10 Ciri-Ciri dan Gejala Gagal Ginjal yang Perlu Diketahui

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Des 28, 2021 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 5 menit
10 Ciri-Ciri dan Gejala Gagal Ginjal yang Perlu Diketahui

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Sering buang air kecil di malam hari, perubahan warna urine, dan kencing berbusa atau berdarah adalah beberapa gejala gagal ginjal;
  • Pembengkakan pada kaki, lengan, tangan, atau wajah karena akumulasi cairan bisa menjadi pertanda gagal ginjal;
  • Gejala gagal ginjal berupa kulit kering dan bercak kulit gatal sering muncul pada tungkai, punggung, kepala, hingga dada;
  • Badan yang menggigil saat ginjal bermasalah bisa terjadi akibat anemia atau kekurangan sel-sel darah merah;
  • Klik untuk membeli paket medical check up dengan harga bersahabat dan dokter berpengalaman melalui HDmall;
  • Gunakan fitur chat untuk berkonsultasi dengan apoteker kami secara gratis seputar obat dan paket kesehatan yang Anda butuhkan.

Ginjal adalah organ vital yang berperan penting untuk mengatur keseimbangan elektrolit, memproduksi sel darah merah, dan mengontrol tekanan darah. Ketika ginjal tak mampu menjalankan fungsinya secara normal, maka akan muncul istilah yang disebut gagal ginjal. 

Gejala dan ciri ciri gagal ginjal tersebut dapat membuat seseorang perlu menjalani perawatan guna mempertahankan fungsi ginjal secara normal dalam tubuhnya. Seperti apa gejala gagal ginjal itu?

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Domperidone if 10mg tab 1

Sekilas tentang gagal ginjal

Fungsi utama ginjal adalah untuk menyaring produk limbah dalam darah. Penyakit gagal ginjal terjadi ketika organ ini kehilangan kemampuan untuk menyaring darah, sehingga limbah beracun dalam tubuh jadi menumpuk dan merusak susunan kimiawi darah.

Penyakit gagal ginjal adalah suatu kondisi kesehatan yang sangat serius. Sayangnya, kondisi ini sering kali tidak disadari karena gejalanya ringan dan cenderung samar-samar sehingga kerap tak terdeteksi.

Namun, perlahan tapi pasti, penyakit ginjal ini akan bisa berkembang dan menjadi berat dari waktu ke waktu. Biasanya, kebanyakan pasien yang menderita gagal ginjal telah hidup dengan penyakit ginjal selama beberapa waktu sebelum ciri ciri gagal ginjal muncul.

10 Gejala gagal ginjal yang perlu diketahui

Ginjal yang sehat adalah faktor penting yang menentukan umur panjang seseorang. Maka dari itu, mencermati setiap tanda dan gejala gagal ginjal adalah kunci utama dalam mendapatkan penanganan segera.

Berikut ciri-ciri dan gejala gagal ginjal yang perlu diwaspadai, antara lain:

1. Perubahan buang air kecil

Ginjal bekerja keras sepanjang hari untuk menghasilkan urine. Ketika organ ginjal tidak bekerja secara normal, maka tentunya akan berdampak pada perubahan buang air kecil.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Domperidone if 10mg tab 1

Sejumlah perubahan buang air kecil yang bisa jadi ciri ciri gagal ginjal adalah: 

  • Sering kencing. Sering buang air kecil, terutama pada malam hari, mungkin merupakan indikasi awal bahwa seseorang menderita gagal ginjal.
  • Perubahan warna urine. Waspadai jika warna urine yang biasanya kuning jernih tiba-tiba menjadi keruh atau kuning kecoklatan. 
  • Urin berbusa. Perubahan lain dalam buang air kecil yaitu urin berbusa, atau hampir tampak seolah-olah berbuih.
  • Kencing berdarah. Darah dalam urin juga merupakan tanda-tanda bahwa ginjal sedang bermasalah.

Baca juga: 3 Proses Pembentukan Urine dalam Tubuh

2. Bengkak pada tungkai

Ketika ginjal berhenti bekerja secara normal, maka ada banyak cairan ekstra yang gagal di buang oleh tubuh. Cairan ini akan menempati ruang di mana saja di dalam tubuh. Itu sebabnya salah satu tanda gagal ginjal yang bisa dilihat adalah pembengkakan pada kaki, lengan, tangan, atau wajah karena akumulasi cairan.

Pada awalnya, penderita gagal ginjal akan melihat pergelangan kaki mereka bengkak pada malam hari atau wajah membengkak entah dari mana. Setelah itu, barulah mereka menyadari saat pembengkakan tersebut meluas ke area lain dari tubuh.

Selain menjadi salah satu gejala gagal ginjal, perlu dipahami pula bahwa tungkai bengkak bisa menjadi tanda dan gejala dari berbagai penyakit lainnya yang tidak berhubungan dengan gagal ginjal. Jika Anda merasakan gejala gagal ginjal yang satu ini, maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter guna memastikan penyebabnya.

3. Kelelahan

Tidak hanya memproduksi urine, fungsi ginjal juga berperan dalam membuat erythropoietin, suatu hormon yang diperlukan untuk membuat sel-sel darah merah. Ketika ginjal rusak, maka produksi erythropoietin bisa turun dan memicu anemia.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Domperidone if 10mg tab 1

Untungnya, anemia dapat diobati dengan penanganan yang tepat. Namun, bagaimanapun, anemia ini bukan satu-satunya alasan mengapa orang-orang yang menderita penyakit ginjal dan gagal ginjal tampak begitu lelah atau lemas.

Alasan lain yaitu ketidakseimbangan elektrolit yang dapat menyebabkan kelemahan otot. Orang yang menderita gagal ginjal kerap merasa lemah dan lelah, bahkan setelah istirahat cukup.

Kelelahan ini akan mengganggu rutinitas sehari-hari secara signifikan. Mereka tidak dapat pergi bekerja atau bahkan sekadar melakukan tugas sederhana seperti membersihkan rumah, berpakaian, atau menyiapkan makanan.

4. Kulit gatal

Ginjal juga bekerja dengan mengambil partikel limbah dari darah. Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, limbah tubuh akan keluar melalui darah dan menyebar ke kulit. Akibatnya, muncullah gejala gagal ginjal berupa kulit kering dan bercak kulit gatal di seluruh tubuh yang sering muncul pada tungkai, punggung, kepala, hingga dada.

Sensasi gatal parah ini bisa sangat tidak nyaman. Obat gatal berupa krim tidak bisa meredakan gatal ini sehingga perlu dikonsultasikan ke dokter.

5. Mulut rasa logam

Penderita gangguan ginjal juga dapat mengalami uremia. Pada kondisi ini, partikel limbah menumpuk berlebihan di dalam tubuh dan menyebabkan timbulnya sensasi logam pada mulut.

Kemampuan untuk megecap tentu akan berbeda. Sejumlah penderita penyakit ginjal melaporkan mereka tidak lagi bisa mengonsumsi beberapa makanan favorit, seperti daging, atau roti karena rasa aneh di mulut.

Akibatnya, penderita kehilangan selera makan dan membuat tubuhnya kekurangan vitamin dan mineral. Maka tak heran jika penderita gagal ginjal kerap merasa mudah lelah dan lemas.

Baca juga: Penyebab Mulut Terasa Pahit dan Cara Mengatasinya

6. Mual muntah

Mual muntah menjadi ciri ciri gagal ginjal yang hampir selalu ada. Ketika pasien mulai mengalami kulit gatal, maka biasanya akan diiringi dengan mual konstan dan muntah selama beberapa hari. Hal ini diperparah dengan sensasi pahit di mulut ketika makan. 

7. Napas tidak lega

Napas tak lega yang menjadi gejala gagal ginjal dapat diartikan sebagai napas pendek atau sesak napas. Jika ini terjadi ketika seseorang sedang tidak beraktivitas berat, maka patut dicurigai bahwa itu pertanda gangguan ginjal.

Hal ini bisa terjadi akibat perjalanan cairan ke paru-paru dan tubuh yang kekurangan sel darah merah karena menurunnya fungsi ginjal.

8. Gangguan memori

Mudah lupa karena faktor usia tidaklah sama dengan gejala gagal ginjal. Gangguan memori akibat gagal ginjal terjadi karena kurangnya konsentrasi yang diikuti oleh pusing.

Hal ini disebabkan oleh adanya peningkatan kadar racun dalam darah karena kerusakan ginjal. Namun, tidak semua gangguan memori lantas langsung dikaitkan dengan masalah ginjal, ya. Diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter untuk memastikannya.

9. Kedinginan dan menggigil

Ketika suhu udara tidak dingin namun merasa kedinginan bahkan menggigil, maka kita patut curiga adanya masalah dalam tubuh. Memang ada banyak penyebabnya, tapi hal ini juga bisa menjadi salah satu pertanda penyakit gagal ginjal.

Badan yang menggigil saat ginjal bermasalah bisa terjadi akibat anemia atau kekurangan sel-sel darah merah. Untuk mengatasinya, cobalah perbanyak asupan zat besi, minum lebih banyak air, dan tentu saja menjalankan perawatan ginjal yang disarankan dokter.

10. Nyeri pinggang

Flank area adalah daerah pinggang kanan dan kiri bertepatan dengan perut bagian atas sampai tengah di sisi pinggir kanan dan kiri. Lokasi ini bertepatan dengan keberadaan ginjal. Ketika ada nyeri di area ini, maka patut dicurigai adanya gejala gangguan ginjal berat.

Memang rasa sakit di pinggang tidak selalu disebabkan oleh masalah ginjal. Oleh sebab itu, perhatikan juga apakah pola kemih telah berubah drastis atau adakah darah dalam urin. Jika demikian, kita patut curiga dan segera memeriksakan diri ke dokter guna memastikan penyebabnya.

Baca juga: Penyebab Sakit Pinggang

Ciri ciri gagal ginjal di atas bukanlah daftar lengkap. Maka itu, perhatikan kondisi tubuh Anda terutama ketika ada perubahan yang tak biasa. Jika dirasa mengkhawatirkan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah itu gejala gagal ginjal atau bukan.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Kidney Failure: Causes, Types, and Symptoms. Healthline. (https://www.healthline.com/health/kidney-failure)
Kidney failure: Types, symptoms, causes, and treatment. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/327300.php)
Chronic Kidney Disease Symptoms & Warning Signs. WebMD. (https://www.webmd.com/a-to-z-guides/understanding-kidney-disease-symptoms)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app