Tranylcypromine: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Okt 25, 2020 Tinjau pada Jun 28, 2019 Waktu baca: 3 menit

Apakah Tranylcypromine?

Tranylcypromine termasuk dalam golongan monoamine oxidase inhibitor (MAOI) yang bekerja dengan cara meningkatkan jumlah senyawa kimia tertentu dalam otak pasien, seperti MAO Inhibitor lainnya, tranylcypromine digunakan pada pasien dewasa dengan gangguan depresi ketika pengobatan lainnya tidak menujukkan manfaat yang diinginkan.

Namun demikian, dengan pertimbangan dokter, tranylcypromine juga dapat digunakan untuk pegobatan lain. 

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Dosis Tranylcrypromine 

Ikuti petunjuk resep dokter dan jangan mengurangi atau menambah dosis tanpa petunjuk dokter. Minum obat sesuai jadwal yang diarahkan, jika pasien lupa minum sesuai jadwal dan melewatkan waktu minum obat, jangan menggandakan dosis pada waktu minum berikutnya.

Dosis umum yang diberikan untuk orang dewasa adalah:

30 mg per hari secara oral, dibagi menjadi:

  • Jika manfaat tidak terlihat dalam waktu 2 minggu atau periode wajar, dosis dapat ditambah menjadi 10 mg per hari dengan interval 1 sampai 3 minggu
  • Dosis maksimum: 60 mg per hari

Efek samping Tranylcypromine

Bersamaan dengan manfaat yang diberikan, pengobatan tranycypromine juga dapat memberikan dampak yang tidak diinginkan. Walau tidak semua pasien mengalaminya, jika saat pengobatan muncul efek samping sperti dibawah ini, perhatian dokter wajib diberikan:

  • Sensivitas tinggi terhadap cahaya, masalah penglihatan, pelebaran pupil mata
  • Sakit kepala yang tiba-tiba dan sangat parah, nyeri atau kaku leher
  • Mati rasa atau lemah, masalah pada penglihatan atau kekakuan
  • Kejang, kepala terasa ringan seperti ingin pingsan
  • Irama jantung cepat dan berdebar
  • Demam, mual, muntah, keringat dingin
  • Gangguan organ hati ditandai dengan ciri-ciri: nyeri perut bagian kanan atas, kehilangan nafsu makan, gejala penyakit kuning yang ditandaia kulit dan mata berwarna kekuningan
  • Gangguan manic ditandai dengan ciri-ciri: merasa terganggu dan aktif berbicara, menurunnya keinginan untuk istirahat, pikiran kacau, peningkatan energi
  • Serotonin syndrome yang ditandai dengan ciri-ciri: mudah marah, berkeringat, halusinasi, kaku otot, gemetar, berkedut, muntah, diare, hilang kemampuan kordinasi

Efek samping yang serius lebih mungkin muncul pada orang dewasa, beberapa efek samping dapat muncul karena reaksi tubuh yang belum terbiasa dengan kandungan obat. Jenis efek samping seperti ini umumnya tidak memerlukan penangan medis dan akan menghilang sendiri nya, namun jika efek samping terus berkelanjutan, pasien harus segera menghubungi dokter.

  • Merasa gemetar dan antusias
  • Gangguan masalah tidur
  • Sembelit
  • Pusing dan ngantuk
  • Sakit kepala

Untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan, pasien juga harus menjalani diet rendah tyramine (jenis asam amino) dan minuman berakohol.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Makan makanan dengan kandungan tyramine saat pengobatan tranylcypromine dapat mengakibatkan meningkatknya tekanan darah ke tingkat yang berbahaya, dengan ciri-ciri pelebaran pupil mata, sentifitas terhadap cahaya, jantung berdebar kencang, kaku leher, masalah penglihatan, sakit kepala, demam, mual atau muntah.

Sementara itu makanan yang tinggi tyramine yang harus dihindari pasien saat pengobatan tranylcypromine adala termasuk namun tidak terbatas pada:

  • Makan yang diproses dan difermentasi
  • Saus kedelai, sup miso
  • Keju olahan seperti mozzarella, parmesan, cheddar, brie
  • Ragi 

Hindari makanan tinggi tyramine sampai 2 (dua) minggu setelah pasien berhenti menggunakan tranylcypromine.

Interaksi Obat

Sama seperti obat lainnya, tranylcrypromine dapat berinteraksi dengan obatan lain jika digunakan bersamaan. Selain dengan obat lain interaksi dengan produk herbal dan vitamin mungkin terjadi. 

Sebelum mengosumsi tranylcrypromine, beritahu dokter jika pasien sedang atau menggunakan obat jenis berikut 14 hari belakangan:

Perhatian

Tranylcrypromine dapat membahayakan bayi dalam kandungan, beritahu dokter jika pasien sedang hamil atau hamil saat dalam pengobatan. Pasien juga tidak boleh memberikan ASI saat dalam pengobatan.

Sementara Itu tranylcypromine tidak boleh digunakan pada pasien dibawah usia 18 tahun, beberapa pasien muda yang mengosumsi obat ini mengalami keinginan untuk bunuh diri.

Untuk memastikan bahwa tranylcrypromine aman dikosumsi pasien, beritahu dokter jika pasien memiliki atau riwayat:


12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Tranylcypromine 10 mg Tablets - Summary of Product Characteristics (SmPC). electronic medicines compendium (emc). (https://www.medicines.org.uk/emc/product/2788/smpc)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app