Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Musim Hujan

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Musim Hujan

Saat ini sudah memasuki musim penghujan dan cuaca yang terkadang kurang bersahabat. Biasanya di bulan-bulan ini orang menjadi rawan sakit. Untuk itu diperlukan pengaturan makanan yang sehat dan tepat agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah terinfeksi penyakit.

Makanan dan minuman yang Harus Dihindari Saat Musim Hujan

Cukupi kebutuhan nutrisi dari sayur dan buah serta tambahan vitamin untuk menghalau flu dan demam yang rawan terjadi di peralihan musim. Menjalani pola hidup sehat sebenarnya disarankan untuk selalu dilakukan setiap saat apalagi di musim penghujan. Beberapa jenis makanan yang sebaiknya dikurangi asupannya antara lain:

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

1. Hindari mengonsumsi bagian daun pada sayur

Meski sayuran berdaun sudah tidak diragukan lagi kandungan nutrisinya bagi kesehatan, namun di musim hujan sebaiknya sayuran dengan dedaunan lebat dihindari terlebih dahulu karena lembapnya udara dapat membuat kuman berkumpul pada bagian daunnya, apalagi mengonsumsi daun mentah. Karena hal ini dapat meningkatkan risiko diare akibat makanan yang kotor. 

Oleh karena itu, untuk sementara waktu selama musim hujan sebaiknya hindarilah konsumsi bayam, kubis, dan kembang kol. Selalu cuci terlebih dahulu sayuran yang akan diolah sebelum dikonsumsi dan ada baiknya untuk tidak langsung makan daun mentah tanpa olahan.

Baca juga: 9 Langkah Mencuci Buah dan Sayur agar Bebas Pestisida

2. Membeli jus segar dan buah dari pedagang di pinggir jalan

Meski segar dan alami, namun buah-buahan yang ditata untuk dijual di pinggir jalan mungkin sudah terpapar udara yang kotor sehingga bisa jadi sudah terkontaminasi oleh air hujan. Jika ingin mengonsumsi buah dan jus buah, ada baiknya untuk mempersiapkan sendiri jus buah di rumah.

3. Makanan laut (seafood)

Makanan laut (seafood) sebaiknya dihindari sepanjang musim hujan karena ikan dan udang yang kurang matang dapat menyebabkan tubuh mudah terkontaminasi bakteri dan kuman. Pilihlah daging ayam sebagai gantinya. Jika ingin tetap mengonsumsi makanan laut, usahakan cari yang masih segar dan sudah dimasak hingga benar-benar matang.

4. Gorengan

Tingginya kelembapan udara membuat proses pencernaan dalam tubuh juga terpengaruh dan menjadi lebih lambat. Alhasil, mengonsumsi terlalu banyak gorengan dapat menyebabkan timbulnya komplikasi seperti perut kembung dan ketidaknyamanan pada saluran pencernaan. Gorengan juga biasanya memiliki rasa yang asin sehingga kandungan garam dalam tubuh dapat menyebabkan berkurangnya cairan tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

5. Minuman bersoda

Minuman bersoda terbukti mengurangi kadar mineral dalam tubuh sehingga menyebabkan berkurangnya aktivitas enzim dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan sistem pencernaan menjadi semakin melemah dan memunculkan risiko diare. Sehingga sebaiknya dihindari selama musim penghujan dan ada baiknya untuk menggantinya dengan minum air putih. Selain minuman bersoda, kurangi juga konsumsi produk-produk berbahan baku susu yang dapat membuat pencernaan tertekan.

Baca juga: Manfaat Minum Air Putih dan Jumlah yang Disarankan

Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Hujan

Untuk mempersiapkan diri dan menjaga kesehatan tubuh selama musim penghujan, berikut tips-tips yang sebaiknya dilakukan:

  • Usahakan untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah kecil tapi sering dibandingkan dengan makanan yang terlalu berat
  • Tetap berolahraga atau melakukan aktivitas fisik secara teratur agar tubuh tetap berkeringat untuk mengeluarkan racun
  • Penuhi kebutuhan tidur yang cukup untuk membantu menjaga sistem imun tubuh
  • Minum air putih yang lebih banyak agar kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi
  • Segera berobat jika mengalami demam atau gejala penyakit tertentu sebelum kondisi bertambah parah

Baca selengkapnya: Tips Agar Tubuh Tetap Sehat di Musim Hujan

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Livestrong. Ways to Keep Your Body Healthy. (livestrong.com/article/349702-ways-to-keep-your-body-healthy/)
NDTV. 5 Foods To Avoid this Monsoon: Eat Healthy, Stay Healthy. (https://food.ndtv.com/food-drinks/eat-healthy-stay-healthy-5-foods-to-avoid-this-monsoon-776424). 9 Juli 2018
Everydayhealth. What to Eat and What to Avoid When You Have Diarrhea. (https://www.everydayhealth.com/digestive-health/diet/what-to-eat-when-you-have-diarrhea/). 1 maret 2018

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app