Perawatan Wajah

Cara Ampuh Mengatasi Kulit Wajah Kering & Mengelupas

Dipublish tanggal: Feb 26, 2019 Update terakhir: Mei 21, 2020 Tinjau pada Jul 25, 2019 Waktu baca: 4 menit
Cara Ampuh Mengatasi Kulit Wajah Kering & Mengelupas

Kulit merupakan lapisan terluar tubuh manusia yang penting untuk menjaga bagian dalam tubuh. Kulit juga merupakan salah satu bagian tubuh yang paling dijaga oleh seluruh manusia di dunia, terutama oleh kaum wanita. 

Kulit wajah yang mulus, bersih, segar, fresh, dan terawat merupakan kulit impian yang didamba-dambakan oleh semua wanita. Namun, kenyataan memang tidak selalu seindah impian dimana terkadang ada saja masalah yang menyebabkan kulit Anda menjadi kurang sehat seperti kulit kering, kulit mengelupas, kulit berjerawat, dan sebagainya.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Lalu, bagaimana cara mengatasi kulit kering dan mengelupas? Berikut informasi lengkapnya.

Penyebab kulit wajah kering dan mengelupas

Sebelum mengetahui cara mengatasi kulit kering dan mengelupas, Anda harus tahu dulu penyebab kulit kering yang Anda alami. Kulit wajah yang mengelupas biasanya disebabkan oleh kondisi kulit kering. Kebanyakan kulit kering akan ditandai dengan rasa gatal, iritasi dan ruam pada kulit wajah.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering dan mengelupas, seperti:

1. Jenis kulit yang memang termasuk kulit kering

Jenis kulit setiap manusia berbeda-beda, begitu juga pada wajah manusia. Masyarakat Indonesia sendiri umumnya terdiri dari 2 jenis kulit, yaitu kulit tipe kering dan tipe berminyak.

Nah untuk Anda yang memang memiliki tipe kulit wajah kering, tentunya akan mengalami risiko lebih tinggi mengalami kulit kering dan mengelupas. Sebaiknya hindari mencuci muka terlalu sering dan gunakan krim mosturizer setiap hari untuk menjaga kelembapan kulit. 

Baca Selengkapnya: Kondisi Kulit Wajah dan Artinya

2. Kulit terlalu sering terbakar sinar matahari

Kulit yang terlalu banyak terpapar sinar matahari biasanya akan lebih mudah terbakar. Prosesnya diawali dengan kulit yang berubah menjadi lebih memerah, terasa sakit, dan panas saat dipegang.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Beberapa hari setelahnya, kulit baru akan mulai mengelupas. Namun tak perlu khawatir sebab kondisi ini akan sembuh dengan sendirinya.

3. Alergi pada wajah dan efek obat

Jenis alergi tertentu juga mampu menyebabkan kulit gatal dan mengelupas. Selain itu, kulit mengelupas juga bisa terjadi sebagai salah satu reaksi alergi saat Anda mengonsumi obat-obatan tertentu.

Ada beberapa jenis obat yang memang bertujuan untuk membuat kulit mengelupas, contohnya seperti obat retinoid. Proses kemoterapi pun juga dapat menjadi suatu alasan mengapa kulit Anda kering dan mengelupas

4. Faktor lain

Selain ketiga hal di atas, ada faktor-faktor lain yang mungkin jadi penyebab kulit kering. Misalnya cauca yang terlalu panas dan kering, gangguan imun, eksim, infeksi bakteri Staphylococcus aureus, dan sebagainya.

Cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas

Berikut ini berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kulit kering dan mengelupas:

1. Perbanyak minum air putih

Kulit wajah yang kering bisa jadi pertanda bahwa tubuh Anda sedang dehidrasi. Ditambah lagi dengan panasnya matahari yang membuat sisa-sisa cadangan air di kulit cepat menguap, sehingga kulit wajah jadi makin kering.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Oleh karena itu, coba perbanyaklah minum air putih minimal 8 gelas per hari. Hal ini tidak hanya membantu mengatasi kulit kering, tapi juga mencegah dehidrasi parah yang bisa membahayakan tubuh.

2. Pakai pelembap

Untuk menyudahi masalah kulit kering dan mengelupas, gunakan moisturizer atau pelembap secara rutin. Pelembap diformulasikan secara khusus untuk meningkatkan retensi air dalam tubuh, sehingga nantinya kulit wajah jadi lebih lembap.

Pilih pelembap yang mengandung bahan-bahan alami seperti:

  • Lidah buaya
  • Minyak kelapa
  • Shea butter
  • Asam hialuronat
  • Ceramides

Hindari pelembap yang mengandung alkohol, pewangi atau pewarna buatan, dioksan, atau petrolatum (minyak bumi). Alih-alih melembapkan, kandungan tersebut justru bisa membuat kulit wajah Anda semakin kering.

Gunakan pelembap pada wajah sebelum tidur dan cuci bersih saat bangun tidur. Dengan pemakaian rutin, kulit wajah Anda akan tetap lembap dan kenyal.

Baca Juag: Pelembap Wajah untuk Kulit Kering Alami dan Ampuh

3. Pakai tabir surya dan masker tiap ke luar rumah

Paparan sinar matahari bisa memperparah masalah kulit kering. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memakai tabir surya (sunscreen) dan masker tiap ke luar rumah.

Tabir surya dapat membantu mengunci kelembapan kulit dengan cara mencegah penguapan berlebihan pada kulit. Pada saat yang bersamaan, kandungan tabir surya juga mampu menutrisi kulit sehingga kulit jadi lebih sehat dan kenyal.

4. Hindari mandi terlalu lama

Banyak orang mengira mandi dalam waktu yang lama bisa membuat kulit jadi lebih lembap. Ternyata hal ini cuma mitos, lho!

Mandi terlalu lama justru dapat menghilangkan minyak alami pada kulit dan memicu kulit kering. Apalagi jika Anda mandi dengan air panas, maka sisa-sisa air di kulit akan lebih cepat menguap.

Memang tidak ada patokan khusus mengenai seberapa lama Anda harus mandi. Namun, ada baiknya luangkan waktu untuk mandi tidak lebih dari 5-10 menit. 

Cara mengatasi kulit wajah kering akibat penyakit

Cara mudah nan sederhana di atas mungkin tidak begitu membantu jika kulit kering yang Anda alami disebabkan oleh penyakit. Namun, ini bukan berarti masalah kulit kering dan mengelupas Anda tidak dapat diatasi selamanya.

Berikut ini berbagai cara mengatasi kulit kering berdasarkan masing-masing penyakit kulit:

1. Kulit kering akibat alergi

Hindari berbagai hal yang membuat kulit Anda alergi, misalnya obat-obatan, kosmetik, atau makanan pemicu alergi. Setelah itu, segera minum obat anti-alergi yang mengandung antihistamin untuk meredakan gejala alergi. Reaksi alergi lambat laun akan berkurang dan kulit Anda akan kembali sehat.

2. Kulit kering akibat eksim

Oleskan krim yang mengandung kortikosteroid, tacrolimus, atau pimecrolimus untuk mengatasi kulit kering akibat eksim. Namun, krim ini memerlukan resep dokter dan hanya boleh digunakan dalam pengawasan dokter kulit.

Selain pakai krim, eksim juga dapat diatasi dengan terapi cahaya. Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter kulit mengenai hal ini.

3. Efek penggunaan obat atau tindakan medis

Bila kulit kering dan mengelupas disebabkan oleh efek samping obat, tindakan medis seperti kemoterapi, atau penyakit genetik, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Dokter kemungkinan akan meresepkan obat maupun krim tertentu yang bisa membuat kulit Anda kembali lembap. 

Baca Selengkapnya: Penanganan Kulit Wajah Berminyak dan Berjerawat

19 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Papadakis MA, et al., eds. Dermatologic disorders. In: Current Medical Diagnosis & Treatment 2016. 55th ed. New York, N.Y.: The McGraw-Hill Companies; 2016. http://www.accessmedicine.com.
Berger TG, et al. Pruritus in the older patient: A clinical review. JAMA. 2013;310:2443.
Fazio SB, et al. Pruritus: Overview of management. http://www.uptodate.com/home.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Sering Gatal karena Kulit Kering? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya
Sering Gatal karena Kulit Kering? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sebenarnya banyak faktor penyebab munculnya rasa gatal pada kulit kering. Lalu apa saja penyebab rasa gatal pada kulit kering? Bagaimana cara mengatasinya? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Buka di app