Kenali 5 Manfaat Ajaib Susu Almond Dibanding Susu Sapi

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Kenali 5 Manfaat Ajaib Susu Almond Dibanding Susu Sapi

Kebutuhan susu merupakan minuman yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Umumnya susu yang dikonsumsi merupakan jenis susu sapi yang mengandung lemak hewani. Namun akhir-akhir ini, tepatnya pada tahun 2014, banyak orang yang mulai mengganti susu sapi dengan susu almond.

Susu almond sangat cocok dikonsumsi oleh para vegetarian ataupun orang-orang yang alergi terhadap susu sapi. Selain itu, beberapa pakar juga menyatakan bahwa susu almond memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik bila dibandingkan dengan susu sapi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Bagi Anda yang ingin membeli susu almond, pastikan bahwa susu tersebut telah dilengkapi dengan nutrisi tambahan. Berikut beberapa keunggulan yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi susu almond, antara lain:

Menjadikan tulang lebih kuat

Awalnya kandungan kalsium dan juga vitamin D pada susu almond lebih rendah bila dibandingkan dengan susu sapi. Namun nyatanya pemberian tambahan kalsium dan juga vitamin D pada susu almond mampu membuat nilai kalsium yang dimilikinya menjadi lebih tinggi. 

Kandungan kalsium yang tinggi mampu melawan penyakit osteoporosis dan juga menguatkan gigi dan menyehatkan tulang.

Tidak adanya laktosa di dalam susu

Laktosa merupakan salah satu kandungan yang ada di dalam susu. Namun masalahnya banyak orang yang memiliki intoleransi laktosa atau kesulitan dalam mencerna laktosa susu sapi sehingga menyebabkan muntah dan juga diare ketika sedang mengkonsumsi susu.

Susu almond sebagai pengganti susu sapi tidak memiliki kandungan laktosa sehingga aman dikonsumsi oleh penderita intoleransi laktosa. Tidak adanya laktosa dalam susu mampu mencegah timbulnya gejala diare dan juga muntah yang biasa terjadi setelah minum susu.

Dapat mengurangi risiko diabetes

Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang memiliki risiko kematian yang cukup besar. Untuk Menghindari dan juga mencegah risiko penyakit ini, hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi asupan gula agar tidak terlalu besar.  

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Susu almond sebagai salah satu jenis susu yang mengandung karbohidrat rendah secara tidak langsung mampu menurunkan risiko diabetes atau kadar gula tinggi dalam darah.

Hal ini dikarenakan susu almond memiliki indeks glikemik yang cukup rendah. Gula yang ada di dalam susu pun akan langsung digunakan sebagai energi dan tidak akan disimpan di dalam lemak.

Mampu Membantu Menyehatkan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ vital yang harus dijaga kesehatannya.  Tingginya Kandungan kolesterol dan lemak jenuh di dalam darah akan memberatkan kerja jantung yang akhirnya semakin memperburuk kondisi jantung. 

Susu Almond sebagai salah satu produk pengganti susu sapi tidak memiliki kolesterol dan juga kandungan lemak jenuh. Selain itu adanya lemak sehat seperti asam lemak omega dan juga kandungan sodiumnya yang rendah mampu menekan dan juga mencegah tekanan darah tinggi pada jantung.

Mampu Menurunkan Berat Badan

Berat badan berlebih dapat disebabkan oleh tingginya asupan kalori dalam tubuh. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, maka membatasi asupan kalori sangat penting untuk dilakukan. 

Di dalam 1 gelas susu almond, hanya mengandung sekitar 39 kalori. Nilai kalori ini memiliki nilai yang lebih rendah karena hanya sekitar setengah dari nilai kalori pada susu skim sapi. Dengan mengkonsumsi susu almond ini, hal tersebut dapat membantu Anda untuk mengurangi berat badan.

Demikian beberapa informasi terkait keunggulan yang dimiliki oleh susu almond dibandingkan dengan susu sapi. Semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi Anda yang ingin mengkonsumsi susu selain susu sapi.

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Almond Milk: An Alternative to Cow's Milk. WebMD. (https://www.webmd.com/food-recipes/features/why-is-almond-milk-good-for-me)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app