Tamanu Oil: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Jun 24, 2019 Update terakhir: Mei 21, 2020 Tinjau pada Okt 1, 2019 Waktu baca: 3 menit

Tamanu oil merupakan ekstrak tanaman Calophyllum inophyllum dengan genus Clusiaceae yang telah lama digunakan di Polinesia dan Asia Tenggara. Tamanu oil dapat digunakan untuk wajah, rambut, dan kulit seperti bekas jerawat, psoriasis, dan bekas luka.

Tamanu oil memiliki sifat anti mikroba, anti bakteri, dan anti inflamasi. Minyak alami ini tentu saja memiliki ragam macam manfaat bagi kesehatan. Semua bagian tanamannya seperti kulit kayu, daun, dan biji telah digunakan dalam bidang kesehatan sebagai antiseptik, astringent, ekspektoran, diuretik, dan pencahar.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Berguna untuk mengatasi infeksi jamur kulit dan kuku, yang disebabkan dermatofit, candida dan jamur. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Fungiderm cr 5g 1

Secara tradisional minyak ini sudah digunakan sebagai obat local. Bahkan, kadang-kadang dianggap sebagai obat mujarab di wilayah Afrika, Asia, Polinesia, dan Lingkar Pasifik.

Kandungan Tamanu Oil

Beberapa nutrisi yang dapat Anda temukan, yaitu:

  • Asam Linoleat - 38%
  • Asam Oleat - 34%
  • Asam stearat - 13%
  • Asam Palmitat - 12%

Tamanu oil memiliki beberapa kandungan fatty acid seperti linoleic acid, palmitic acid, stearic acid, serta linolenic yang berguna untuk memperbaiki jaringan kulit Anda yang rusak.

Selain itu, sebuah studi menyatakan bahwa minyak tamanu mengandung calophyllolide atau zat yang dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan delta-tocotrienol dalam bentuk vitamin E, serta antioksidan.

Penggunaan Tamanu Oil

Kegunaan tamanu oil dapat digunakan untuk mengobati kondisi seperti mengatasi eksim, kulit kering, rambut rontok, dan menghilangkan rasa sakit. Selain itu, minyak ini juga dapat digunakan sebagai penghilang rasa sakit yang disebabkan oleh herpes zoster.

Beberapa orang juga pernah menggunakan minyak ini untuk mengobati gigitan serangga, lecet, luka bakar, dan goresan kulit karena kemampuannya yang dapat meregenerasi kulit dan dapat mengurangi timbulnya keloid.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Berguna untuk mengatasi infeksi jamur kulit dan kuku, yang disebabkan dermatofit, candida dan jamur. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Fungiderm cr 5g 1

Manfaat penggunaan Tamanu Oil

Merangsang pertumbuhan sel kulit

Tamanu oil dapat menyembuhkan luka dan gangguan kulit dalam waktu singkat karena memiliki kandungan antioksidan dalam jumlah besar yang membantu merangsang pertumbuhan pada sel kulit.

Tamanu oil dengan perpaduan kandungan lemak tunggal tak jenuh dapat mengurangi munculnya bekas luka atau tanda-tanda dari timbulnya hiperpigmentasi.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tamanu oil memiliki kemampuan untuk mempertahankan tubuh dari serangan patogen dan polutan dari lingkungan sekitar yang dapat menyerang sistem kekebalan tubuh.

Kemampuannya dapat melindungi lapisan kulit sampai bagian yang paling dalam, bukan hanya bagian luar. Efek antibakteri, antivirus, antiseptic, dan anti jamur yang  dimiliki tamanu oil juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengatasi peradangan

Peradangan adalah kondisi dari respon tubuh yang merasakan ada sesuatu yang berbahaya atau ancaman di dalam tubuh. Tubuh biasanya merespon dengan memberikan tanda-tanda khusus untuk dalam tubuh.

Tamanu oil memiliki sifat anti inflamasi untuk mengatasi peradangan ini. Selain itu, tamanu oil dapat membantu mengatasi kondisi nyeri saraf skiatik dan radang sendi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Berguna untuk mengatasi infeksi jamur kulit dan kuku, yang disebabkan dermatofit, candida dan jamur. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Fungiderm cr 5g 1

Menurunkan resiko kanker

Menurut sebuah penelitian, tamanu oil memiliki kandungan anti inflamasi dan antioksidan yang dapat memerangi resiko, yang dapat digunakan dalam suatu proses penyembuhan tubuh yang agresif terkena kanker.

Mengatasi arthritis

Tamano oil memiliki sifat anti inflamasi yang kuat, sehingga saat Anda  menggunakannya secara teratur tentu saja dapat membantu meringankan gejala radang sendi. Pengaruh tersebut dapat merangsang sirkulasi darah dan memungkinkan untuk memberi efek yang menenangkan.

Caranya dengan mengoleskan tamanu oil pada  bagian tubuh Anda yang memberikan rasa sakit. Pijat menggunakan tamanu oil dengan lembut, lakukan dalam gerakan yang memutar. Kemudian, biarkan meresap. Anda disarankan tidak menggunakan ekstrak tamanu oil.

Menghilangkan kutu rambut

Tamanu oil memiliki sifat anti jamur yang berperan untuk menghambat kemampuan reproduksi kutu pada rambut. Selain itu, tamanu oil memiliki sifat antimikroba yang, yang dapat membantu meredakan gatal dan peradangan ringan yang disebabkan oleh hal tersebut.

Menghilangkan ketombe

Tamanu oil mempunyai kemampuan yang tidak hanya dapat membersihkan folikel rambut Anda, tetapi juga dapat menyembuhkan kulit kepala. Menggunakan tamanu oil dapat menghilangkan ketombe dan memperbaiki kondisi kulit kepala yang rusak.

Melembabkan bibir

Tamanu oil dapat mengatasi bibir pecah-pecah dan kering. Kemampuannya melembabkan bibir sangat cepat. Bahkan dapat mengobati luka dingin dan virus herpes menggunakannya minyak ini.

Efek Samping penggunaan Tamanu Oil

Sebelum menggunakan tamanu oil, Anda disarankan mengetes menggunakan lengan yang bertujuan untuk mencegah kulit sensitif pada wajah Anda dari cedera parah yang pernah terjadi pada beberapa orang.

Hentikan penggunaan jika mengalami beberapa efek samping yang ditimbulkan seperti pembengkakan, gatal ekstrim, iritasi atau kemerahan, masalah pernapasan, agitasi tenggorokan, dan sakit kepala.

Ibu hamil dan menyusui disarankan untuk menghindari penggunaan tamanu oil karena kurangnya studi atau penelitian yang membahasnya.


20 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Zalewski J, et al. (2019). Calophyllum inophyllum in vaginitis treatment: Stimulated by electroporation with an in vitro approach. DOI: (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/30465335)
Tzu-Kai L, et al. (2018). Anti-inflammatory and skin barrier repair effects of topical application of some plant oils. DOI: (https://dx.doi.org/10.3390%2Fijms19010070)
Tran G-B, et al. (2018). Potential use of essential oil isolated from Cleistocalyx operculatus leaves as a topical dermatological agent for treatment of burn wound. DOI: (https://www.hindawi.com/journals/drp/2018/2730169/)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app