HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI
Kebiasaan Sehat

Wanita Dengan PMS Berat Lebih Berisiko Kena Hipertensi

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Waktu baca: 1 menit
Wanita Dengan PMS Berat Lebih Berisiko Kena Hipertensi

Wanita yang sering mengalami PMS (pre-menstruasi syndrome) derajat ringan hingga berat nampaknya memiliki risiko lebih besar menderita tekanan darah tinggi, demikian laporan para ilmuwan di  University of Massachusetts Amherst dalam American Journal of Epidemiology.

Tim yang  bekerjasama dengan Harvard School of Public Health, meneliti 1.257 wanita usia 25- 42 tahun dengan derajat ringan hingga berat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka memiliki risiko 40% lebih tinggi terkena hipertensi selama 20 tahun ke depan dibandingkan untuk 2.463 wanita yang tidak mengalami gejala pramenstruasi yang signifikan. Karena mereka berisiko lebih tinggi terkena hipertensi maka otomatis risiko gangguan jantung dan stroke juga lebih tinggi. 

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Para peneliti mencatat bahwa hubungan antara tekanan darah tinggi dengan PMS  paling menonjol terjadi  di antara wanita yang usianya lebih muda dari 40 tahun.
"Akan sangat membantu jika di penelitian selanjutnya kami bisa menemukan apakah hubungan antara PMS dengan hipertensi juga terjadi pada wanita yang lebih muda," kata salah seorang peneliti. 

Hampir tiga tahun lalu, tim yang sama dari University of Massachusetts menemukan bahwa konsumsi zat besi dapat meringankan gejala PMS. Menurut Mayo Clinic, PMS dapat ditandai dengan berbagai gejala, termasuk kecemasan, depresi, insomnia, sakit kepala, kelelahan, jerawat dan diare . 

Pria dewasa (berat badan 75 kg), di dalam tubuhnya  mengandung ±4.000 mg zat besi, sementara wanita dewasa (berat badan 55 kg) mengandung ±2.100 mg zat besi. Laki-laki memiliki cadangan zat besi di dalam limpa dan sumsum tulang sebanyak 500-1500 mg, itulah sebabnya anemia jarang dijumpai pada pria. Sebaliknya, wanita hanya mempunyai cadangan zat besi 0–300 mg sehingga rentan terhadap anemia, apalagi pada usia subur (usia wanita mengalami menstruasi).

Kebutuhan zat besi wanita dewasa usia subur adalah 18,9 mg perhari. Angka ini dihitung berdasarkan ketersediaan hayati (bioavailability) sebesar 15 persen.
Zat besi terbaik bisa didapat dari sumber alami seperti daging, telur, ikan, sereal, sayuran berwarna hijau gelap dan kacang-kacangan. (LT)

 

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Polycystic ovary syndrome - Symptoms. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/polycystic-ovary-syndrome-pcos/symptoms/)
Menopause and high blood pressure: What's the connection?. Mayo Clinic. (http://www.mayoclinic.com/health/menopause-and-high-blood-pressure/AN01463)
Could PMS Raise Women's High Blood Pressure Risk?. WebMD. (https://www.webmd.com/women/news/20151124/could-pms-raise-womens-risk-for-high-blood-pressure)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app