Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Agitasi - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: SEP 17, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 511.218 orang

Agitasi adalah perasaan seperti jengkel, kesal, atau gelisah yang disebabkan oleh suatu provokasi atau sedikit atau tidak adanya provokasi. Kondisi ini bisa menjadi suatu tanda dari kondisi medis atau kejiwaan.

Merupakan suatu yang normal jika seseorang merasa gelisah dari waktu ke waktu. Misalnya, Anda mungkin merasa gelisah sebagai respons terhadap stres dari pekerjaan atau sekolah Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal belanja Rp50.000.

Iklan obat

Namun bila Anda mengalami agitasi secara terus-menerus dan tanpa ada alasan yang jelas, konsultasikanlah keadaan tersebut ke dokter Anda. Anda mungkin memiliki kondisi medis yang membutuhkan pengobatan.

Apa yang menyebabkan agitasi?

Agitasi adalah emosi normal yang dialami oleh kebanyakan orang setidaknya sekali dalam hidup mereka. Dalam sebagian besar kasus, agitasi bukan suatu kondisi yang perlu dikhawatirkan. Penyebab agitasi yang sering terjadi meliputi:

  • stres dengan pekerjaan
  • stres di sekolah
  • sedang sakit
  • tekanan teman sebaya
  • sedang berduka

Kondisi medis yang dapat menyebabkan agitasi meliputi:

  • kecemasan atau gangguan mood, seperti depresi atau gangguan bipolar
  • kondisi yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon, seperti hipotiroidisme
  • ketergantungan atau penghentian minuman beralkohol
  • autisme
  • gangguan neurologis (dalam kasus yang jarang terjadi, tumor otak)

Jika Anda merasa gelisah terus-menerus tanpa disertai dengan alasan yang jelas, buatlah janji dengan dokter Anda. Kondisi kesehatan mental atau fisik yang mungkin secara negatif mempengaruhi suasana hati Anda. 

Dokter Anda dapat membantu mengidentifikasi penyebab agitasi Anda dan, jika perlu, meresepkan pengobatan.

Bagaimana mendiagnosis penyebab agitasi ?

Untuk mengidentifikasi penyebab agitasi Anda, dokter Anda kemungkinan akan memulai dengan mengajukan beberapa pertanyaan tentang riwayat medis dan gaya hidup Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal belanja Rp50.000.

Iklan obat

Jika dokter curiga bahwa Anda memiliki masalah kesehatan mental, dokter mungkin akan merujuk Anda ke spesialis kesehatan mental untuk dievaluasi.

Jika dokter berpikir bahwa Anda memiliki kondisi fisik yang lain, dokter dapat melakukan satu atau lebih pemeriksaan diagnostik.

Misalnya, dokter dapat mengumpulkan sampel darah Anda untuk memeriksa ketidakseimbangan hormon. Dokter mungkin juga akan mengumpulkan sampel urin atau cairan tulang belakang Anda untuk memeriksa kelainan lainnya. Dalam beberapa kasus, dokter akan menganjurkan pemeriksaan CT scan atau MRI otak Anda.

Bagaimana mengobati penyebab agitasi ?

Rencana pengobatan yang direkomendasikan dokter Anda akan tergantung pada apa yang menyebabkan agitasi Anda.

Stress

Untuk meredakan kondisi agitasi yang disebabkan oleh stres, dokter Anda dapat merekomendasikan berbagai teknik relaksasi, termasuk latihan pernapasan, yoga, atau praktik meditasi lainnya. 

Napas dalam dan meditasi dapat membantu mengembalikan ketenangan dalam diri Anda. Berolahraga dan berpartisipasi dalam aktivitas yang Anda suka juga dapat mengurangi stres.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal belanja Rp50.000.

Iklan obat

Dokter Anda mungkin juga merujuk Anda ke psikoterapis jika teknik-teknik ini gagal memberi Anda bantuan.

Anda harus mengambil langkah-langkah untuk mengidentifikasi dan membatasi kontak dengan hal-hal yang dapat menyebabkan Anda stres. Misalnya, jika Anda merasa kewalahan dengan beban pekerjaan Anda, diskusikanlah dengan boss atau guru Anda.

Penyakit kejiwaan

Jika Anda didiagnosis menderita kecemasan atau gangguan mood, dokter Anda dapat merekomendasikan obat-obatan, terapi bicara, atau kombinasi keduanya untuk mengobatinya. Selama sesi terapi, Anda akan mendiskusikan mengenai gejala Anda dan mengembangkan strategi untuk mengatasinya.

Ketidakseimbangan hormon

Jika Anda didiagnosis dengan kondisi yang mempengaruhi keseimbangan hormon Anda, dokter Anda mungkin akan meresepkan terapi penggantian hormon atau obat-obatan lain untuk mengobatinya. Dokter juga dapat merujuk Anda ke spesialis hormon, yang dikenal sebagai spesialis endokrin.

Tumor otak

Jika dokter mendiagnosis Anda dengan tumor otak, rencana pengobatan yang dilakukan akan tergantung pada jenis, ukuran, dan lokasi tumor. Dalam beberapa kasus, dokter Anda dapat merekomendasikan kemoterapi untuk mengecilkan ukuran tumor. 

Jika tumor dapat diangkat dengan aman dengan tindakan operasi, dokter mungkin akan merujuk Anda ke spesialis bedah untuk melakukan tindakan tersebut. Jika tumor terlalu sulit atau berbahaya untuk diangkat, dokter Anda mungkin hanya memilih untuk memantau pertumbuhan dan perubahan dari tumor tersebut.

Hal jangka panjang yang harus diperhatikan

Hal jangka panjang yang harus diperhatikan akan tergantung pada penyebab agitasi Anda dan langkah-langkah yang Anda ambil untuk mengobatinya. Dalam banyak kasus, mengambil langkah-langkah untuk mengurangi stres dapat meredakan agitasi. 

Dalam kasus lain, Anda mungkin perlu minum obat atau melakukan pengobatan lain secara sementara atau berkelanjutan.

Tanyakan kepada dokter Anda untuk informasi lebih lanjut tentang kondisi Anda, pilihan pengobatan, dan hal jangka panjang yang harus Anda perhatikan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit