HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Yogurt Untuk Atasi Keluhan Maag

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 2 menit
Yogurt Untuk Atasi Keluhan Maag

Maag merupakan gangguan pada sistem pencernaan yang paling umum dan banyak ditemui di masyarakat luas. Maag dapat bersifat kronis atau akut, tergantung dari kondisi maag dan berapa lama maag itu terjadi. 

Maag akut umumnya terjadi akibat adanya pembengkakan yang terjadi pada selaput dinding lambung yang diakibatkan oleh adanya virus dan bakteri yang hidup dan menggerogoti bakteri baik dalam lambung dan usus. Keluhan yang dirasakan saat maag biasanya adalah nyeri di ulu hati, yang bahkan dapat mengakibatkan kehilangan kesadaran bila tidak kuat menahan rasa sakitnya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Sebagian besar masyarakat Indonesia sudah semakin sadar akan pentingnya kesehatan pencernaan, dan ikut serta dalam penetapan tanggal 29 Mei sebagai World Disgestive Health Day dan National Yogurt Day, sebagai national yogurt yang pertama di Indonesia. Bila Anda tidak ingin menderita karena maag, jagalah kesehatan pencernaan Anda. Salah satu cara yang tepat untuk menjaga kesehatan pencernaan adalah dengan mengonsumsi yogurt secara rutin. 

Yogurt Untuk Atasi Keluhan Maag

Yogurt dengan maag, bukankah mengonsumsi yogurt yang memiliki rasa asam akan berdampak kurang baik bagi maag? Anda salah. Justru yogurt bisa meminimalisir munculnya maag. Bakteri baik yang ada di dalam lambung manusia, sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu mencerna makanan secara maksimal dan memberikan perlindungan melawan kuman. Dan bakteri baik ini  hanya akan terus ada jika Anda rutin mengonsumsi makanan yang baik dan menyehatkan, seperti yogurt. 

Mengonsumsi yogurt yang terbuat dari susu fermentasi dengan kualitas tinggi dan rasa asam yang pas, akan membantu mengembalikan system keseimbangan alami dalam pencernaan Anda, dengan menghalau bakteri-bakteri yang tidak sehat dari dalam pencernaan. Pasalnya, jenis bakteri baik dalam pencernaan adalah jenis bakteri yang sama dengan yang digunakan untuk membuat yogurt. 

Jadi, bakteri-bakteri baik dalam pencernaan kita yang telah mati karena gaya hidup yang tidak sehat dapat digantikan secara efektif dengan mengonsumsi yogurt secara rutin. Bakteri ini pun akan bertindak sebagai antibiotik alami dan memberikan kekuatan anti radang pada pencernaan. 

Bagi pemilik masalah pencernaan seperti maag, bakteri baik dalam yogurt akan membantu melindungi dinding pencernaan dari H. pylori bacterium, sejenis bakteri penyebab terjadinya maag dan yang menyebabkan terjadinya gastritis

Bakteri tertentu yang dapat ditemukan dalam beberapa jenis yogurt seperti L. acidophilus dan L. gasseri, dapat melawan H. pylori penyebab infeksi dan menghancurkan bakteri penyebab gastritis. Efek samping dari konsumsi antibiotik rutin akibat maag yang Anda derita juga dapat dikontrol dan diredakan oleh yogurt.

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Masalah pencernaan berupa maag, terutama maag akut, terkadang tidak akan berhenti sampai di situ saja dan dapat berkembang hingga menyebabkan kondisi pencernaan lainnya, seperti radang usus, radang pencernaan atau inflammatory bowel disease (IBD), hingga kemungkinan terjadinya kanker usus

Dalam kasus radang usus, konsumsi antibiotic secara terus-menerus akibat adanya maag, dapat membunuh bakteri acidophilus yang baik bagi usus Anda, sehingga usus pun meradang dengan kelebihan gas, mudah mengalami diare bahkan wasir. Dengan mengonsumsi yogurt yang mengandung kultur aktif bakteri acidophilus, hal ini dapat diatasi.

Agar bisa menjaga pencernaan Anda secara maksimal, selalu pilihlah yogurt berkualitas tinggi. Telitilah dalam memilih yogurt, dengan selalu membaca nutrition facts-nya untuk mengetahui kandungan yang ada di dalam yogurt. 

Pilih yogurt  yang memiliki kadar kalsium yang tinggi, rendah kadar lemak dan gulanya, serta mengandung probiotik dan serat untuk menyehatkan pencernaan. Selain memilih yogurt yang berkualitas, pilih juga yang tidak terlalu asam sehingga aman untuk asam lambung. Yuk, konsumsi yogurt berkualitas baik dengan rasa asam yang pas, secara rutin untuk kesehatan pencernaan Anda dan membebaskan Anda dari maag.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Chronic gastritis: Causes, symptoms, and treatments. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/321988.php)
Gastritis: Causes, Diagnosis, and Treatment. Healthline. (https://www.healthline.com/health/gastritis)
Gastritis: Symptoms, Causes, Treatments, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/digestive-disorders/digestive-diseases-gastritis)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app