Doctor men
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA
Pengobatan

3 Obat Gatal Kulit Paling Ampuh

Update terakhir: OCT 16, 2019 Tinjau pada OCT 16, 2019 Waktu baca: 5 menit
Telah dibaca 1.467.027 orang

3 Obat Gatal Kulit Paling Ampuh

Ketika seseorang mengalami gatal, pasti timbul perasaan tidak nyaman yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari bahkan tidak bisa tidur karena gatal. Penyebab gatal pada kulit dapat disebabkan oleh beberapa hal, baik gangguan ringan maupun serius.

Gatal akibat gangguan ringan dapat disebabkan oleh kulit kering, eksim, psoriasis, dermatitis, paparan sinar matahari, reaksi alergi, infeksi ataupun karena gigitan nyamuk atau serangga. Tetapi rasa gatal yang timbul pada kulit hanya berlangsung sementara dan tidak parah.

Penyebab gatal atau pruritus juga dapat terjadi karena penyakit serius, seperti gangguan pada fungsi hati yang dapat menyebabkan peningkatan kadar bilirubin darah yang menyebar ke kulit sehingga kulit berwarna kuning dan menimbulkan gatal. Penyebab lain gatal pada kulit akibat penyakit kronis antara lain diabetes, anemia, gangguan tiroid, leukimia, atau limfoma.

Penyebab penyakit kulit terbagi menjadi dua jenis, lokal dan sistemik. Penyebab lokal hanya menimbulkan gatal pada kulit di sekitar lokasi gigitan, sementara penyebab sistemik dapat menimbulkan gatal pada kulit di seluruh tubuh.

Oleh karena itu, banyak orang yang ingin tahu bagaimana cara menghilangkan gatal dan mencari obat gatal yang ampuh. Obat gatal tersebut ada yang dijual bebas di pasaran, termasuk obat yang ada di apotek maupun obat gatal alami (herbal). Obat gatal akan bekerja efektif apabila disesuaikan dengan penyebab gatal itu sendiri. Setelah penyebabnya teridentifikasi, maka Anda dapat memilih obat gatal yang tepat dengan kondisi Anda.

Beberapa obat gatal kulit yang ada di apotek

1. Krim Kortikosteroid

Pemakaian obat gatal yang satu ini adalah dengan mengoleskan krim kortikosteroid pada kulit. Krim kortikosteroid berfungsi sebagai obat anti peradangan dan anti alergi sehingga dapat menghilangkan gatal terutama jika bagian gatal berwarna kemerahan. Krim obat gatal ini dapat memberikan efek dingin pada kulit sehingga mampu mengurangi gatal.

Oleskan krim kortikosteroid pada kulit yang teriritasi sebanyak 3-4 kali sehari dan penggunaan obat gatal ini sebaiknya tetap mengikuti petunjuk dokter. Selain itu, ada beberapa kasus gatal pada kulit tertentu tidak boleh menggunakan obat ini, seperti kulit gatal akibat jamur contohnya panu karena dapat membuat gatal menjadi semakin parah. Baca juga: Obat Panu Paling Manjur

2. Kortikosteroid pil

Obat gatal kortikosteroid pil yang diminum memiliki prinsip kerja yang sama dengan krim kortikosteroid, yakni sebagai antiradang dan antialergi. Perbedaan penggunaan antara kortikosteroid oral dan krim bergantung pada luas tidaknya gatal pada kulit yang teriritasi. 

Jika kulit gatal hampir di seluruh tubuh akibat alergi makanan maka kortikosteroid oral dapat menjadi pilihan. Penggunaan kortikosteroid jangka panjang sangat tidak disarankan, terutama tanpa pengawasan dokter.

3. Antihistamin

Obat gatal antihistamin adalah obat minum yang dapat berfungsi untuk mengurangi produksi histamin pada kulit yang dapat mengurangi rasa gatal pada tubuh. Salah satu contoh obat gatal antihistamin yang populer di masyarakat yakni CTM. Obat gatal antihistamin tergolong efektif untuk menghilangkan gatal tetapi hanya boleh diminum seperlunya saja, dengan frekuensi minum 3-4 kali sehari, masing-masing 4 mg.

Beberapa obat antihistamin dapat menyebabkan kantuk sehingga disarankan untuk dikonsumsi pada malam hari. Tetapi beberapa orang menyalahgunakannya sebagai obat tidur. Selain CTM, obat antihistamin lainnya yang mampu mengurangi rasa gatal dengan  efek samping mengantuk minimal adalah loratadine,desloratadine dan cetirizine. Kombinasi antihistamin oral dan kortikosteroid merupakan kombinasi yang cukup ampuh untuk menghilangkan gatal.

4. Obat Antidepresan

Obat antidepresan seperti sertraline atau fluoxetine termasuk dalam golongan Selective Serotonine Reuptake Inhibitor (SSRI) yang dapat membantu mengurangi berbagai jenis gatal pada kulit.

Obat antidepresan mendorong pelepasan serotonin  di otak dan medulla spinalis yang dapat menekan reseptor gatal pada tubuh. Penggunaan obat antidepresan harus di bawah pengawasan dokter karena umumnya digunakan untuk mengobati gangguan psikologis seperti depresi.

Beberapa obat gatal alami (tradisional)

1. Lidah buaya

Lidah buaya dalam bentuk gel dapat langsung dioleskan pada kulit yang iritasi atau gatal yang disebabkan akibat kulit kering. Karena lidah buaya mengandung air yang sangat tinggi sehingga dapat membantu menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit.

Selain itu lidah buaya yang memiliki sifat antiradang dapat membantu merangsang pertumbuhan sel sehingga kulit yang iritasi dapat lebih cepat sembuh, mengurangi kemerahan, radang, dan nyeri yang berhubungan dengan iritasi kulit.

2. Cuka apel

Iritasi kulit akibat reaksi alergi dapat menimbulkan gatal, tetapi Anda dapat menggunakan kompres rendaman cuka apel dalam mengatasi gatal pada kulit atau menambahkan sekitar dua cangkir cuka apel ke air mandi lalu berendam selama 15-30 menit. Cuka apel memiliki kandungan antiseptik dan antifungi yang dapat meredakan infeksi kulit serta mengurangi kulit kering.

3. Minyak kelapa

Jika Anda memiliki masalah kulit seperti kulit gatal, jerawat, psoriasis, dan eksim, Anda dapat menggunakan olahan minyak kelapa. Karena minyak kelapa mengandung protein yang dapat membantu meregenerasi sel-sel kulit dan membantu memperbaiki kulit yang rusak, serta mencegah iritasi kulit. Minyak kelapa juga dapat digunakan sebagai kandungan pelembap kulit terutama untuk kulit kering

4. Daun mint (peppermint)

Daun mint (peppermint) mengandung mentol dengan sifat anestetik dan antiinflamasi yang menghasilkan rasa dingin dan menyegarkan. Selain berupa daun, minyak esensial peppermint juga dapat mengatasi kulit gatal dan iritasi kemerahan akibat gigitan serangga atau tanaman beracun.

Obat gatal tradisional ini dapat dioleskan secara langsung pada kulit dengan memasukkan daun mint kering ke dalam gelas air mendidih yang ditutup dan didiamkan hingga dingin lalu dioleskan pada kulit dengan kain yang dicelupkan.

5. Baking soda

Salah satu obat gatal yang ampuh dalam mengatasi ruam gatal pada kulit adalah mencampurkan baking soda ke dalam wadah air mandi dan berendam dengan baking soda selama 30 menit. Anda juga dapat mengompres baking soda pada kulit yang gatal dengan handuk bersih.

6. Oatmeal

Oatmeal memiliki sifat humektan yang membantu melembapkan kulit dan memiliki kandungan avenanthramide yang bekerja mengurangi peradangan serta kemerahan pada kulit. Oatmeal juga dipercaya dapat mengatasi eksim dan psoriasi. Dua cangkir oatmeal dapat dicampurkan ke dalam air mandi untuk memperbaiki iritasi kulit.

Cara lain mengatasi gatal pada kulit

Apabila penggunaan obat di atas kurang memberikan hasil, mungkin Anda memerlukan terapi jangka pendek yang dapat dirasakan manfaatnya, setidaknya dapat membuat Anda merasa nyaman untuk beberapa waktu. Beberapa alternatif lainnya adalah obat oles atau topikal, seperti krim, salep gatal, lotion, ataupun bedak yang mengadung mentol, kamper atau calamine.

Selain menggunakan obat gatal, Anda juga dapat mencoba terapi cahaya (fototerapi) yang dapat membantu mengatasi gatal-gatal di seluruh badan. Pada terapi cahaya, kulit Anda akan disinari dengan sinar ultraviolet pada panjang gelombang tertentu yang dapat membantu meredakan gatal. Namun, terapi cahaya relatif mahal dan dapat menyebabkan ruam kemerahan, rasa panas, ataupun rasa terbakar pada kulit.

Untuk meredakan gatal pada tubuh, perhatikan bahan pakaian yang Anda kenakan agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit, gunakan pelembap kulit, dan hindari ruangan yang terlalu panas. Jika Anda mengalami gatal, sebisa mungkin tidak menggaruk secara berlebihan apalagi menggunakan kuku yang panjang. Garukkan akan membuat kulit menjadi lecet akibatnya dapat memperparah kondisi kulit bahkan bisa menimbulkan infeksi.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit