Doctor men
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
Doctor men
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI
Perawatan Tubuh

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Kulit

Dipublish tanggal: Okt 30, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Nov 15, 2019 Waktu baca: 3 menit
Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Kulit

Minyak kelapa adalah salah satu jenis lemak yang telah dikenal luas karena sejuta khasiatnya dalam meningkatkan kesehatan. Mulai dari penurunan kadar kolesterol LDL dalam darah hingga peningkatan fungsi otak pada pasien Alzheimer, minyak kelapa dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan. Bahkan beberapa penelitian menemukan bahwa minyak kelapa mungkin memiliki manfaat untuk kesehatan kulit.

Apa itu Minyak Kelapa?

Minyak kelapa adalah minyak jenuh yang secara tradisional dibuat dengan mengekstraksi minyak dari kelapa mentah atau biji kelapa kering. Jenis minyak ini sering digunakan dalam memasak atau dioleskan langsung ke kulit dan rambut.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Minyak kelapa kaya akan asam lemak rantai menengah yang merupakan salah satu bentuk lemak jenuh. Faktanya, asam lemak rantai-menengah ini membentuk sekitar 65% dari total komposisi. Asam lemak yang ditemukan dalam minyak kelapa meliputi:

  • Asam laurat: 49%
  • Asam miristat: 18%
  • Asam kaprilat: 8%
  • Asam palmitat: 8%
  • Asam kaprat: 7%
  • Asam oleat: 6%
  • Asam linoleat: 2%
  • Asam stearat: 2%

Meskipun minyak kelapa mengandung sekitar 90% lemak jenuh, minyak kelapa juga mengandung sedikit lemak tak jenuh. Satu sendok makan mengandung sekitar 12 gram lemak jenuh dan 1 gram lemak tak jenuh.

Minyak Kelapa Dapat Membunuh Mikroorganisme Berbahaya

Asam lemak dalam minyak kelapa memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melindungi mikroorganisme berbahaya. Hal ini sangat penting untuk kesehatan kulit karena dapat membantu memperbaiki banyak jenis infeksi kulit, termasuk jerawat, selulitis, folikulitis dan kaki atlet yang disebabkan oleh bakteri atau jamur.

Mengoleskan minyak kelapa langsung ke kulit dapat mencegah pertumbuhan mikroorganisme tersebut. Hal ini dikarenakan kandungan asam lauratnya yang membentuk hampir 50% asam lemak dalam minyak kelapa dan dapat melawan mikroorganisme berbahaya. 

Satu studi menguji sifat antibakteri dari 30 jenis asam lemak terhadap 20 strain bakteri yang berbeda. Asam laurat ditemukan sebagai yang paling efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri. Penelitian tabung reaksi lainnya menunjukkan bahwa asam laurat dapat membunuh Propionibacterium acnes, sejenis bakteri yang mengarah pada pengembangan peradangan jerawat.

Tidak hanya itu, asam kaprat yang ditemukan dalam minyak kelapa juga telah terbukti memiliki sifat antimikroba yang kuat. Sebuah penelitian lainnya menunjukkan efek anti-jamur pada asam kaprat menunjukkan bahwa jenis asam ini mampu menghambat pertumbuhan jenis jamur tertentu.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Minyak Kelapa Dapat Mengurangi Peradangan

Peradangan kronis adalah komponen utama dari berbagai jenis gangguan kulit, termasuk psoriasis, dermatitis kontak, dan eksim. Menariknya, minyak kelapa telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi. Dalam satu penelitian, para peneliti mengoleskan minyak kelapa murni ke telinga tikus yang meradang. 

Minyak kelapa tidak hanya ditemukan memiliki efek antiinflamasi, tetapi juga menghilangkan rasa sakit. Terlebih lagi, minyak kelapa dapat meredakan peradangan dengan meningkatkan kadar antioksidan. Antioksidan bekerja dengan menstabilkan radikal bebas di dalam tubuh serta menetralkan atom reaktif yang dapat berkontribusi terhadap peradangan.

Minyak Kelapa Dapat Membantu Mengobati Jerawat

Sementara beberapa orang berpikir bahwa minyak kelapa menyumbat pori-pori, penelitian lainnya menunjukkan bahwa minyak kelapa sebenarnya dapat membantu mengobati jerawat. Jerawat sendiri disebabkan oleh munculnya kondisi peradangan pada wajah dan ada banyak obat jerawat yang bekerja untuk mengurangi peradangan.

Karena minyak kelapa dan komponennya dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh, minyak kelapa juga dapat membantu dalam perawatan jerawat. Selain itu, sifat antibakteri dari asam lemak rantai menengah dalam minyak kelapa juga dapat membantu mengurangi jerawat. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa asam laurat menyumbang hampir setengah dari asam lemak dalam minyak kelapa telah terbukti membunuh strain bakteri yang terkait dengan jerawat.

Baca juga: Gejala dan Jenis Jerawat

Minyak Kelapa Dapat Melembabkan Kulit Kering

Selain memiliki manfaat untuk mengatasi jerawat dan peradangan, mengoleskan minyak kelapa ke kulit juga dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. 

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Sebuah studi pada pasien dengan kulit kering hingga sedang membandingkan efek minyak kelapa dengan minyak mineral, sejenis minyak yang terbuat dari minyak bumi yang sering digunakan untuk merawat kulit kering. Hasil studi menemukan bahwa minyak kelapa secara signifikan meningkatkan hidrasi kulit dan sama efektifnya dengan minyak mineral.

Minyak kelapa juga telah terbukti membantu mengobati eksim, suatu kondisi kulit yang ditandai dengan ruam bersisik dan gatal. Jika Anda memiliki kulit sensitif, gunakan sedikit atau coba oleskan hanya pada sebagian kecil kulit untuk memastikan bahwa minyak kelapa tidak menyebabkan iritasi atau pori-pori tersumbat.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Kulit Kering

Namun mengonsumsi dan memasak dengan minyak kelapa umumnya tidak menjadi masalah bagi kebanyakan orang. Karena itu, jika Anda memiliki kulit berminyak atau sangat sensitif, pertimbangkan untuk menambahkan minyak kelapa ke dalam makanan Anda untuk mendapatkan manfaatnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit