Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Makanan dan Diet Sehat

6 Makanan Terbaik untuk Awet Muda

Update terakhir: Jan 21, 2020 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.772.648 orang

6 Makanan Terbaik untuk Awet Muda

Makanan terbaik untuk awet muda sebaiknya sudah mulai Anda konsumsi dari sekarang. Pasalnya, mulai dari  otak hingga ke tulang, apa yang Anda makan akan sangat memengaruhi bagaimana tubuh Anda berproses. 

Manuel Villacorta, ahli diet dan nutrisi sekaligus penulis buku Whole Body Reboot berkata, " Apa yang Anda makan akan memberi perbedaan besar terhadap proses penuaan dan perasaan Anda."

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

"Kulit Anda akan terlihat lebih muda dengan makanan yang tepat," kata Allison T. Pontius, MD, pakar antiaging dan pengobatan regenerasi di Williams Center for Plastic Surgery, NY.

Inilah makanan untuk membuat Anda awet muda.  

1. Buah dan sayur segar kaya warna.
 Antioksidan di dalam sayur dan buah yang kaya warna seperti sayur berdaun hijau, tomat merah, bluberi dan wortel mampu menghentikan molekul tidak stabil yang merusak sel-sel tubuh yang sehat. Jadi, setiap kali Anda makan, pastikan setengah dari piring Anda terisi oleh sayur dan buah segar. Lima sampai sembilan porsi sayur dan buah setiap hari, itulah jumlah yang harus Anda makan untuk memperlambat penuaan dini.

2. Tiga serangkai antioksidan; vitamin C, zinc dan betakaroten. 
Ketiganya dapat mencegah degenerasi makular yang menyebabkan kebutaan setelah usia 64 tahun. Jika saat ini Anda sudah terlanjur menderita degenarasi makular, tiga serangkai tersebut dapat membantu memperlambat proses degenarasi menjadi semakin parah. Sayuran berdaun hijau tua seperti bayam, kangkung, kale dan brokoli adalah sumber tiga serangkai antioksidan yang baik. Anda juga bisa menjaga kesehatan mata dengan memakan sayur dan buah berwarna cerah seperti jagung, jeruk, labu dan belewah. 

Antioksidan seperti vitamin C bahkan dapat membuat kulit Anda kencang sehingga terlihat lebih muda. Sebuah studi ilmiah menyebutkan, orang yang makan banyak buah dan sayur warna kuning-oranye memiliki lebih sedikit kerutan. Jadi, cara mengurangi kerutan bisa Anda dapat dengan mengonsumsi tiga serangkai antioksisan. 
Jenis antioksidan yang sangat kuat di dalam anggur dan red wine, yang disebut  resveratrol, dapat membantu mengurangi risiko kanker, penyakit jantung dan penuaan dini sel-sel tubuh. 

3. Biji-bijian.
Mengonsumsi biji-bijian yang kaya serat seperti gandum, barley,guinoa dan beras merah dapat mengurangi risiko diabetes tipe-2. Diet kaya biji-bijian juga dapat membantu pembuluh darah dalam kondisi rileks. Tiga porsi biji-bijian, itulah yang harus Anda makan setiap hari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

4. Ikan.
Asam omega-3 di dalam ikan menawarkan banyak manfaat antipenuaan dini. Asam omega-3 mampu melindungi jantung dan mengurangi risiko stroke serta Alzheimer. Dua porsi ikan setiap minggu, itulah yang seharusnya Anda konsumsi untuk mendapat manfaat optimalnya yaitu mencegah penuaan diri

5. Kalsium dan vitamin D.

Keduanya dapat menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Karena susu sapi tengah menjadi perdebatan, Anda bisa mencari sumber kalsium dan vitamin D lainnya seperti susu kedelai dan susu almond. Sinar matahari pagi juga kaya akan vitamin D. 


6. Kacang-kacangan.

Lemak di dalam kacang adalah jenis lemak yang sehat. Sebuah studi ilmiah mengungkapkan bahwa rutin makan kacang dapat menurunkan risiko tekanan darah dan kolesterol tinggi hingga sebesar 20 persen. Anda hanya disarankan makan 1/ ons kacang perhari atau setara dengan empat buah kacang almond. 

Makanan yang sebaiknya dikurangi untuk mencegah penuaan dini
Ada makanan yang membantu sel-sel Anda awet muda, ada juga makanan yang bisa mempercepat penuaan. Misalnya, lemak di dalam daging dan susu berlemak tinggi. Keduanya bisa meningkatkan risiko penyumbatan pembuluh darah

Batasi konsumsi gula sesedikit mungkin. Terlalu banyak gula menyebabkan  kadar glukosa dalam darah meningkat dan menyebabkan resistensi insulin yang berujung pada penyakit diabetes tipe-2. Diabetes dapat merusak pembuluh darah, menyebabkan penyakit jantung. Semakin sedikit gula yang Anda konsumsi, semakin sehat tubuh Anda, kata Pontius.


Garam dan sodium. Dua bahan makanan ini juga sebaiknya Anda batasi karena bisa menyebabkan naiknya tekanan darah dan membuat Anda terlihat lebih tua. Tekanan darah tinggi dapat merusak ginjal, mata dan otak Anda. Batasi asupan sodium tidak lebih dari 2.400 mg perhari atau setara dengan satu sendok teh garam. Hati-hati, banyak produk bumbu dan penyedap mengandung sodium tinggi seperti kecap  dan saus. Begitu juga dengan makanan kalengan dan makanan beku. Camilan dalam kemasan juga diketahui tinggi sodium. Jika Anda sudah terlanjur menderita tekanan darah tinggi, batasi asupan sodium tidak lebih dari 1.500 mg perhari. (LT)

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit