HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Sebab Kecapan Mulut Terasa Seperti Logam

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Sebab Kecapan Mulut Terasa Seperti Logam

Saat Anda merasakan adanya rasa kecapan seperti logam, Anda tidak perlu merasa ketakutan karena kondisi yang Anda alami ini termasuk sering dialami oleh banyak orang. Kondisi ini dapat mengindikasikan adanya kondisi penyakit serius seperti ginjal atau liver, diabetes yang belum terdiagnosis dan beberapa jenis kanker. Namun, rasa logam dalam mulut tidak selalu mengindikasikan adanya penyakit serius. 

Penyebab mulut terasa seperti logam

Jika kondisi tubuh Anda termasuk sehat, maka rasa logam dalam mulut Anda biasanya bukan hal yang serius. Mungkin bisa jadi Anda sedang mengonsumsi obat tertentu sehingga muncul efek kecap logam dalam mulut Anda. Beberapa penyebab rasa logam dalam mulut Anda yang memungkinkan terjadi antara lain:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

1. Kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik

Jika Anda tidak menyikat gigi dan membersihkan sela-sela gigi secara teratur, maka masalah kesehatan pada gigi dan gusi seperti adanya gingivitis, periodontis dan infeksi gigi dapat terjadi. Infeksi ini perlu mendapatkan penanganan dokter dan rasa logamnya akan hilang saat infeksi sudah teratasi.

2. Konsumsi obat resep dokter

Obat seperti antibiotik dengan jenis tetracycline, obat encok allopurinol, lithium untuk mengobati kondisi psikis dan beberapa jenis obat jantung dapat menyebabkan munculnya kondisi mulut kering dan terasa seperti logam akibat adanya penutupan pada indera perasa.

3. Minum vitamin tertentu

Adanya konsumsi vitamin dan obat-obatan tanpa resep, yang mengandung kandungan logam tembaga, zinc atau kromium yang tinggi. Selain itu, obat-obatan flu seperti zinc lozenges juga dapat menyebabkan adanya rasa logam.

Pada para wanita hamil yang mengonsumsi vitamin kehamilan, adanya suplemen zat besi dan kalsium menyebabkan timbulnya sensasi kecap logam. Namun, rasa logam ini biasanya akan hilang dengan sendirinya saat tubuh memproses vitamin dan obat yang dikonsumsi. Jika tidak kunjung hilang, maka periksa dosis dan pastikan kadar vitamin dan obat yang dikonsumsi tidak berlebihan.

4. Adanya infeksi pada saluran pernapasan atas

Penyakit pada saluran pernapasan atas seperti flu dan sinusitis dapat mengubah citarasa dalam mulut. Kondisi ini biasanya hanya berlangsung sementara dan biasanya akan selesai begitu infeksi sudah terobati.

5. Kemoterapi

Pasien yang sedang melakukan perawatan kanker dengan obat kemoterapi dan radiasi juga biasanya akan merasakan rasa logam di dalam mulut.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

6. Kehamilan

Pada tahap awal kehamilan, beberapa wanita biasanya akan merasakan adanya perubahan pada citarasanya. Salah satu perubahan citarasa tersebut adalah indera pengecap yang menjadi terasa seperti logam.

7. Demensia

Adanya kondisi demensia seringkali membuat penderitanya merasakan kondisi yang tidak normal pada indera perasanya. Indera perasa tersebut terhubung dengan berbagai saraf yang langsung menyambung ke otak, dan citarasa yang terganggu ini dapat terjadi ketika area otak yang mengatur citarasa ikut terpengaruh dengan kondisi demensia.

8. Paparan zat kimia

Adanya paparan zat kimia berupa merkuri atau timah, yang terhirup masuk ke pernapasan sehingga menyebabkan citarasa berubah seperti logam.

Jika citarasa logam dalam mulut tetap terasa meski tidak ada kondisi yang jelas terjadi, segera periksakan diri ke dokter untuk mengeliminasi kemungkinan adanya kondisi serius.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Metallic taste: Causes, diagnosis, and treatment. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/313744.php)
What Causes a Metallic Taste in My Mouth and What Can I Do About It?. Healthline. (https://www.healthline.com/health/metallic-taste-in-mouth)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app