Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kebiasaan Sehat

Kadar Alkohol Untuk Jantung yang Sehat

Update terakhir: DEC 12, 2019 Waktu baca: 1 menit
Telah dibaca 1.212.925 orang

Kadar Alkohol Untuk Jantung yang Sehat

Red wine memiliki reputasi sebagai penyehat jantung, asal dikonsumsi dalam takaran yang tepat.  Para peneliti dari Norwegian University of Science and Technology dan Karolinska Institute di Stockholm meneliti efek alkohol pada jantung. Studi pertama, dimuat dalam  Journal of Internal Medicine, menemukan bahwa nol pengaruhnya terhadap gagal jantung. Mereka meneliti konsumsi alkohol dan laporan medis 60.665 partisipan antara tahun 1995-1997. Total ada  1.588 partisipan mendapat serangan jantung pada periode itu. Mereka yang mendapat serangan jantung adalah yang jarang atau tidak pernah minum alkohol

Sedangkan mereka yang minum alkohol lima sajian dalam seminggu, memiliki risiko terkena gagal jantung 21 persen lebih rendah dari yang jarang atau tidak pernah minum alkohol. Partisipan yang minum antara satu hingga lima sajian dalam satu minggu memiliki risiko gagal jantung dua persen lebih rendah.  

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Pada studi kedua yang dipublikasikan oleh International Journal of Cardiology, 58.827 partisipan dikelompokkan berdasar seberapa sering mereka minum alkohol. Hasilnya,  2.966 partisipan mengalami serangan jantung antara tahun 1995-2008. Dari tiap gelas alkohol (red wine) yang partisipan minum, risiko serangan jantung berkurang sebanyak 28 persen.


"Terlihat bahwa alkohol meningkatkan kadar kolesterol baik. Tapi, di sisi lain, alkohol dapat meningkatkan tekanan darah. Maka, yang terbaik jika Anda ingin minum alkohol, minumlah  dalam kadar moderat. Antara tiga sampai lima sajian red wine perminggu, saya kira adalah yang terbaik," kata penulis penelitian Imre Janszky, profesor bidang kesehatan sosial Norwegian University of Science and Technology.

Peneliti juga menemukan, risiko sekarat karena gagal jantung meningkat pada mereka yang minum alkohol lebih dari lima sajian perminggu. Konsumsi alkohol dalam jangka waktu lama juga dapat melemahkan kinerja jantung dalam memompa darah. 


"Saya tidak meminta Anda untuk jadi pecandu alkohol. Kami hanya meneliti tentang kesehatan jantung dan menemukan bahwa sedikit alkohol setiap hari, baik untuk kesehatan jantung. Ini juga tidak berarti Anda harus minum alkohol setiap hari untuk memiliki jantung yang sehat. Ada banyak cara lain untuk memelihara kesehatan jantung," kata Imre Janszky lagi. (LT)

Ditinjau oleh: dr. Deffy Leksani Anggar Sari 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit