Tresiba: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Tinjau pada Mei 7, 2019 Waktu baca: 4 menit

Tresiba, yang memiliki nama merek Tresiba FlexTouch, merupakan obat yang mengandung insulin degludec. Obat ini merupakan obat yang menyebabkan hormon insulin bereaksi beberapa saat setelah digunakan. 

Reaksi obat biasanya muncul setelah beberapa jam digunakan dan bekerja bahkan hingga 24 jam. Hormon insulin berfungsi menurunkan kadar glukosa di dalam darah. Obat ini biasanya digunakan oleh penderita diabetes melitus untuk mengontrol kadar gula di dalam darah. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Obat ini dapat digunakan baik oleh penderita diabetes melitus tipe satu maupun tipe 2. Tresiba FlexTouch berbentuk pena isi ulang sekali pakai. Tresiba tersedia dalam ukuran U-100 dan U-200. U-100 berisi 100 unit/ml dan terdiri dari 300 unit insulin. U-200 berisi 200ml/unit dan terdiri dari 600 unit insulin. 

Jika kamu memiliki hipoglikemi sebaiknya tidak menggunakan obat ini. Hipoglikemi adalah kondisi dimana seseorang memiliki kadar gula yang rendah di dalam darah.

Mengenai Tresiba

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Suntik

Kandungan:

Insulin

Cara penggunaan obat Tresiba

Tresiba diinjeksikan ke bawah kulit sekali sehari. Ahli kesehatan akan mengajari Anda bagaimana cara menggunakan tresiba dengan benar. Mereka akan menunjukkan dimana tresiba diinjeksikan. Sebaiknya tidak menyuntikkan tresiba pada satu titik yang sama dua kali berturut-turut. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Pada pena injeksi terdapat penghitung dosis yang menunjukkan dosis per unit. Jangan mengkonversi dosis yang sudah ada. Pena injeksi selalu tersedia setiap pembelian tresiba FlexTouch. 

Jadi selalu gunakan pena injeksi tersebut, tidak memindahkan ke suntikan lain dan tidak mencampur dengan insulin lain. Selalu gunakan jarum suntik baru setiap akan digunakan. Jangan pernah gunakan pena injeksi bersama dengan orang lain meskipun jarum suntik sudah diganti. 

Hal ini beresiko pada penyebaran infeksi atau penyakit. Kadar gula dalam darah dipengaruhi oleh stres, sakit, operasi, latihan, melewatkan makan dan penggunaan alkohol. Jika kamu merasa perlu perubahan dosis, diskusikan dahulu dengan dokter.

Penderita hipoglikemi biasanya juga menderita diabetes. Beberapa gejalanya yaitu pusing, lapar, berkeringat, mual, detak jantung lebih cepat dan merasa mudah panik. 

Penanganan darurat pada kondisi ini adalah dengan konsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula seperti permen, jus buah, keripik atau kismis. Jika hipoglikemi kamu sudah parah dan kamu tidak bisa makan atau minum, dokter akan meresepkan injeksi darurat berisi glukagon. 

Pastikan keluarga dan orang terdekat kamu mengetahui cara menyuntikkan obat tersebut di saat darurat. Selain itu perlu kamu ketahui gejala yang muncul jika kadar gula dalam darah bertambah yaitu mudah haus, sering buang air kecil, pandangan kabur dan mudah lelah.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Perlu diketahui bahwa tresiba merupakan pelengkap dari pengobatan. Beberapa hal utamanya adalah pola makan, olahraga, mengatur berat badan, tes gula darah secara rutin dan perawatan khusus diabetes. 

Untuk keperluan darurat gunakan atau bawa kartu penunjuk bahwa kamu menderita diabetes agar orang lain tahu. Ikuti petunjuk dokter dengan benar.

Cara menyimpan obat yang belum dibuka adalah meletakkan pada tempat yang sejuk, jauh dari sinar matahari. Jangan simpan di freezer agar tidak beku. Buang obat jika obat beku atau berubah warna. 

Jika disimpan pada suhu ruangan obat ini hanya bertahan selama 8 minggu atau 56 hari. Sama halnya dengan menyimpan obat yang telah dibuka. Jarum suntik hanya digunakan sekali dan letakkan pada tempat pelindungnya sebelum dibuang. Jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Dosis untuk penderita diabetes tipe satu pada awal pengobatan adalah sepertiga atau setengah total kebutuhan insulin harian. Total kebutuhan insulin biasanya 0,2 sampai 0,4 unit tiap kilogram berat badan. 

Sementara dosis untuk penderita diabetes tipe 2 adalah 10 unit sekali sehari. Jika kamu melewatkan jadwal penggunaan insulin, segera gunakan insulin. Beri jeda setidaknya 8 jam dengan penggunaan jadwal selanjutnya. 

Jangan gunakan satu dosis dalam satu waktu. Selalu stok obat ini di tangan sebelum kehabisan. Overdosis pada insulin dapat menyebabkan hipoglikemia, pandangan kabur, pusing, sulit bicara, atau hilang kesadaran.

Dosis Tresiba

Secara umum, injeksi Tresiba diberikan satu kali sehari pada waktu kapan pun bagi pasien diabetes dewasa. Dosis tresiba yang biasanya dianjurkan adalah sebagai berikut:

Untuk diabetes mellitus tipe 1:

  • Dosis awal yang diberikan adalah sepertiga atau setengah dari total kebutuhan insulin satu kali sehari. Secara umum, total dosis harian insulin yang direkomendasikan adalah 0,2-0,4 unit per kilogram berat badan. 
  • Dosis untuk penderita yang sedang dalam terapi insulin, samakan dosis awal Tresiba dengan injeksi insulin subkutan lainnya satu kali sehari. Dosis baru dapat dinaikkan setelah 3 hingga 4 hari injeksi rutin dilakukan dengan konsultasi dokter.

Untuk diabetes mellitus tipe 2:

  • Dosis awal untuk pasien yang belum pernah mendapatkan terapi insulin adalah 10 unit dalam satu kali injeksi sehari.

Efek samping penggunaan Tresiba

Jika kamu mengalami gatal-gatal, mudah lelah, sulit bernafas, mual, diare, bengkak pada wajah, bibir, lidah, tenggorokan kemungkinan kamu alergi dengan tresiba. Segera menuju IGD untuk mendapatkan perawatan intensif. Efek samping yang umum terjadi yaitu kadar gula darah rendah, kenaikan berat badan, gatal-gatal dan penebalan pada daerah injeksi. 

Jika hal berikut terjadi setelah konsumsi obat ini sebaiknya segera memeriksakan ke dokter:

  1. Retensi cairan, kenaikan berat badan dan bengkak pada tangan atau kaki, merasa nafas pendek
  2. Kadar potassium rendah, ditandai dengan kram kaki, konstipasi, detak jantung tidak beraturan, mudah haus dan sering buang air kecil

Selalu gunakan Tresiba sesuai dengan anjuran dokter dan baca petunjuk penggunaan yang berada pada kemasan obat.

Interaksi Obat

Obat tresiba dapat berinteraksi dengan obat-obatan lainnya, meliputi:

Perhatian

Jika kamu alergi, memiliki riwayat hipoglikemi atau menderita diabetes asidosis sebaiknya kamu menghindari penggunaan obat ini. Tresiba FlexTouch hanya dapat digunakan oleh penderita berusia minimal 18 tahun. Sebelum menggunakan obat ini, katakan pada dokter jika Anda memiliki kondisi berikut:

  1. Sakit liver atau ginjal
  2. Kadar potassium yang rendah di dalam darah
  3. Sedang melakukan pengobatan dengan pioglitazone atau rosiglitazone (kadang digunakan bersamaan dengan obat glimepiride atau metformin)
  4. Menggunakan obat oral  diabetes. Penggunaan kedua obat secara bersamaan dapat meningkatkan resiko masalah pada jantung
  5. Jika Anda sedang hamil atau menyusui, tanyakan pada dokter mengenai dosis insulin yang sebaiknya digunakan. Mengatur kadar gula dalam darah di setiap semester merupakan hal penting karena kebutuhan gula berbeda-beda di tiap semester. Begitu juga saat menyusui

14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yahia, Seifeldin & Sahathevan, Abhiram & Stanworth, Roger. (2016). Retrospective review of insulin degludec (Tresiba) started in patients at Royal Derby Hospital. Endocrine Abstracts. 10.1530/endoabs.44.P118.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/310781430_Retrospective_review_of_insulin_degludec_Tresiba_started_in_patients_at_Royal_Derby_Hospital)
Scheen, A.J. & Mathieu, C.. (2019). Basal insulin degludec (Tresiba®). Revue medicale de Liege. 74. 226-232.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/333037658_Basal_insulin_degludec_TresibaR)
Chaplin, Steve & Joseph, Frank. (2013). Insulin degludec (Tresiba): new ultra long‐acting basal insulin. Prescriber. 24. 10.1002/psb.1092.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/263405997_Insulin_degludec_Tresiba_new_ultra_long-acting_basal_insulin)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app