Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN
Makanan dan Diet Sehat

Wijen Hitam, Biji Mini Kaya Nutrisi

Update terakhir: NOV 14, 2019 Tinjau pada NOV 14, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.453.740 orang

Wijen Hitam, Biji Mini Kaya Nutrisi

Siapa yang tidak mengenal biji dengan ukuran super mini ini? Ya, biji wijen merupakan salah satu jenis bahan campuran yang biasa digunakan sebagai tambahan pada aneka jenis makanan. 

Mungkin tidak banyak orang yang tahu, bahwa dibalik bentuknya yang super mini ini wijen ternyata kaya akan kandungan nutrisi, zat gizi dan tentunya  memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Wijen yang terkenal adalah wijen yang berbiji putih dan hitam. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Nah kali ini spesial untuk kamu, kita akan bahas manfaat wijen hitam atau lebih populer dengan nama Black Sesame Seed, yang dikenal lebih kaya akan zat besi, vitamin dan serat makanan dibandingkan wijen putih. Berikut 6 macam manfaat biji wijen hitam:

1. Mencegah penyakit diabetes mellitus

Banyak yang tidak tahu bahwa biji mungil satu ini merupakan sumber magnesium tinggi yang baik sekali bagi tubuh kita terutama untuk kamu yang ingin mencegah atau bahkan dalam proses penyembuhan penyakit diabetes mellitus dimana minyak biji wijen dapat mempengaruhi dampak dari berbagai obat diabetes

Hal ini dikarenakan biji wijen akan meningkatkan fungsi obat diabetes, kemudian mengatur insulin dan kadar glukosa dalam tubuh, sehingga membantu untuk menyembuhkan gejala diabetes dan menurunkan kadar gula darah

Untuk kamu ketahui, bahwa di dalam setiap100 gram biji wijen hitam terkandung 351mg magnesium, maka dengan itu biji super kecil ini terdaftar sebagai 10 makanan tertinggi yang paling kaya akan kandungan magnesiumnya.

2. Menjaga kesehatan tulang

Rajin mengkonsumsi biji wijen setiap harinya dipercaya dapat menjaga kesehatan tulang kamu dan mampu mencegah berbagai masalah tulang. Ini dikarenakan biji wijen kaya akan kandungan seng, kalsium, dan fosfor. 

Kandungan tiga zat mineral tersebut merupakan bagian integral dalam menciptakan materi tulang baru, memperkuat dan memperbaiki tulang yang mungkin melemah akibat cedera atau kondisi tulang lainnya seperti osteoporosis, peradangan pada tulang atau masalah persendian lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

3. Nutrisi untuk rambut sehat

Minyak biji wijen hitam terkenal mengandung sejuta nutrisi seperti omega-3, omega-6 dan omega-9 untuk mempercepat pertumbuhan rambut kamu, dan merupakan pilihan yang baik bagi kamu yang ingin memiliki rambut gelap alami. 

Untuk kamu yang ingin mencobanya, cukup pijat kulit kepala beserta rambut kamu dengan minyak biji wijen hitam yang sudah dicampur dengan minyak zaitun atau minyak almond. Kamu bisa melakukannya satu minggu satu kali untuk hasil yang lebih baik dan cepat.

4. Mencegah penyakit kanker

Vitamin, mineral, kandungan fitat, dan efek anti-karsinogenik yang kuat dari magnesium dalam biji wijen dikenal lebih tinggi daripada jenis lain dari biji-bijian dan kacang-kacangan. 

Biji wijen hitam juga berfungsi sebagai antioksidan dan mengurangi dampak dari radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai macam kanker dan kondisi lain seperti penyakit jantung, penuaan dini, dan kerusakan kognitif

Biji wijen hitam juga diyakini dapat mencegah kanker leukemia, payudara, paru-paru, pankreas, usus, dan kanker prostat. Kamu hanya perlu menambahkan satu sendok biji wijen setiap harinya pada sarapan atau makanan penutup kamu untuk mencegah terjadinya penyakit mematikan satu ini.

5. Menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh bakteri MRSA

MRSA adalah singkatan dari methicillin-resistant staphylococcus aureus. MRSA merupakan kuman bakteri yang bersifat mematikan dan tidak dapat terpengaruh atau tahan dengan antibiotik

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

MRSA dapat menembus jauh ke dalam tubuh, menyebabkan penyakit menular seperti tulang, sendi, darah, katup jantung, dan infeksi paru-paru. 

Namun menurut studi yang dilakukan oleh University of Health Sciences in Lahore, Pakistan, biji wijen hitam mempunyai kemampuan untuk memerangi bakteri MRSA dan membantu pasien dalam proses kesembuhannya.

6. Baik untuk menjaga kulit cantik dan sehat

Biji wijen hitam terkenal kaya akan kandungan seng yang bermanfaat untuk pembentukan kolagen yang berfungsi memperkuat jaringan otot, rambut, dan kulit. 

Selain itu, minyak biji wijen telah terbukti dapat mengurangi munculnya luka bakar dan masalah lainnya di kulit, serta mengurangi tanda-tanda penuaan dini. 

Biji wijen juga dikenal baik untuk kamu yang ingin mengecilkan pori-pori, menjaga kekencangan kulit dan mengontrol minyak berlebih serta dapat menyembuhkan kulit berjerawat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini