Bau Urin Abnormal - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Apr 22, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 893.607 orang

Air seni secara alami memiliki bau yang unik bagi kebanyakan orang. Urin biasanya tidak memiliki bau yang kuat. Anda mungkin menemukan bahwa urine Anda kadang-kadang memiliki bau yang lebih kuat daripada biasanya. Walaupun hal ini normal. Terkadang urin yang berbau kuat atau tidak biasa merupakan tanda dari masalah medis yang mendasarinya.

Kapan harus ke dokter

Segera pergi ke dokter jika Anda memiliki kondisi dimana bau urin Anda sangat kuat atau tidak normal yang berlangsung selama lebih dari dua hari. Anda juga perlu periksa ke dokter jika Anda memiliki gejala lain seperti:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01
  • urin berbau harum
  • gangguan mental
  • kembung
  • mual
  • muntah

Gejala-gejala ini mungkin merupakan tanda-tanda diabetes, dehidrasi parah, atau penyakit hati.

Asparagus dan bau urin

Salah satu makanan yang dapat membuat urin berbau kuat adalah asparagus. Penyebab bau urin dari asparagus disebabkan oleh tingkat senyawa sulfur alami yang terkandung di dalamnya. 

Senyawa ini disebut asam asparagusic. Meskipun tidak membahayakan tubuh, asam asparagusic dapat menciptakan bau yang kuat dan aneh setelah Anda makan sesuatu yang mengandungnya - seperti asparagus.

Namun pada beberapa orang yang mengkonsumsi asparagus, mereka tidak menemukan adanya perubahan pada urin mereka. Mungkin saja genetika Anda menentukan apakah asparagus membuat bau urin Anda menjadi sangat kuat.

Jika tubuh Anda menghasilkan bau setelah mengkonsumsi asparagus, maka bau tersebut akan hilang setelah asparagus melewati sistem pencernaan Anda. Anda harus menghubungi dokter Anda untuk memeriksa penyebab lain jika bau tidak hilang setelah 12 jam.

Pada wanita hamil

Selama kehamilan wanita mengalami peningkatan hormon kehamilan yang disebut hCG. Peningkatan ini dapat menyebabkan urin Anda memiliki bau yang kuat, terutama pada awal kehamilan. Selain itu, wanita juga memiliki indera penciuman yang lebih sensitif selama kehamilan yang dapat menyebabkan meningkatnya keluhan atas urin yang berbau saat mereka periksa ke dokter.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Wanita hamil juga perlu minum lebih banyak air agar tidak mengalami dehidrasi. Dehidrasi menyebabkan asam urat menumpuk dan menciptakan bau yang kuat dalam urin.

Penyebab medis yang mendasari bau urin

Beberapa kondisi dapat menyebabkan bau urin yang kuat atau tidak biasa. Penyebab paling umum termasuk:

Dehidrasi

Dehidrasi terjadi ketika Anda tidak minum cukup cairan. Jika Anda mengalami dehidrasi, Anda mungkin menemukan bahwa air seni Anda berwarna kuning gelap atau oranye dan berbau seperti amonia.

Kebanyakan orang hanya mengalami dehidrasi ringan dan tidak memerlukan perawatan medis. Minum lebih banyak cairan, terutama air, umumnya akan menyebabkan bau urine kembali normal. Alkohol dan kopi memiliki sifat diuretik, yang berarti mereka membuat Anda lebih sering buang air kecil.

Jika Anda mengalami gangguan mental, kelemahan, kelelahan ekstrem, atau gejala tidak biasa lainnya, Anda mungkin mengalami dehidrasi parah dan harus segera mendapatkan perawatan medis.

Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih - sering disebut ISK - umumnya menyebabkan urin berbau kuat. Keinginan kuat untuk buang air kecil dan sensasi terbakar saat buang air kecil adalah gejala paling umum dari ISK. 

Bakteri dalam urin Anda menyebabkan infeksi saluran kemih. Jika dokter Anda mendiagnosis Anda memiliki ISK, mereka akan memberi Anda antibiotik untuk membasmi bakteri penyebab ISK.

Diabetes

Gejala umum diabetes adalah urine yang berbau harum. Orang dengan diabetes yang tidak diobati memiliki kadar gula darah yang tinggi. Kadar gula darah yang tinggi menyebabkan bau urine yang manis. Temui dokter Anda sesegera mungkin jika urin Anda sering berbau manis. Diabetes yang tidak diobati berbahaya dan dapat mengancam jiwa.

Fistula kandung kemih

Fistula kandung kemih terjadi ketika Anda memiliki cedera atau cacat yang memungkinkan bakteri dari usus Anda memasuki kandung kemih Anda. Fistula kandung kemih dapat terjadi karena cedera bedah atau penyakit usus seperti penyakit radang usus, kolitis ulserativa, atau penyakit Crohn.

Penyakit hati

Bau urin yang kuat bisa menjadi pertanda penyakit hati. Gejala lain penyakit hati termasuk:

  • mual
  • muntah
  • sakit perut
  • kulit atau mata kuning, yang disebut penyakit kuning
  • kelemahan
  • kembung
  • penurunan berat badan

Segera pergi ke dokter jika Anda memiliki gejala penyakit hati. Penyakit hati yang tidak diobati dapat mengancam jiwa.

Fenilketonuria

Fenilketonuria adalah penyakit genetik yang tidak dapat disembuhkan yang ada saat lahir. Penyakit ini membuat Anda tidak dapat memecah asam amino yang disebut fenilalanin. Ketika metabolit-metabolit ini menumpuk, urin Anda mungkin berbau "tikus". Gejala lain yang dapat timbul termasuk:

  • penurunan pigmentasi kulit
  • cacat mental
  • keterampilan sosial yang berkembang lambat

Jika penyakit ini tidak diobati dini, dapat menyebabkan ADHD dan cacat mental yang parah.

Penyakit urin sirup maple

Penyakit urin sirup maple adalah penyakit genetik yang jarang dan tidak dapat disembuhkan yang menyebabkan urin berbau seperti sirup maple. Orang dengan penyakit ini tidak dapat memecah asam amino leusin, isoleusin, dan valin. Kurangnya perawatan dapat menyebabkan kerusakan otak dan kematian.

Diagnosa

Untuk menentukan apakah bau urin Anda disebabkan oleh kondisi medis, dokter Anda akan melakukan beberapa pemeriksaan. Beberapa pemeriksaan di antaranya adalah:

  • Analisis urin: Pengujian sampel urin untuk mendeteksi tanda-tanda infeksi jenis bakteri tertentu serta unsur-unsur lain, dan mungkin juga melakukan kultur bakteri pada sampel Anda.
  • Sistoskopi: Memasukan tabung tipis dengan kamera di ujungnya ke dalam kandung kemih Anda untuk mencari penyakit yang berhubungan dengan saluran kemih.
  • Pemeriksaan pemindaian atau pencitraan: Pemeriksaan ini jarang dilakukan untuk mencari penyebab bau urin yang tidak normal. Tetapi jika baunya bertahan lebih dari 12 jam dan tidak ada tanda-tanda infeksi dari analisis urin, dokter Anda mungkin akan melakukan pemeriksaan x-ray atau ultrasound untuk menentukan kelainan yang Anda alami.

Kebiasaan buang air kecil yang sehat

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan baik untuk menjaga kesehatan kandung kemih Anda.

  • buang air kecil lima hingga tujuh kali sehari - jika tidak, Anda perlu minum lebih banyak air
  • Anda hanya perlu bangun air kecil satu kali di malam hari saat tidur
  • hanya buang air kecil ketika Anda benar-benar perlu - kecuali sebelum tidur. Karena memaksa buang air kecil dapat membuat kandung kemih Anda tidak dapat menahan urin dalam jumlah yang banyak.
  • rileks saat buang air kecil, jangan terlalu memaksa tubuh Anda untuk buang air kecil.
  • ambil waktu Anda dan jangan memaksakan untuk keluar lebih cepat

Yang perlu Anda ketahui

Bau urin dapat disebabkan oleh berbagai penyebab; apa yang Anda makan sebelumnya atau efek samping dari beberapa obat. Namun, jika baunya sangat kuat dan tidak hilang setelah 12 jam, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk menyingkirkan kemungkinan menderita kondisi medis tertentu.

Ditinjau secara medis oleh Universitas Illinois-Chicago, Fakultas Kedokteran pada 26 Januari 2017 - Ditulis oleh Rose Kivi dan Diana Wells

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit