Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Acetyl-L-Carnitine: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: DEC 6, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 756.786 orang

Acetyl-L-Carnitine, atau yang lebih akrab dikenal dengan nama ALCAR. Merupakan suatu senyawa yang memiliki fungsi dalam menjadi agen anti-aging dan meringankan penyakit. Sembari meningkatkan fungsi mitokondria dalam membakar lemak.

Anda mungkin dapat menemukan senyawa ini didalam makanan sehari-hari seperti daging merah, produk susu, dan bahkan beberapa sayur-sayuran.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Acetyl-L-Carnitine singkatnya ALCAR, biasa digunakan sebagai stimulus bagi otak penyandang Alzheimer dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan pelemahan kognitif.

ALCAR dapat membantu hal ini melalui fungsinya dalam meningkatkan kewaspadaan dan kapasitas mitokondria selagi memberikan support terhadap neuron.

Dalam membantu meringankan dampak dari penuaan. ALCAR menunjukkan efek yang sangat luar biasa.

ALCAR mampu meringankan penurunan neuron, kelelahan kronis, depresi akibat pikun, gejala penurunan testoteron akibat penuaan, efek dari sklerosis ganda, penuaan kulit, dan penyakit Peyronie.

Bagi Anda yang ingin mencari alternatif untuk menambah sensitivitas insulin dalam tubuh, serta menjaga kesehatan pembuluh darah Anda. Menggunakan suplemen yang mengandung ALCAR mungkin dapat menjadi jawaban Anda. Terutama bagi Anda yang mengalami penurunan serta pelemahan fungsi jantung.

Manfaat penggunaan Acetyl-L-Carnitine

Selain beberapa kandungan luar biasa yang dimiliki oleh ALCAR. Tentunya banyak juga manfaat yang dapat Anda peroleh ketika mengkonsumsi ALCAR.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

ALCAR mampu melindungi neuron Anda dan memperbaiki beberapa kerusakan yang timbul akibat penyakit diabetes maupun diabetic neuropathy.

Senyawa ini juga mampu dalam membantu mereka yang mengidap down syndrome, penurunan daya kognitif akibat pengkonsumsian minuman alkohol berlebih, hepatic encephalopathy, masalah kognitif akibat penyakit Lyme, dan masalah serebrovascular setelah mengalami stroke.

Manfaat yang dapat anda dapatkan tidak cukup sampai disitu saja. ALCAR juga mampu memberikan perlindungan kepada sel jantung anda dari efek samping doxorubicine ( senyawa dari pengobatan kemoterapi) tanpa mengurangi efektifitasnya.

ALCAR juga mampu menghilangkan efek buruk dari pengkonsumsian Accutane, yang merupakan senyawa kuat yang digunakan dalam pengobatan jerawat yang cukup parah. Accutane ini jika anda konsumsi dapat merusak liver anda, meningkatkan level kolesterol, menimbulkan pegal-pegal dan pelemahan otot.

Dosis penggunaan Acetyl-L-Carnitine

Dosis yang disarankan dalam menggunakan ALCAR bervariasi, tergantung dari penyakit apa yang ingin Anda sembuhkan menggunakan ALCAR.

Beberapa Dosis yang dapat kami rekomendasikan ialah :

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

  1. Untuk penyakit yang berhubungan dengan penurunan daya ingat kognitif, dosis yang direkomendasikan ialah 1500 sampai dengan 2000 miligram setiap hari selama 3 bulan
  2. Bagi Anda yang mudah mengalami kelelahan akibat penuaan, dosis yang direkomendasikan ialah 2 gram sebanyak 2 kali sehari selama 180 hari
  3. Untuk penyakit yang berhubungan dengan penurunan testoteron akibat penuaan, dosis yang direkomendasikan ialah 2 gram setiap harinya bersama dengan pegkonsumsian propionyl-L-carnitine setiap harinya selama 6 bulan
  4. Bagi pengidap Alzheimer, dosis yang direkomendasikan ialah 1 sampai dengan 3 gram setiap harinya selama 12 bulan
  5. Bagi pengidap amyotrophic lateral sclerosis (ALS), dosis yang direkomendasikan ialah 1000 miligram sebanyak 3 kali sehari selama 48 hari, bersamaan dengan ruluzole sebanyak 50 miligram sebanyak 2 kali sehari
  6. Untuk pengidap antiretroviral toxic neuropathy, dosis yang direkomendasikan ialah 1000 sampai dengan 1500 miligram sebanyak 2 kali sehari selama 33 bulan. Direkomendasikan juga untuk mendapatkan suntukan intramuskulah atau intravenous sebanyak ½ sampai dengan 1 gram setiap harinya selama 3 minggu
  7. Bagi pengidap fibromyalgia, dosis yang direkomendasikan ialah 500 miligram sebanyak 3 kali sehari selama 12 minggu. Direkomendasikan juga untuk melakukan injeksi intramuscular berisi 500 miligram ALCAR setiap harinya selama 2 minggu. Diikuti dengan meminum 1500 miligram ALCAR sebanyak satu kali seharinya selama 8 minggu
  8. Untuk pengidap hepatic encephalopathy, dosis yang direkomendasikan ialah 2 gram sebanyak 2 kali sehari selama 90 hari
  9. Untuk mengatasi ketidaksuburan pada pria, dosis yang direkomendasikan ialah 1 gram ALCAR ditambah dengan 2 gram L-carnitine sebanyak 1 kali setiap harinya.
  10. Untuk Anda yang mengidap multiple sclerosis dan ingin mengurangi gejala-gejala yang ditimbulkannya, dosis yang direkomendasikan ialah 2 gram setiap harinya selama 1 bulan
  11. Bagi pengidap penyakit peyronie, dosis yang direkomendasikan ialah 1 gram sebanyak 2 kali sehari selama 3 bulan
  12. Bagi pengidap sciatica, dosis yang direkomendasikan ialah 1180 miligram setiap harinya selama 60 hari
  13. Untuk anda yang mengidap diabetic neuropathy, dosis yang direkomendasikan ialah 1500 sampai dengan 3000 miligram setiap harinya. Dengan penambahan 1000 miligram ALCAR melalui injeksi intramuscular selama 10 sampai dengan 15 hari.

Hindari penggunaan ALCAR kepada anak, ibu hamil, dan juga ibu yang sedang dalam tahap menyusui buah hatinya. Karena belum ada bukti penelitian lebih lanjut tentang efeknya terhadap mereka.

Efek samping pengkonsumsian Acetyl-L-Carnitine

ALCAR jika digunakan dengan benar dan dalam pengawasan medis pastilah aman bagi kesehatan tubuh Anda. Namun beberapa efek samping yang dapat timbul setelah mengkonsumsi ALCAR ialah :

  1. Mengacaukan fungsi gastrointestinal
  2. Nausea
  3. Muntah-muntah
  4. Mulut kering
  5. Insomnia
  6. Gelisah
  7. Sakit kepala

Perhatian dan Peringatan

Pengkonsumsian ALCAR ini tidak direkomendasikan jika Anda mengidap :

  1. Gangguan psikiatrik
  2. Cirrhosis
  3. Darah tinggi
  4. Hepatitis C
  5. Gangguan pencernaan
  6. Penyakit peripheral vascular
  7. Gangguan bernafas
  8. Gangguan tidur
  9. Gagal ginjal

Tidak direkomendasikan juga untuk menggabungkan pengkonsumsian ALCAR dengan alpha-lipoic acid karena akan menimbulkan :

  1. Diare
  2. Ruam
  3. Dyspepsia
  4. Konstipasi
  5. Urin dengan bau yang tidak enak

Menggunakan ALCAR saat meminum obat-obatan yang mengandung D-carnitine juga tidak disarankan. Karena dapat menghambat fungsi ALCAR. ALCAR juga mampu meningkatkan resiko penggumpalan darah jika diminum bersamaan dengan herbal maupun suplemen yang mampu meningkatkan resiko pendarahan.

ALCAR juga dapat menurunkan level gula darah anda dan mempengaruhi tekanan darah.

Serta setelah penggunaan dari ALCAR, jika terjadi perburukan kondisi dari penyakit yang Anda alami. Segera konsultasikan kembali dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp