Tes Laju Endap Darah: Fungsi dan Prosedurnya

Dipublish tanggal: Des 9, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Tes Laju Endap Darah: Fungsi dan Prosedurnya

Saat melakukan cek darah, Anda mungkin pernah diminta untuk menjalani tes laju endap darah. Prosesnya cukup sederhana, yaitu darah Anda akan diambil kemudian diperiksa di laboratorium. Namun, sebetulnya apa fungsi tes laju endap darah dan bagaimana cara pemeriksaannya? Baca terus ulasan berikut ini.

Apa itu tes laju endap darah?

Tes laju endap darah adalah tes yang dilakukan untuk mengukur seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sel darah merah untuk jatuh atau mengendap ke dasar tabung reaksi. Fungsi tes laju endap darah adalah untuk membantu mendeteksi adanya peradangan maupun infeksi yang dialami.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Ada beberapa kondisi yang membuat seseorang harus melakukan tes laju endap darah ini, di antaranya:

Tes laju endap darah dilakukan untuk membantu dokter dalam menentukan diagnosis penyakit seperti peradangan, lupus, kanker, penyakit autoimun, atau rheumatoid arthritis.

Terkadang, tes laju endap darah ini tidak selalu menunjukkan hasil yang akurat. Pasalnya, ada beberapa kondisi yang memengarui kecepatan sel darah merah yang mengendap sehingga mengurangi keakuratan hasil tes, antara lain:

Bila Anda mengalami salah satu kondisi di atas, sebaiknya segera beri tahukan dokter sebelum Anda melakukan tes laju endap darah.

Baca Juga: Bisakah Menentukan DBD Tanpa Periksa Darah?

Prosedur pemeriksaan laju endap darah 

Saat melakukan tes laju endap darah, dokter akan melakukan pengambilan sampel darah kemudian disimpan dalam wadah khusus. Sampel darah tersebut akan dibawa ke laboratorium untuk dilakukan pemeriksaan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Dokter ahli patologi klinik akan menempatkan sel darah merah tersebut ke dalam tabung reaksi sebagai alat bantu. Setelah itu, akan dilakukan pengukuran untuk mengetahui seberapa tinggi endapan sel darah merah yang terbentuk dalam kurun waktu sekitar 60 menit. 

Jika sel darah Anda mudah menggumpal, maka artinya tubuh Anda mengalami peradangan. Hal ini dipengaruhi oleh adanya protein abnormal dalam darah, sehingga sel darah merah jadi lebih mudah mengendap dibandingkan sel darah normal.

Semakin cepat sel darah mengendap, maka artinya di dalam tubuh Anda mengalami peradangan. Setelah tes laju endap darah selesai dan hasilnya sudah didapatkan, dokter akan memastikan apakah Anda memerlukan tes selanjutnya guna memastikan penyakit yang Anda alami.

Baca Juga: Hati-hati Saat Kadar Limfosit Tinggi, Ini Penyebabnya

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Erythrocyte sedimentation rate (ESR). Lab Tests Online. https://labtestsonline.org/tests/erythrocyte-sedimentation-rate-esr.
Goldman L, et al., eds. Laboratory testing in rheumatic diseases. In: Goldman-Cecil Medicine. 25th ed. Philadelphia, Pa.: Saunders Elsevier; 2016. https://www.clinickey.com.
Shmerling RH. Evaluation of the adult with polyarticular pain. https://www.uptodate.com/contents/search.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app