Kesehatan Fisik

Mari Kenali Fakta dan Fungsi Jantung Dalam Tubuh Kita

Dipublish tanggal: Mar 17, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Apr 24, 2019 Waktu baca: 3 menit
Mari Kenali Fakta dan Fungsi Jantung Dalam Tubuh Kita

Jantung adalah salah satu organ terpenting di dalam tubuh manusia. Jantung manusia adalah organ yang memompa darah ke seluruh tubuh melalui sistem peredaran darah, memasok oksigen dan nutrisi ke jaringan, serta menghilangkan karbon dioksida dan limbah lainnya.

Sel-sel otak membutuhkan suplai oksigen dan glukosa dari hasil pompa jantung.  yang apabila asupan tersebut tidak diterima oleh otak secara adekuat dan terus menerus, akan menyebabkan kondisi hipoksia atau kerusakan hingga kematian sel. Kondisi tersebut akan berakibat pada hilangnya kesadaran pada manusia.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Otot juga membutuhkan oksigen, glukosa dan asam amino, serta  natrium, kalsium dan kalium garam yang cukup agar otot bisa bekerja secara normal,dll.

 "Jaringan tubuh membutuhkan pasokan nutrisi yang konstan agar bisa aktif," kata Dr. Lawrence Phillips, seorang ahli jantung di NYU Langone Medical Center di New York. "Jika jantung tidak mampu memasok darah ke organ dan jaringan, maka organ dan jaringan tersebut akan mati."

Anatomi Jantung Manusia

Pada manusia, jantung kira-kira seukuran kepalan tangan besar dan beratnya antara 10 sampai 12 ons (280 sampai 340 gram) pada pria dan 8 sampai 10 ons (230 sampai 280 gram) pada wanita.

Jantung manusia memiliki empat ruang:

  • Bilik atas (atrium) berjumlah 2 buah
  • Bilik bawah (ventrikel) berjumlah 2 buah
  • Epikardium Lapisan dinding terluar jantung. Lapisan ini disebut dengan pericardium visceral, yang tersusun atas lapisan jaringan ikat
  • Miokardium , Lapisan tengah jantung yang mengandung otot-otot . Otot ini akan berkontraksi dan berelaksasi untuk menjaga kinerja jantung.
  • Endokardium, Lapisan dalam, lapisan yang berisi katub jantung dan pembuluh darah.

Atrium kanan dan ventrikel kanan bersama-sama membentuk "jantung kanan", dan atrium kiri dan ventrikel kiri membentuk "jantung kiri".  jantung kanan dan kiri dipisahkan oleh sekat yang disebut septum jantung,

Perikardium merupakan selaput yang membungkus jantung, yang berfungsi melindungi jantung dan menyangga posisinya di dalam rongga dada. Perikardium tersusun atas dua lapisan yaitu lapisan luar (perikardium parietal) dan lapisan dalam (pericardium visceral). Cairan perikardial, terdapat diantara kedua lapisan tersebut yang berfungsi melumasi jantung selama kontraksi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Dinding luar jantung terdiri dari tiga lapisan yaitu

Katup trikuspid dan katup mitral adalah katup yang membentuk katup atrioventrikular (AV), yang menghubungkan antara atrium dan ventrikel. Katup semi-lunar pulmonal memisahkan ventrikel kanan dari arteri pulmonalis, dan katup aorta memisahkan ventrikel kiri dari aorta.

Sistem kelistrikan jantung diatur oleh Sinoatrial node, Atrioventrikular node dan serabut purkinye. Sistem tersebut berfungsi untuk menghasilkan denyut listrik yang mendorong kontraksi jantung.

Kinerja Jantung Manusia

Jantung mengalirkan darah melalui dua jalur: sirkuit pulmonal dan sirkuit sistemik.

  • Di sirkuit pulmonal, darah yang terdeoksigenasi meninggalkan ventrikel kanan jantung melalui arteri pulmonalis dan berjalan ke paru-paru, kemudian kembali sebagai darah beroksigen ke atrium kiri jantung melalui vena pulmonal.
  • Di sirkuit sistemik, darah beroksigen meninggalkan tubuh melalui ventrikel kiri ke aorta, dan dari situ darah memasuki arteri dan kapiler dimana darah ini akan memasok jaringan tubuh dengan oksigen. Deoksigenasi darah kembali melalui vena ke vena cava, masuk kembali ke atrium kanan jantung.

Penyumbatan arteri jantung bisa menyebabkan serangan jantung, atau kerusakan otot jantung. Serangan jantung berbeda dengan henti jantung, yang tiba-tiba kehilangan fungsi jantung yang biasanya terjadi akibat gangguan listrik pada irama jantung. 

Serangan jantung bisa menyebabkan henti jantung. Jantung mengandung sel listrik (alat pacu jantung) , yang menyebabkan jantung berkontraksi  dan menghasilkan detak jantung.

Kontraksi jantung sehat terjadi

  • Diastole  , Fase pengisian dimana darah kembali ke serambi (atrium jantung) saat fase relaksasi
  • Sistole, bilik (ventrikel) mulai berkontraksi untuk memompa darah keseluruh tubuh dan paru-paru

Katup jantung berfungsi untuk mencegah aliran darah balik, menjaga darah mengalir ke satu arah melalui jantung.

Fakta Tentang Jantung Manusia

  • Jantung manusia besarnya kira-kira seukuran kepalan tangan .
  • Beratnya jantung antara 10 sampai 12 ounces (280 sampai 340 gram) pada pria dan 8 sampai 10 ons (230 sampai 280 gram) pada wanita.
  • Jantung berdetak sekitar 100.000 kali per hari (sekitar 3 miliar denyut dalam seumur hidup).
  • Jantung orang dewasa berdetak sekitar 60 sampai 80 kali per menit.
  • Jantung bayi yang baru lahir berdetak lebih cepat dari pada jantung orang dewasa, sekitar 70 sampai 190 denyut per menit.
  • Pompa jantung sekitar 6 liter (5,7 liter) darah ke seluruh tubuh.
  • Jantung terletak di tengah dada, biasanya sedikit mengarah ke kiri.

 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The heart: Anatomy, physiology, and function. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/320565.php)
24 Fun Facts About the Heart. Healthline. (https://www.healthline.com/health/fun-facts-about-the-heart)
Human Heart (Anatomy): Diagram, Function, Chambers, Location in Body. WebMD. (https://www.webmd.com/heart/picture-of-the-heart)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app