Tradjenta: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 13, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Tinjau pada Mei 6, 2019 Waktu baca: 4 menit

Tradjenta adalah nama merek obat yang mengandung linagiptin. Obat ini adalah obat diabetes oral yang membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Mekanisme kerjanya adalah dengan mengatur kadar insulin yang diproduksi tubuh setelah makan. 

Penggunaan obat ini harus dibarengi dengan pola makan dan olahraga yang benar agar penderita diabetes mellitus tipe 2 memiliki kadar gula darah yang  lebih baik. Sementara diabetes tipe 1 dan diabetes ketoasidosis tidak disarankan menggunakan obat ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Jika Anda memiliki kadar kolesterol, trigliserida yang tinggi atau pernah menderita pankreatitis katakan pada dokter agar dokter dapat memutuskan apakah obat ini aman untuk digunakan. 

Jika setelah penggunaan obat, Anda mengalami sakit yang hebat di bagian perut atas kemudian menyebar ke punggung, mual dan muntah, kehilangan nafsu makan atau detak jantung menjadi lebih cepat segera hentikan penggunaan obat dan periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Perlu diketahui bahwa pengobatan dengan tradjenta hanya untuk melengkapi perawatan pada penderita diabetes tipe 2.

Penderita perlu memperhatikan dengan seksama pola makan, olahraga, berat badan, perawatan kaki, mata, gigi dan kadar gula darah. Perubahan pola dari faktor-faktor di atas dapat mempengaruhi kadar gula darah.

Mengenai Obat Tradjenta

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Tablet

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Domperidone if 10mg tab 1

Kandungan:

Linagliptin

Indikasi Obat Tradjenta

Obat ini mengandung Linagliptin tidak digunakan sebagai pengobatan diabetes pada pasien diabetes tipe satu dan pasien dengan diabetes ketoasidosis. Tradjenta merupakan obat oral untuk mengatasi diabetes yang berfungsi membantu kontrol gula darah pada pasien diabetes tipe dua. 

Mekanisme kerja obat ini adalah dengan meningkatkan jumlah hormon inkretin, dimana hormon ini berperan dalam peningkatan pelepasan jumlah insulin untuk mengontrol kadar gula darah dengan lebih baik, terutama pada saat setelah makan.

Dosis dan Cara Penggunaan Obat Tradjenta

Gunakan tradjenta sesuai dengan anjuran dokter. Jika belum jelas, Anda dapat membaca petunjuk penggunaan obat yang berada pada label kemasan. Dokter mungkin akan mengubah dosis obat untuk mendapatkan hasil pengobatan yang optimal. 

Namun jangan menambah atau mengurangi dosis obat sendiri serta memperpanjang jangka waktu penggunaan obat lebih dari waktu yang direkomendasikan. Obat ini dapat digunakan sebelum atau sesudah makan. Tanyakan pada dokter mengenai saat terbaik penggunaan obat.

Penderita diabetes dapat mengalami hipoglikemi, kadar gula darah rendah. Gejalanya adalah sakit kepala, lapar, berkeringat, mudah tersinggung, pusing, mual, detak jantung lebih cepat dan mudah gelisah

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Domperidone if 10mg tab 1

Pengobatan darurat pada saat trsebut adalah dengan konsumsi makanan manis seperti permen, jus buah, dan teh manis hangat. Namun jika kamu memiliki hipoglikemi parah sehingga kamu kesulitan untuk makan dan minum saat kumat, biasanya dokter akan memberikan resep glucagon darurat dalam bentuk injeksi. 

Kadar gula darah dapat dipengaruhi oleh stress, operasi, olahraga, konsumsi alcohol, melewatkan makan, atau sakit. Sebaiknya diskusikan dengan dokter mengenai perubahan dosis atau jadwal minum obat. Simpan obat pada suhu ruangan dan hindarkan dari kelembaban dan panas.

Dosis yang direkomendasikan adalah 5 mg secara oral sekali sehari. Untuk mengurangi resiko hipoglikemi, penggunaan tradjenta dan insulin dapat diberikan. Jika kamu lupa jadwal minum obat, segera minum obat setelah ingat. 

Namun jika hamper mendekati jadwal minum obat selanjutnya maka lewati jadwal minum obat sebelumnya. Jangan menggunakan dosis ekstra untuk menggantikan dosis yang terlewat.

Efek samping Obat Tradjenta

Reaksi alergi obat yang umum terjadi adalah gatal-gatal, sulit bernafas, bengkak pada wajah, bibir, lidah atau tenggorokan. Jika muncul reaksi tersebut segera ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis. Efek samping berat yang mungkin terjadi dan kamu perlu untuk memeriksakan ke dokter yaitu:

  • Reaksi autoimun berat, gatal-gatal, kulit mengelupas, melepuh hingga kulit pecah-pecah
  • Gejala gagal jantung, nafas lebih pendek bahkan ketika berbaring, bengkak pada kaki, kenaikan berat bada yang drastic
  • Sakit hebat atau ters menerus pada sendi
  • Demam, saki tenggorokan, bengkak pada wajah atau lidah, mata serasa terbakar, sakit kulit diikuti dengan ruam kulit berwarna merah yang menyebar dan menyebabkan kulit melepuh dan mengelupas

Jika reaksi alergi dan efek samping berat muncul, segera ke dokter agar segera mendapat penanganan yang tepat. Selain itu juga terdapat fek samping ringan dari penggunaan awal tradjenta seperti hidung mengeluarkan ingus, sakit tenggorokan, batuk atau diare.

Selalu simpan obat-obatan jauh dari jangkauan anak-anak dan jangan gunakan obat-obatan bersamaan dengan orang lain. Gunakan tradjenta hanya untuk indikasi medis. 

Selalu konsultasikan mengenai penggunaan obat-obatan pada dokter atau apoteker untuk menghindari resiko penyalahgunaan obat yang tidak diinginkan. 

Perhatian

Obat ini hanya boleh digunakan oleh penderita berusia 18 tahun atau lebih. Beberapa hal yang perlu kamu sampaikan pada dokter agar tradjenta aman digunakan yaitu apakah kamu pernah menderita atau memiliki riwayat penyakit berikut:

  • Masalah jantung
  • Sakit ginjal
  • Pankeatitis
  • Kadar trigliserida yang tinggi, salah satu jenis lemak dalam darah
  • Batu empedu;
  • Pecandu alcohol
  • Sedang menggunakan insulin atau pengobatan oral lain untuk diabetes

Kadar gula darah merupakan hal yang sangat pentng selama kehamilan dan dosisnya mungkin berbeda-beda pada tiap trisemester. Dosis untuk ibu hamil dan ibu menyusui pun berbeda. Ikuti anjuran dokter ketika kamu menggunakan obat saat hamil atau menyusui. 

Meskipun belum diketahui apakah linagliptin ikut mengalir melalui ASI dan mempengaruhi bayi, sebaiknya katakan pada dokter jika kamu sedang menyusui.



5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Tradjenta (linagliptin) dosing, indications, interactions, adverse effects, and more. Medscape. (https://reference.medscape.com/drug/tradjenta-linagliptin-999652)
Tradjenta (Linagliptin) - Side Effects, Dosage, Interactions. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/drugs/tradjenta)
Side Effects of Tradjenta (Linagliptin), Warnings, Uses. RxList. (https://www.rxlist.com/tradjenta-side-effects-drug-center.htm)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app