Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN

Pioglitazone

Update terakhir: OCT 13, 2019 Tinjau pada OCT 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.089.697 orang

Apa itu Pioglitazone ?

Pioglitazone adalah obat antidiabetes atau thiazolidinedione atau glitazones yang berbentuk tablet atau kaplet yang memang digunakan untuk mengobati dan mengatasi penyakit diabetes tipe 2.

Selain itu, obat jenis pioglitazone ini juga dapat dikonsumsi bersamaan dengan program diet dan program olahraga yang memang sedang dilakukan para penderita diabetes untuk mengurangi kadar gula darah yang tinggi.

Diabetes tipe 2 yang mampu diobati oleh obat pioglitazone ialah suatu kondisi atau keadaan yang diderita oleh pasien yang tubuhnya tidak dapat lagi menggunakan insulin secara efektif sehingga kadar gula darah dalam tubuh si pasien meningkat bebas dan tidak bisa terkontrol.

Pada pasien penderita diabetes yang sudah sampai tahapan tipe 2, maka umumnya para pasien tersebut tidak berhasil mengatasi kadar gula nya di tahapan pertama. Tahapan pertama umumnya dokter tidak memberikan banyak obat obatan, dan hanya memberikan suluhan untuk berolahraga dan menjaga pola makan yang sehat serta gaya hidup yang juga sehat sehingga kadar gula darah akan membaik dengan sendirinya. 

Bila tahapan ini dinilai gagal untuk mengembalikan kadar gula darah pasien menjadi normal seperti sedia kala, maka dokter akan memberikan obat pioglitazone di tahapan pengobatan kedua dmana obat ini bekerja dengan cara meningkatkan sensifitas sel tubuh dalam merespon dan menggunakan insulin agar kembali normal kembali sehingga kadar gula darah dapat kembali menurun dan berada di tingkat normal.

Pengkonsumsian obat pioglitazine umumnya dapat dikombinasikan dengan pengkonsumsian obat antidiabetes lainnya seperti obat sulfonylurea jenis glimepirid dan obat metfomin sehingga efek yang dirasakan pasien dapat lebih maksimal dan waktu penyembuhannya pun akan lebih cepat.

Selain membawa dampak dalam menurunkan kadar gula darah agar kembali normal, ternyata dengan meminum obat pioglitazone ini juga akan membawa efek baik bagi kesehatan tubuh lainnya karena dengan kadar gula darah yang normal maka otomatis tubuh akan tercegah dari bahaya kerusakan ginjal, masalah kehilangan kaki atau tangan, masalah gangguan fungsi seksual, kebutaan,  mengurangi resiko terkena serangan jantung dan serangan stroke serta masalah saraf yang mungkin datang.

Dosis Pengkonsumsian Obat Pioglitazone

Dikarenakan obat ini merupakan obat resepan dari dokter maka dosis dan takaran yang diberikan dokter kepada para pasiennya juga berbeda beda tergantung pada tingkat kondisi kesehatan, tingkat keparahan penyakit pasien serta respon tubuh pasien pada pemberian dosis awal obat pioglitazone.  

Namun  terdapat dosis standard yang biasanya menjadi patokan pasien dalam mengkonsumsi obat pioglitazone seperti  pemberian dosis sebanyak 15 hingga 30 mg per hari dan dosis bisa dinaikkan menjadi 45 mg per hari apabila dosis 15 hingga 30 mg tidak menampakkan hasil dan efek yang nyata bagi para pasiennya setelah dikonsumsi 3 – 4 hari. 

Selain itu umumnya obat pioglitazone juga akan diberikan bersamaan dengan obat antidiabetes lainnya seperti obat metfomin dan sulfonylurea untuk dapat memaksimalkan efek kerja obat antidiabetes terhadap pasien diabetes tipe 2 dalam mengatur dan mengontrol penurunan kadar gula darah dalam tubuh.

Pemberian dosis yang dicampur dengan obat lainnya tentunya memiliki dosis yang berbeda tergantung banyak tidaknya campuran obat lain yang harus dikonsumsi para pasien diabetes tersebut. 

Peringatan Dalam Mengkonsumsi Obat Pioglitazone

Obat pioglitazone ialah obat yang hanya boleh diberikan pada mereka yang berusia dewasa dan tidak diperkenankan untuk diberikan kepada para pasien berusia anak anak.

Untuk mereka yang memiliki riwayat penyakit khususnya penyakit gagal jantung, gangguan pembuluh darah, penyakit hati, perdarahan pada urine, kanker kandung kemih, porfiria, diabetes tipe 1 dan penyakit jantung diharapkan untuk lebih berhati hati dan berkonsultasi lebih dalam kepada dokter sebelum memutuskan untuk meminum obat pioglitazone karena dikhawatirkan pengkonsumsian obat pioglitazone akan membawa efek dan dampak negatif bagi para pasien penderita penyakit diatas.

Sangat dilarang untuk mengkonsumsi minum minuman beralkohol ketika sedang dalam masa perawatan menggunakan obat pioglitazone karena ditakutkan akan membuat gula darah turun secara drastis.

Beritahukan kepada team dokter bila pasien sedang mengkonsumsi obat obatan jenis tertentu ataupun supplemen dan produk herbal lainnya serta bila pasien memiliki alergi baik terhadap obat ataupun lainnya agar dokter dapat memperhitungkan apakah pemberian obat pioglitazone akan membawa efek negatif bagi tubuh akibat terjadinya reaksi interaki kimiawi obat di dalam tubuh Anda.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp