Sweet Vernal Grass: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Jun 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 1, 2019 Waktu baca: 2 menit

Sweet vernal grass (Anthoxanthum odoratum) merupakan tanaman atau rumput abadi yang memiliki bunga dan mekar dari bulan April hingga Mei. Sedangkan bijinya matang dari bulan Mei hingga Juli.

Nama latin Anthoxanthum odoratum berasal dari bahasa Yunani, yaitu anthos (bunga) dan xanthos (kuning). Odoratum adalah bahasa latin yang artinya memiliki wangi. Tanaman ini memiliki aroma yang manis disebabkan oleh kandungan asam benzoate atau benzopyrone.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11

Termasuk dalam keluarga Poaceae atau Gramineae asal Eropa, Asia dan Afrika. Biasanya tumbuh secara liar dan dapat ditemukan di padang rumput, pinggiran hutan, dan dapat tumbuh pada tanah dengan pH asam dan basa, tetapi tidak bisa tumbuh di tempat teduh.

Tanaman ini juga dapat ditanam dalam bentuk benih yang ditanam pada tanah yang telah digarap. Selain itu, tanaman ini memiliki kemampuan beradaptasi secara genetis untuk bertahan di berbagai kondisi lingkungan.

Kegunaan dan Manfaat penggunaan Sweet Vernal Grass

Sweet vernal grass memiliki aroma seperti vanilla jika dikeringkan, biasanya digunakan sebagai zat untuk penyedap dan digunakan sebagai pewangi atau parfum karena mengandung zat kumarin yang tinggi, bahkan telah digunakan untuk kosmetik oleh penduduk asli Amerika.

Namun, rumput ini juga dapat digunakan dalam bidang kesehatan, seperti digunakan sebagai obat  herbal imunoterapi untuk mengobati rhinitis alergi yang disebabkan oleh alergen rumput.

Seluruh bagian tanamannya, khususnya batang dan berbunga mempunyai beberapa sifat, seperti:

  • antikoagulan (pengencer darah)
  • antispasmodik (relaksasi otot)
  • sebagai stimulan atau perangsang

Tanaman ini dapat digunakan juga untuk mengobati sakit rematik, chilblains, dan membantu untuk menenangkan kecemasan yang menyebabkan insomnia. Selain itu efektif digunakan untuk demam, mual, mengobati saluran kemih, batuk, sakit tenggorokan dan gangguan pembuluh darah.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Dosis penggunaan Sweet Vernal Grass

Dosis penggunaan sweet vernal grass yang tepat tergantung dari beberapa faktor seperti usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Saat ini belum ada informasi ilmiah atau penelitian untuk menentukan kisaran dosis yang tepat. Anda sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Interaksi obat

Sweet Vernal Grass dapat memperlambat pembekuan darah, sehingga menggunakannya bersama obat yang juga memperlambat pembekuan darah akan menimbulkan memar dan pendarahan.

Beberapa obat yang memperlambat pembekuan darah, yaitu:

Efek Samping penggunaan Sweet Vernal Grass

Sweet vernal grass dapat memberikan beberapa efek samping seperti mual, diare, muntah, pusing, sakit kepala, dan masalah hati.

Ibu hamil dan menyusui disarankan untuk menghindari penggunaan sweet vernal grass karena mengandung bahan kimia yang dapat memperlambat pembekuan darah.

Hentikan penggunaan tanaman ini sebelum dan sesudah operasi karena dikhawatirkan dapat memberikan pendarahan yang ekstra.

Menurut sebuah penelitian, sweet vernal grass dalam bentuk jerami yang diberikan pada hewan dapat menyebabkan kelemahan progresif, gaya berjalan kaku, kesulitan bernapas, disertai  pendarahan yang berakhir dengan kematian yang cepat.

Reaksi ini, dikaitkan dengan kandungan dicoumarol dari sweet vernal grass,. Kemungkinan dapat menunjukkan bahwa konsumsi langsung manusia dapat berbahaya.

Penggunaan serbuk sari dari sweet vernal grass pada beberapa daerah yang memiliki iklim sedang menyebabkan rinitis alergi, konjungtivitis, dan asma.


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Sweet Vernal Grass Uses, Benefits & Dosage Herbal Database. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/sweet-vernal-grass.html)
Sweet Vernal Grass: Health Benefits, Uses, Side Effects, Dosage & Interactions. RxList. (https://www.rxlist.com/sweet_vernal_grass/supplements.htm)
Sweet Vernal Grass: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-156/sweet-vernal-grass)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app