Seluk Beluk Diet Keto yang Harus Anda Ketahui Sebelum Mencoba

Menurut standard ketogenic diet, porsi makan selama melakukan diet ini terbagi menjadi 75% lemak, 20% protein, dan 5% karbohidrat. Berikut ini adalah daftar makanan berlemak tinggi yang disarankan saat melakukan diet keto:
Dipublish tanggal: Agu 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 17, 2020 Waktu baca: 2 menit
Seluk Beluk Diet Keto yang Harus Anda Ketahui Sebelum Mencoba

Hampir semua orang sudah mengenal diet keto, bahkan mungkin Anda juga sudah pernah mencobanya. Diet yang masih menjadi kontroversi ini ternyata memiliki beberapa manfaat yang baik bagi tubuh. Tapi, diet ini juga memiliki risiko yang cukup berbahaya jika tidak dilakukan dengan benar.

Apa itu diet keto?

Diet keto ialah diet yang dilakukan dengan mengurangi konsumsi karbohidrat. Orang yang melakukan diet ini menambah asupan lemak sebagai pengganti dari karbohidrat. Tujuan utama dari diet keto yakni agar tubuh mencapai kondisi ketosis

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

Jika tubuh telah mencapai kondisi ini, lemak dalam tubuh akan terbakar untuk dijadikan energi bagi tubuh. Lemak yang terbakar ini juga akan diubah oleh hati menjadi keton. Nantinya, keton bisa dijadikan sebagai penyalur energi ke otak.

Manfaat diet keto

1. Mampu mengontrol kadar gula darah bagi para penderita diabetes tipe 2

Mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan bisa meningkatkan kadar gula dalam darah bahkan sampai tak terkontrol. Dengan mengonsumsi lebih banyak lemak sehat, kadar gula dalam darah akan cenderung menurun. Lemak sehat bisa didapatkan dari alpukat, ikan salmon, dan kacang-kacangan. 

Agar mendapatkan hasil yang  baik, Anda perlu rutin memeriksakan kadar gula darah.

2. Membantu meringankan gejala epilepsi pada anak-anak

Diet keto ini dinilai ampuh untuk membantu meringankan gejala epilepsi pada anak-anak sekalipun bagi mereka yang sulit ditangani dengan obat-obatan biasa. Seorang ahli gizi telah membuktikannya dengan melakukan sebuah percobaan pada 150 anak yang memiliki penyakit epilepsi dengan melakukan diet keto.

 Hasilnya, frekuensi kejang yang sering terjadi pada anak-anak berkurang hingga 50%.

3. Bisa mengurangi risiko dari penyakit jantung dan hipertensi

Diet ini mampu menurunkan kadar insulin sehingga kolesterol yang ada dalam tubuh akan cenderung menurun. Oleh karena itu, diet keto bisa membantu Anda terhindar dari risiko penyakit jantung maupun tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

4. Bisa membantu mengurangi risiko dari gangguan syaraf

Diet keto ini juga disarankan untuk para penderita Alzheimer, gangguan tidur, dan penyakit Parkinson. Hal ini karena, lemak yang telah berubah menjadi keton dapat melindungi sel-sel otak dari berbagai kerusakan.

Cara melakukan diet keto dengan benar

Cara melakukan diet ini terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu mengurangi asupan karbohidrat dan menggantinya dengan lemak baik dan protein. 

Menurut standard ketogenic diet, porsi makan selama melakukan diet ini terbagi menjadi 75% lemak, 20% protein, dan 5% karbohidrat. Berikut ini adalah daftar makanan berlemak tinggi yang disarankan saat melakukan diet keto:

  • Telur yang mengandung omega 3.
  • Daging-dagingan, seperti daging sapi, ayam, dan kalkun.
  • Ikan salmon, ikan tuna, dan ikan makarel.
  • Sayur-sayuran hijau, tomat, dan sayur-sayuran yang rendah karbohidrat.
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti, kacang almond dan biji wijen.
  • Buah-buah berlemak baik, contohnya alpukat.
  • Rempah-rempah alami, yakni  garam, merica, dan rempah-rempah lainnya.

Hindarilah mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan sejenisnya selama menjalani diet keto, contohnya nasi, pasta, sereal, kentang, wortel, makanan dan minuman yang manis, lemak jenuh, dan minuman beralkohol.

Risiko melakukan diet keto

Jika tidak dilakukan dengan benar, diet keto bisa berisiko bagi tubuh. Bukan manfaat yang didapat, tubuh malah akan mengalami beberapa masalah sebagai berikut:

  • Kekurangan asupan karbohidrat, sehingga tubuh terasa lemas, penurunan konsentrasi, dan rasa lapar yang mengganggu. Hilangnya manfaat dari vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.
  • Gangguan pada ginjal yang diakibatkan oleh kadar lemak dalam tubuh yang terlalu banyak. 
  • Hilangnya manfaat vitamin dan mineral yg dibutuhkan tubuh

Itulah tadi informasi seputar diet keto. Sebaiknya, Anda melakukan diet keto hanya selama 2-3 minggu lalu lanjutkan dengan pola hidup sehat.  Tertarik mencobanya? Pastikan diet ini sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Semoga bermanfaat.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Ketosis: Symptoms, diet, and more. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/180858)
Keto meal plan: Easy 7-day menu and diet tips. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/327309)
Should you try the keto diet?. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/should-you-try-the-keto-diet)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Tips Diet Kenyang Ala Dewi Hughes
Tips Diet Kenyang Ala Dewi Hughes

Hanya ada beberapa makanan yang berusaha ia kurangi untuk meningkatkan keberhasilan dietnya tersebut yaitu menghindari gula dan garam, minyak, serta lemak jahat seperti pada gorengan, bahan pengawet, bumbu instan, hingga makanan serta minuman instan dalam kemasan. Adapun yang ia lakukan adalah sebagai berikut:

Buka di app