7 Kondisi yang Paling Sering Menyebabkan Tulang Dada Terasa Sakit

Dipublish tanggal: Jul 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
7 Kondisi yang Paling Sering Menyebabkan Tulang Dada Terasa Sakit

Nyeri tulang dada adalah rasa sakit atau ketidaknyamanan pada daerah dada (tulang sternum, tulang rawan yang menghubungkannya dan tulang rusuk). Tulang sternum adalah tulang yang menghubungkan tulang rusuk pada bagian depan tubuh dan terletak di dekat jantung, sehingga nyeri pada tulang sternum sering kali sulit dibedakan dengan serangan jantung.

Beberapa orang yang mengalami nyeri tulang dada biasanya khawatir jika mereka mengalami serangan jantung. Namun, dalam kebanyakan kasus, nyeri tulang dada tidak berhubungan sama sekali dengan serangan jantung, dan biasanya hanya disebabkan oleh masalah pada otot yang melekat pada tulang dada itu sendiri atau tulang rawan di sekitarnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Apa Penyebab Utama Nyeri Pada Tulang Dada?

Nyeri pada tulang dada biasanya disebabkan oleh masalah dengan otot dan tulang di dekat tulang dada. Nyeri yang dirasakan tepat di belakang atau di bawah sternum disebut nyeri substernal dan kadang-kadang disebabkan oleh masalah pencernaan. Beberapa penyebab nyeri pada sternum yang paling umum adalah:

Costochondritis

Costochondritis adalah penyebab paling umum dari nyeri tulang dada yang terjadi ketika terjadi peradangan atau iritasi pada tulang rawan yang terletak di antara tulang dada dan tulang rusuk.

Costochondritis kadang-kadang dapat terjadi sebagai akibat dari osteoarthritis, tetapi juga dapat terjadi tanpa alasan yang jelas. Costochondritis biasanya bukan merupakan suatu kondisi medis yang memprihatinkan. 

Namun, orang yang mengalami gejala costochondritis mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter jika gejalanya tidak hilang atau memburuk seiring berjalannya waktu.

Cedera Sendi Sternoclavicular

Sendi sternoklavikula adalah sendi yang menghubungkan bagian atas tulang dada dengan tulang selangka. Cedera pada sendi ini umumnya menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan di bagian atas sternum di daerah dada bagian atas.

Cedera Tulang Selangka

Walaupun tulang selangka bukan bagian dari tulang dada, namun tulang selangka terhubung ke tulang dada melalui tulang rawan. Cedera pada tulang selangka dapat menyebabkan rasa sakit di daerah sternum. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Cedera tulang selangka seringkali merupakan akibat dari trauma, seperti kecelakaan mobil atau cedera akibat olahraga, walaupun infeksi atau radang sendi juga dapat menyebabkannya.

Hernia

Hernia mungkin bukan penyebab nyeri yang jelas di dekat dada. Namun, hernia hiatal dapat menyebabkan rasa sakit yang parah. Hernia hiatal adalah suatu kondisi medis yang terjadi ketika isi di dalam rongga perut bergerak keluar dari posisi normalnya melewati diafragma yang merupakan pembatas antara rongga dada dan rongga perut dan masuk ke dada.

Fraktur Tulang Dada

Seperti patah tulang di bagian tubuh lainnya, patah tulang dada dapat menyebabkan nyeri yang cukup berat. Fraktur tulang dada biasanya terjadi sebagai akibat langsung dari trauma, seperti kecelakaan mobil atau cedera saat olahraga. 

Jika Anda mengalami patah tulang dada, maka Anda harus segera mencari pertolongan medis, karena patah tulang dada berpotensi menyebabkan kerusakan jantung dan paru-paru.

Asam lambung atau GERD

Refluks asam terjadi ketika asam lambung mengikis lapisan tenggorokan (esophagus). Kondisi ini terjadi terutama pada orang dengan penyakit gastroesophageal reflux (GERD).

Refluks asam dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan di dada dan umumnya disertai dengan sensasi dada terbakar. Rasa sakit di daerah ini juga bisa disebabkan oleh peradangan atau masalah pada tenggorokan. Orang dengan GERD harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendiskusikan tentang cara mencegah kerusakan lebih lanjut pada area yang berpotensi mengalami komplikasi seperti tenggorokan dan rongga mulut.

Ketegangan otot atau memar

Tulang dada dan tulang rusuk memiliki banyak struktur otot yang melekat padanya. Otot-otot ini dapat tertarik oleh batuk parah atau aktivitas berat yang melibatkan lengan atau dada. Luka atau trauma juga dapat menyebabkan memar pada otot-otot ini, sehingga menimbulkan nyeri.

Kapan Anda Harus Memeriksakan diri Ke Dokter?

Walaupun beberapa nyeri tulang dada biasanya bukan masalah yang serius, ada beberapa penyebab nyeri tulang dada yang membutuhkan perhatian medis segera. Seseorang harus segera pergi berobat ke rumah sakit jika:

  • Rasa sakit ditimbulkan akibat trauma langsung.
  • Rasa sakit yang muncul disertai dengan gejala serangan jantung.
  • Tidak membaik seiring berjalannya waktu.
  • Disertai dengan muntah darah.


21 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Riggin ER. Allscripts EPSi. Mayo Clinic, Rochester, Minn. April 18, 2017.
Light RW. Primary spontaneous pneumothorax in adults. https://www.uptodate.com/contents/search.
Heart attack. National Heart, Lung, and Blood Institute. https://www.nhlbi.nih.gov/health/health-topics/topics/heartattack/treatment.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app