman. Lambat laun, pikiran Anda jadi lebih tenang dan tidur pun jadi nyenyak.

Baca Selengkapnya: Cara Mengatasi Insomnia dengan Yoga

6. Konsumsi L-theanine

L-theanine adalah asam amino yang berasal dari teh hijau. Zat tersebut tidak hanya membantu menjaga konsentrasi di siang hari, tapi juga membantu tidur lebih nyenyak di malam hari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Gangguan Tidur via HDmall

Dapatkan Gangguan Tidur Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 45

Menjelang tidur, cobalah minum secangkir teh hijau. Namun, karena bersifat diuretik, jenis teh ini dapat meningkatkan siklus tidur REM dan membuat Anda terbangun untuk buang air kecil. Rapid Eye Movement (REM) adalah kondisi normal dari tidur yang ditandai dengan gerakan cepat dan acak dari mata.

7. Akar valerian

Akar tanaman valerian adalah salah satu obat tidur alami yang paling sering digunakan untuk mengatasi insomnia. Tanaman yang satu ini bisa membuat Anda tidur nyenyak, lebih cepat tidur, sekaligus menjaga kualitas tidur Anda. Akan tetapi, manfaat akar valerian ini tidak bisa langsung dirasakan dalam sekali pemakaian. Biasanya membutuhkan waktu beberapa minggu sampai khasiatnya terasa. 

8. Minum susu di malam hari

Susu memang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Ternyata, susu juga dapat digunakan sebagai obat tidur alami untuk mengatasi insomnia. Minumlah susu hangat setengah jam sebelum Anda tidur, maka dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Lakukan hal tersebut secara rutin sebelum tidur supaya pola tidur Anda tetap terjaga.

9. Seduhan daun lemon

Daun lemon juga dapat digunakan sebagai obat tidur yang alami. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan daun jeruk lemon dan 2 sendok teh madu.
  • Rebus daun lemon dan madu selama kurang lebih 5 menit. 
  • Saring seduhan tersebut dengan saringan teh.
  • Minum air seduhan daun lemon tersebut sekitar 30-45 sebelum tidur
  • Lakukan secara rutin agar khasiatnya lebih maksimal.

10. Konsumsi karbohidrat

Anda pasti pernah mendengar bahwa kebanyakan makan nasi bisa bikin ngantuk. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan karbohidrat di dalam nasi. Nah, kalau Anda ingin bisa cepat tidur, cobalah makan makanan yang mengandung karbohidrat. Hal ini juga akan membuat triptofan lebih mudah menuju otak.

Tak harus dengan makan nasi, Anda juga bisa sekadar makan roti 30 menit sampai 1 jam sebelum tidur. Sehabis makan, rasa kantuk pun akan segera datang dan membuat Anda tertidur.

11. Kurangi minuman yang tinggi kafein

Minuman yang banyak mengandung kafein tinggi akan membuat mata Anda tetap melek sepanjang malam. Itulah sebabnya mengapa kopi identik dengan minuman untuk begadang.

Hal tersebut dikarenakan kafein dapat memberikan tenaga dan memacu adrenalin dalam tubuh. Untuk menghilangkan masalah insomnia, kurangilah mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi dan teh di malam hari.

Baca Juga: Meskipun Kaya Manfaat, Kafein Juga Memiliki Efek Samping

12. Rajin olahraga

Rajin olahraga akan membuat tubuh mengeluarkan banyak tenaga dan membuat lelah. Ini akan membuat tubuh Anda lebih cepat membutuhkan istirahat dan mudah tertidur.

Selain itu, olahraga rutin juga dapat menurunkan stres. Jadi, mulailah berolahraga untuk memperbaiki pola tidur Anda.

13. Berhenti merokok

Bagi Anda yang punya kebiasaan merokok, sebaiknya segera hentikan kebiasaan ini agar bisa cepat tidur. Pasalnya, kandungan nikotin pada rokok akan membuat kinerja otak jadi meningkat, sehingga Anda jadi susah tidur.

Bagi para perokok, sebaiknya berhentilah minimal 4 jam sebelum tidur untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Namun sebaiknya, hindari atau hentikan kebiasaan buruk tersebut karena dapat berbahaya bagi kesehatan. 

14. Akupunktur

Tidak hanya bahan herbal, pengobatan alternatif juga dapat dijadikan sebagai obat tidur alami. Salah satunya dengan akupunktur.

Pengobatan alternatif yang satu ini mampu mengatasi banyak macam kondisi kesehatan dan gangguan tidur. Hal ini karena akupunktur mampu memperbaiki keseimbangan energi Anda sekalgius menghilangkan stres.

Bagi Anda yang tidak takut jarum, Anda dapat mencobanya sebagai obat untuk mengatasi insomnia.

15. Minum seduhan daun kopi muda

Minum seduhan daun kopi muda ternyata bisa menjadi salah satu cara agar Anda bisa tidur nyenyak. Anda mungkin bertanya-tanya, kenapa daun kopi bisa digunakan sebagai obat tidur yang alami, sedangkan kopi tidak demikian?

Untuk menghilangkan rasa penasaran Anda, sebaiknya buktikan sendiri khasiatnya. Ambil segenggam daun kopi muda, lalu rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih.

Setelah mendidih, Anda saring hingga mendapatkan air seduhannya saja. Minumlah air seduhan daun kopi muda sebanyak 2 kali dalam sehari untuk mengobati insomia dan membuat Anda lebih cepat tidur.

16. Akar melati

Obat tidur alami selanjutnya adalah akar melati. Cara yang harus Anda lakukan pun cukup mudah, yaitu dengan menyediakan akar melati secukupnya, kemudian dicuci bersih lalu ditumbuk. Akar melati yang telah ditumbuk kemudian diseduh dengan air hangat. Minumlah seduhan tersebut secara rutin.

18. Daun putri malu

Daun putri malu yang menguncup saat disentuh ternyata bisa digunakan sebagai obat tidur yang alami. Alasannya, tanaman ini mengandung melatonin yang mampu memberikan efek tenang dan rileks agar dapat tidur nyenyak di malam hari.

Caranya, rebus 33 gram daun putri malu dengan 20 gram daun sawi langit dan 35 gram daun calincing. Sisakan airnya rebusannya sebanyak 1 gelas, lalu Anda saring dan airnya dapat diminum sebelum tidur.

19. Konsumsi teh chamomile

Teh chamomile terkenal sebagai obat tidur alami karena efeknya yang dapat menenangkan dan aman untuk tubuh. Berbeda dari teh biasa, jenis teh ini baik dikonsumsi bagi Anda yang memiliki masalah susah tidur. Untuk menambah rasa nikmat, Anda dapat menambahkan susu, madu, atau perasan lemon pada teh.

Baca Juga: Demi Kesehatan, 5 Teh Herbal Ini Wajib Dikonsumsi

20. Daun teh Oolong

Selain teh chamomile, terdapat daun teh lainnya yang mampu mengatasi insomnia, yaitu daun teh oolong. Jemur daun teh tersebut sampai kering, kemudian gunakan sebagai bantal tidur. Obat tidur alami ini diyakini mampu mengatasi masalah gangguan tidur.

21. Menggunakan daun pegagan

Belumbanyak yang tahu bahwa daun pegagang sangat ampuh mengatasi insomnia. Siapkan 2 lembar daun pegagan, 3 potong kangkung, ½ sendok ketumbar, dan 1 sendok biji jintan putih. Setelah itu, rebus bahan-bahan tersebut dengan 2 gelas air sampai akhirnya air rebusan tersisa 1 gelas. Saring dan minum airnya sebelum tidur.

22. Rebusan jamur kayu

Bagi penderita insomnia, rebusan jamur kayu dapat dijadikan sebagai salah satu obat tidur natural. Caranya dengan merebus 5 gram jamur kayu, lalu diamkan air rebusannya sampai dingin. Minum rebusan jamur kayu setiap hari akan membuat Anda lebih mudah tidur tanpa harus meminum pil obat tidur yang dapat membahayakan kesehatan.

23. Bunga atau buah adas

Ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat obat tidur alami dari tanaman adas. Cara pertama dengan memanfaatkan bunganya, yakni dengan merebus 7 gram bunga adas. Setelah itu, air rebusannya diminum guna mendapatkan khasiatnya. Cara yang kedua adalah dengan menumbuk buah adas sampai halus, lalu seduh dengan air panas. Air seduhan tersebut juga efektif mengatasi insomnia.

24. Biji teratai

Siapkan 10 gram biji teratai kemudian cuci sampai bersih. Setelah itu, rebus dengan air hingga mendidih. Minumlah ramuan ini selagi hangat sehingga dapat membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik.

25. Buah pala

Buah pala juga dapat dijadikan sebagai obat tidur natural. Tumbuk buah pala hingga halus, kemudian seduh dengan air panas. Untuk hasil yang maksimal dan menambah cita rasa, Anda dapat menambahkan 1 sendok madu pada seduhannya. Sebaiknya ramuan ini dikonsumsi selagi hangat supaya membantu tubuh lebih rileks menjelang tidur.

26. Bawang putih

Salah satu manfaat bawang putih adalah dapat mengatasi gangguan tidur, seperti insomnia. Cukup dengan memotong bawang putih menjadi kecil-kecil, lalu ditelan seperti pil. Lakukanlah hal tersebut setiap hendak tidur dan rasakan manfaatnya.

Baca juga: 11 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Natural Sleep Aids and Remedies. WebMD. (https://www.webmd.com/women/natural-sleep-remedies)
The best sleeping pills: Types and side effects. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/323775.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app