Calamine : Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Feb 19, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 839.651 orang

Apa itu Calamine

Calamine adalah jenis obat yang digunakan untuk mengurangi rasa gatal dan iritasi pada kulit. Calamine juga berfungsi menjaga kulit kita dari sinar matahari yang dapat membakar kulit tipis dan menimbulkan kemerahan.  Obat ini dinilai aman dalam mengatasi gejala gatal dan dapat diberikan pada semua jenis kulit normal dan dengan komposisi obat topikal lainnya.

Calamine dibentuk dari hasil kombinasi dari zinc oxide ditambah ferric oxide. Penggunaan calamine sudah lama digunakan pada abad sebelum Masehi sebagai obat yang ampuh dalam menyembuhkan kelainan kulit yang disertai gejala. 

Efek menghilangkan gatal pada calamine adalah karena calamine tergolong dalam obat kelas antihistamin topikal dan adanya kandungan antipruritik (anti gatal). Farmakologi yang diberikan pada antihistamin adalah dengan menutup respon draf yang menimbulkan gatal pada kulit. Obat menghambat rangsangan histamin yang bereaksi menimbulkan gatal.

Kegunaan Calamine

Calamine digunakan pada kulit yang terkena iritasi atau luka ringan. Manfaat calamine bagi kondisi kulit antara lain:

  • Sunburn Obat calamine dapat berguna untuk kuit bekas sunburn atau luka terbakar akibat sinar matahari. Kulit menjadi berwarna kemerahan dengan rasa nyeri yang menyengat di sekitar kulit yang terbakar
  • Gigitan Serangga Serangga kecil yang menyengat atau menggigit kuit dapat menimbulkan peradangan yang terasa nyeri. Kulit menjadi lebih kering dan dapat timbul seperti bentol kemerahan di area gigitan serangga
  •  Poison Ivy Poison ivy merupakan reaksi alergi pada kulit akibat zat dari tanaman bernama resin. Zat resin banyak ditemukan di unsur tanaman mulai dari daun, barang, dan akar semak ivy. Resin menempel melalui kulit, pakaian, dan bulu kulit dalam waktu lama dan berinteraksi dengan kulit. Iritasi kulit ini menimbulkan dermatitis kontak. Gejala yang ditimbulkan pada reaksi alergi dari racun ivy antara lain ruam kulit, kulit menjadi bengak dan dapat timbul peradangan.
  • Urtikaria
  • Dermatitis kontak
  • Luka bakar ringan
  • Kulit kering

Efek samping Calamine

Obat calamine jarang menimbulkan efek samping, penggunaan dapat berinteraksi dengan semua jenis kulit normal yang disertai dosis yang sesuai. Efek samping yang muncul juga tidak dialami oleh semua orang yang menggunakan. Efek samping dapat muncul yaitu:

  • Reaksi alergi seperti ruam, gatal, dan sesak nafas
  • Pembengkakan pada wajah dan bibir

Obat ini boleh digunakan bagi ibu hamil dengan syarat pemakaian yang telah dianjurkan oleh dokter. Obat juga boleh digunakan pada ibu menyusui selama obat ini tidak dioleskan ke daerah payudara atau puting susu untuk menghindari kontak mulut bayi saat menyusui.

Peringatan pada Obat Calamine

Obat ini tidak boleh diberikan pada luka terbuka, luka bekas operasi, luka gigitan dalam (seperti gigitan anjing)

Obat ini tidak boleh diberikan pada luka hemoroid di alat kelamin

Obat ini tidak boleh diberikan pada iritasi mata dan dimasukkan ke dalam mulut.

Interaksi Obat Calamine

Obat calamine tidak memiliki interaksi yang bernilai apabila diberikan bersamaan dengan obat lain. Obat calamine yang diadministrasikan di kulit tidak berpengaruh terhadap obat yang dikonsumsi lewat mulut, baik termasuk minuman herbal dan multivitamin.

Beritahu dokter apabila anda sedang menjalankan perawatan wajah dengan produk kecantikan atau mengalami penyakit yang berhubungan dengan kulit sehingga dokter dapat menentukan dosis dan cara pemakaian yang benar agar tidak terjadi efek interaksi antara obat calamine dengan perawatan lainnya.

Obat calamine dapat berinteraksi dengan phenoxymethylpenicilin. Obat tersebut digunakan pada infeksi bakteri yang merupakan golongan penicillin K dan penicillin V.

Dosis dan cara pemakaian Obat Calamine

Obat calamine tersedia dalam bentuk lotion, bedak kocok, atau salep. Bentuk lotion dan salep banyak ditemukan di toko obat. Untuk bedak kocok biasanya diresepkan oleh dokter.  Oles obat calamine di daerah yang terkena iritasi atau luka dengan tipis dan menyeluruh.

Untuk obat kocok calamine, obat dikocok terlebih dahulu sebelum digunakan. Gunakan secukupnya di daerah yang mengalami iritasi.  Hindari mengoleskan pada luka terbuka atau luka yang masih mengalami pendarahan atau nanah.

           

            

                               

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit