Kesehatan Mulut dan Gigi

Penyebab Mulut Terasa Pahit dan Cara Mengatasinya

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Tinjau pada Mei 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Penyebab Mulut Terasa Pahit dan Cara Mengatasinya

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Orang yang sedang sakit biasanya tidak nafsu makan karena mulutnya terasa pahit. Asupan makanan yang berkurang menyebabkan proses penyembuhan jadi lebih lama.
  • Berbagai masalah pada gigi dan mulut dapat memicu mulut terasa pahit, contohnya penyakit gusi, gigi berlubang, dan kebersihan gigi yang buruk. Maka dari itu segera periksakan gigi di sini.
  • Wanita yang sedang haid atau hamil rentan mengalami mulut pahit akibat perubahan kadar estrogen dalam tubuh.
  • Orang dengan penyakit tertentu, seperti penyakit kuning (hati atau liver), diabetes, kanker atau kerusakan ginjal, lebih rentan untuk mengalami mulut terasa pahit.
  • Selalu jaga kebersihan gigi dan mulut agar terhindar dari mulut pahit. Seimbangkan dengan perbanyak minum air putih, mengatur pola makan, dan berhenti merokok.
  • Punya pertanyaan seputar masalah mulut terasa pahit dan penyebabnya? Tanyakan pada dokter kami lewat aplikasi Honestdocs. Download gratis di sini!

Lidah merupakan organ dengan ribuan neuron sensorik yang bertugas untuk mengecap atau mengenali rasa. Ketika mulut terasa pahit, berarti saraf-saraf pengecap tersebut sedang tidak berfungsi optimal. Orang yang sedang sakit biasanya tidak nafsu makan karena mulutnya terasa pahit. Hal ini mengakibatkan asupan makanan jadi berkurang dan proses penyembuhan jadi lebih lama. Apa saja yang menyebabkan mulut terasa pahit dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Penyebab mulut terasa pahit

Berikut berbagai penyebab mulut terasa pahit yang mungkin Anda alami:

Iklan dari HonestDocs
Beli MASKER N95 3M 8210 via HonestDocs

Gunakan masker ini untuk kegiatan sehari-hari pada waktu kepekatan polusi udara meningkat. Selain itu, masker ini dapat digunakan oleh pekerja konstruksi dan juga petugas kesehatan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

1. Kondisi gigi dan mulut

Mulut yang tiba-tiba terasa pahit bisa jadi pertanda bahwa Anda sedang mengalami infeksi mulut. Kondisi ini bisa disebabkan oleh penyakit gusi (abses atau radang gusi) atau gigi yang berlubang. Sensitif terhadap tambalan gigi juga dapat menyebabkan mulut terasa pahit.

Munculnya rasa pahit di mulut juga dipengaruhi oleh kebersihan gigi dan mulut. Bila Anda tidak menyikat gigi secara teratur, bakteri dan kuman akan terakumulasi di mulut dan menyebabkan mulut pahit.

2. Penyakit asam lambung

Mulut terasa pahit juga dapat disebabkan naiknya asam lambung yang merupakan gejala penyakit refluks asam lambung (Gastroesophageal Reflux Disease/GERD). Penyebab penyakit refluks asam lambung yang paling utama adalah makan berlebihan, mengonsumsi makanan asam, pedas dan berlemak, terlambat makan, dan faktor stres.

Selain mulut yang terasa pahit, gejala lain dari penyakit refluks asam lambung ini antara lain nyeri perut, dada terasa panas (seperti terbakar), bau mulut, sakit kepala, kembung, sering sendawa, mual dan sakit tenggorokan.

3. Obat-obatan

Obat-obatan tertentu memiliki efek samping yang menyebabkan mulut terasa pahit. Beberapa jenis obat yang menyebabkan rasa pahit di mulut antara lain:

  • Antibiotik seperti clarithromysin
  • Obat Jantung dan tekanan darah seperti propafenone HCL
  • Obat anti kanker seperti carboplatin
  • Obat tiroid seperti propylthioracil
  • Obat arthritis seperti natrium thiomalate
  • Obat diabetes seperti metformin
  • Obat mulas seperti dexlansoprazole
  • Obat osteoporosis seperti suplemen vitamin D
  • Obat tidur seperti eszopiclone
  • Obat glaukoma seperti methazolamide

4. Ketidakseimbangan hormon

Ketidakseimbangan hormon seperti perubahan kadar estrogen saat wanita sedang menstruasi atau hamil, dapat menyebabkan mulut terasa pahit.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Imboost merupakan suplemen yang digunakan untuk terapi suportif agar daya tahan tubuh meningkat dan memulihkan kondisi setelah sakit. Imboost mengandung Echinaceae dan Zinc Picolinate.

Imboost force tablet 4

5. Inhalasi atau menghirup zat

Para perokok kerap mengeluh mulutnya terasa asam hingga pahit sampai mempengaruhi selera makan mereka. Selain rokok, paparan bahan kimia lain seperti bensin, debu karet, dan benzene yang dihirup dari waktu ke waktu juga dapat memicu rasa pahit di mulut.

Baca Juga: Penyebab Mulut Pahit dan Asam Setelah Berhenti Merokok

6. Penyakit atau kondisi medis

Orang dengan penyakit tertentu, seperti penyakit kuning (hati atau liver), diabetes, kanker atau kerusakan ginjal, lebih rentan untuk mengalami mulut terasa pahit.

7. Kekurangan Zinc dan Vitamin B12

Kekurangan zinc dan vitamin B12 harian dapat memicu bau tak sedap pada mulut. 

Cara mengatasi mulut terasa pahit

Iklan dari HonestDocs
Beli MASKER N95 3M 8210 via HonestDocs

Gunakan masker ini untuk kegiatan sehari-hari pada waktu kepekatan polusi udara meningkat. Selain itu, masker ini dapat digunakan oleh pekerja konstruksi dan juga petugas kesehatan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Sebelum mencari cara untuk mengatasi mulut pahit, Anda harus pastikan dulu penyebabnya. Konsultasikan juga ke dokter bila Anda mencurigai adanya masalah pada kesehatan Anda sehingga menyebabkan mulut terasa pahit. 

Terdapat beberapa langkah sederhana yang dapat membantu Anda mengatasi rasa pahit di mulut, di antaranya:

  • Sikat gigi Anda dua kali sehariLalu dilanjutkan dengan berkumur menggunakan mouth washFlossing atau membersihkan gigi dengan benang gigi (dental floss) secara teratur juga penting dilakukan untuk mencegah menumpuknya kuman dan bakteri di gigi.
  • Menyikat gigi dengan campuran baking soda dan garam. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan plak pada gigi dan mencegah infeksi gigi.
  • Makan buah jeruk atau minum jus jeruk/lemon. Kandungan di buah jeruk atau lemon dapat meningkatkan produksi air liur. Hal ini akan membantu membilas gigi dan mulut agar rasa pahit di mulut hilang. 
  • Mengatur waktu makan dengan baik. Makanlah tepat waktu dan sebaiknya gunakan prinsip 'makan sedikit tapi sering'. Hindari makanan pedas dan gorengan supaya asam lambung tidak mudah naik. 
  • Berhenti merokok.
  • Banyak minum air putih.
  • Hentikan penggunaan obat-obatan yang memiliki efek samping mulut terasa pahit. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk memilih obat yang tidak menyebabkan munculnya rasa pahit di mulut.

Baca Juga: Mulut Terasa Pahit Saat Puasa? 6 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Mulut terasa pahit sebenarnya tidak tergolong kondisi yang serius. Namun, bukan berarti kondisi ini dapat disepelekan begitu saja. Jaga kebersihan gigi dan mulut Anda agar terhindar dari bakteri maupun kuman penyebab bau mulut. Apabila keluhan terus berlanjut, segera konsultasikan dengan dokter Anda.

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Melissa Conrad Stöppler, MD, Bitter Taste in the Mouth (https://www.medicinenet.com/bad_taste_in_the_mouth/symptoms.htm).
Sharon Gillson, Bitter Taste in the Mouth (https://www.verywellhealth.com/what-causes-sour-taste-in-the-mouth-1742994), 29 August 2019.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app