HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Ingin Terhindar dari Penyakit Maag atau Gastritis? Kenali Cara Pencegahannya!

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2021 Waktu baca: 2 menit
Ingin Terhindar dari Penyakit Maag atau Gastritis? Kenali Cara Pencegahannya!

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Sakit radang maag atau gastritis adalah penyakit yang terjadi saat lambung mengalami perubahan fungsi maupun peradangan;
  • Pola hidup tidak teratur, termasuk stres dan gangguan kecemasan berlebihan serta pola makan yang buruk juga bisa memperparah gastritis;
  • Tes pemeriksaan penunjang yang paling umum dilakukan untuk mendeteksi ada tidaknya kelainan lambung atau maag adalah dengan metode endoscopy;
  • Cara membantu mencegah gastritis adalah dengan atur pola makan serta memperhatikan asupan makanan, tidak stress, dan rajin olahraga;
  • Klik untuk membeli obat lambung secara online yang dikirim ke rumah Anda melalui HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Apa itu gastritis?

Penyakit gastritis atau radang lambung yang juga dikenal dengan sakit radang maag memang cukup banyak dialami. Meski dirasa sepele, penyakit ini tetap menjadi masalah bagi penderitanya. Tanpa pemeriksaan dan pengobatan yang tepat, sakit peradangan atau maag ini justru dapat berkembang menjadi kanker lambung.

Sakit radang maag atau gastritis adalah penyakit yang terjadi saat lambung mengalami perubahan fungsi maupun peradangan. Penyakit gastritis adalah gangguan sistem pencernaan yang disebabkan oleh 2 faktor, yaitu infeksi dan non infeksi, yang tepatnya terjadi di lambung.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Faktor infeksi penyebab maag umumnya disebabkan oleh bakteri, virus, jamur dan protozoa, terutama Helicobacter Pylori. Sedangkan untuk faktor non infeksi, penyakit maag dapat disebabkan oleh masuknya zat asing ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang dapat menyebabkan peradangan pada lambung.

Mengapa bisa terjadi gastritis?

Setiap orang dapat terinfeksi bakteri Helicobacter Pylori. Saat sedang tidak fit atau daya tahan tubuh lemah, bakteri tersebut akan berkembang dan memberikan efek negatif bagi tubuh. Penularan bakteri itu bisa terjadi antar satu orang ke orang lain melalui makanan atau kontak langsung dengan penderita. Oleh karena itu, penderita maag atau gastritis yang disebabkan bakteri ini biasanya akan mengalami sakit yang berkepanjangan (gastritis kronis). 

Faktor yang dapat memperparah terjadinya gastritis adalah pola hidup tidak teratur, termasuk stres dan gangguan kecemasan berlebihan serta pola makan yang buruk. Gejala gastritis dapat bersifat ringan hingga berat. Penderita gastritis ringan atau dispepsia biasanya akan mengalami gejala berupa nyeri perut, perut kembung, mual dan muntah, cepat kenyang, dan sendawa berlebih. 

Baca juga: 9 Gejala Sakit Maag Yang Perlu Diketahui

Guna mengetahui penyebab penyakit maag biasanya pasien akan diminta untuk menjelaskan seputar gejala yang dialami serta mungkin dilakukan tes pemeriksaan penunjang. 

Pemeriksaan gastritis atau maag

Tes pemeriksaan penunjang yang paling umum dilakukan untuk mendeteksi ada tidaknya kelainan lambung atau maag adalah dengan metode endoscopy atau gastroscopy. Pemeriksaan ini dapat melihat langsung kelainan lambung yang ada, termasuk adanya infeksi Helicobacter Pylori, perdarahan, luka maupun tumor atau keganasan lambung.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Pemeriksaan endoscopy perlu dilakukan jika penyakit maag sering mengalami kekambuhan atau kurang dapat diatasi dengan metode pengobatan umum. 

Adanya riwayat perdarahan pada lambung, memiliki kondisi yang dicurigai terdapat keganasan pada lambung, serta evaluasi lambung pada usia lanjut bisa juga menjadi alasan pentingnya metode endoscopy harus dilakukan.

Pemberian obat antasida, sukralfat, H2 reseptor antagonis, dan PPI merupakan jenis obat umum yang biasa digunakan untuk mengatasi keluhan dan menyembuhkan sakit maag. Sedangkan penyakit maag yang disebabkan infeksi Helicobacter Pylori dapat disembuhkan dengan kombinasi obat antibiotik. 

Baca juga: 5 Macam Obat Maag Penurun Asam Lambung yang Umum Digunakan

Cegah gastritis dengan lakukan hal berikut

Meski dapat disembuhkan dan diatasi, sakit maag atau gastritis perlu dihindari. Ada baiknya untuk melakukan sejumlah langkah pencegahan, seperti:

  • Melakukan olahraga rutin
  • Menghindari stres
  • Memilih makanan sehat dan bergizi
  • Minum air putih serta makanan berserat
  • Batasi makanan pedas, asam, cokelat
  • Tidak merokok, minum alkohol, serta kopi dan teh
  • Atur pola makan sehat dengan porsi sedikit tetapi padat kalori

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Gastritis: Causes, Diagnosis, and Treatment. Healthline. (https://www.healthline.com/health/gastritis)
Home remedies for gastritis: 8 best natural treatments. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/321138.php)
Gastritis: Symptoms, Causes, Treatments, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/digestive-disorders/digestive-diseases-gastritis)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app