Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR SCIENTIA INU KIRANA ENWA SIWI
Kesehatan Fisik

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan dan Obatnya

Update terakhir: SEP 17, 2019 Tinjau pada SEP 17, 2019 Waktu baca: 6 menit
Telah dibaca 750.071 orang

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan dan Obatnya

Sakit perut merupakan gejala yang tak jarang dikeluhkan oleh kebanyakan orang, termasuk sakit perut sebelah kanan yang membuat penderitanya bertanya-tanya sebenarnya apa yang sedang terjadi, apa penyebabnya, jangan-jangan itu berbahaya.

Ketika sakit perut terjadi, untuk mempermudah identifikasi, diagnosis, dan pengobatan maka sakit perut dikelompokkan berdasarkan lokasinya. Apakah sakit perut bagian kanan atas dan/atau bawah, atau bagian kiri atas dan/atau bawah. Dalam artikel kali ini akan dibahas sakit perut sebelah kanan atas dan sebelah kanan bawah, mengenai penyebab, gejala, dan cara mengatasinya.

Untuk penyebab sakit perut secara lengkap berdasarkan pembagiannya silahkan baca : Berbagai Penyebab Sakit Perut.

Gejala dan Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Atas

1. Penyakit Empedu

Kantung empedu terletak tepat dibawah hati, yakni di perut sebelah kanan atas, Oleh karena itu gangguan pada organ ini, contohnya: radang (cholecystitis) yang biasanya karena batu empedu (cholelithiasis) atau suatu kanker empedu, akan menyebabkan sakit perut sebelah kanan atas.

Batu empedu merupakan deposit cairan pencernaan (empedu) yang mengeras menjadi batu. Terbentuk pada saluran empedu terutama pada kantung empedu.

Gejala khas lainnya berupa nyeri uluhati, nyeri perut kanan atas menjalar ke punggung dan bahu kanan (tembus kebelakang).

2. Penyakit Hati (liver)

Hati terletak pada perut bagian kanan atas oleh karena itu apabila ada gangguan berupa peradangan (hepatitis), kanker, abses hepar (liver abcess), maka dapat menimbulkan rasa sakit perut sebelah kanan atas.

Tanda dan Gejala lain yang dapat menyertainya berupa badan lemas, mual hingga muntah, demam (hepatitis dan abses hepar), pembesaran hati, mata dan kencing menjadi kuning pekat (hepatitis).

3. Penyakit Ginjal

Ginjal ada dua buah, kiri dan kanan, ginjal kanan terletak tepat dibawah hati sehingga gangguan berupa batu ginjal atau infeksi ginjal dapat menyebabkan rasa sakit pada perut sebelah kanan atas dan bawah.

Tanda lain jika ginjal yang bermasalah yaitu terdapatnya nyeri ketok pada pinggang (costo vertebra angle), pemeriksaan ini dilakukan oleh dokter. Selain itu pada penyakit ginjal disertai keluhan pada berkemih.

4. Pancreatitis (Radang Pankreas)

Pankreas merupakan jaringan kelenjar yang terletak dibelakang lambung pada perut bagian atas, jika terjadi peradangan akan terasa sakit yang menjalar sampai perut bagian kanan atas.

Tanda dan gejala pankreatitis lainnya antara lain: rasa sakit menjalar ke belakang, mual, muntah, sakit perut yang akan bertambah setelah makan dan minum.

Selain itu nyeri perut kanan atas dapat disebabkan oleh radang usus (colitis), diverticulitis (radang pada kantung usus besar), gangguan paru ( pneumonia, emboli atau bola-bola lemak)

Gejala dan Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah

1. Appendisitis (Radang usus buntu)

Usus ubuntu atau appendic terletak pada perut sebelah kanan bawah, pada suatu ketika bisa terjadi peradangan pada usus buntu yang kita kenal dengan istilah appendicitis.

Gejala khas radang usus buntu ini yaitu nyeri tekan perut kanan bawah, hilang nafsu makan, mual dan muntah segera setelah perut sakit, demam, perut kembung. Sebaiknya segera periksa ke dokter karena kebanyakan kasus usus buntu harus segera ditolong dan berakhir dengan tindakan operasi.

2. Kehamilan Ektopik (Hamil di luar kandungan) Terganggu

Hamil diluar kandungan yang menyebabkan sakit perut sebelah kanan bawah yaitu jika hamilnya terletak pada tuba falopi (saluran telur) kanan kemudian terganggu (pecah) atau keguguran. Kehamilan ektopik ini biasa terjadi di saluran tuba falopii.

Gejala yang menyertai Kehamilan Ektopik terganggu ini yaitu terjadi pada wanita yang telat mens dengan hasil tes pack (+) hamil, pasien menjadi cepat lemah, dan pucat. Ini merupakan kasus kegawatdaruratan, harus segera dibawa ke UGD.

Baca lebih lanjut mengenai KET : Kehamilan Ektopik Terganggu

3. Salpingitis Kanan

Radang tuba falopi sebelah kanan karena adanya infeksi, sehingga paling umum disertai dengan demam.

4. Kista Ovarium Kanan

Kista ovarium adalah kantung berisi cairan yang terdapat pada ovarium (indung telur). Wanita memiliki dua ovarium kanan dan kiri.

Kebanyakan kista tidak menimbulkan gejala apapun dan sembuh sendiri. Tapi jika kista ovarium membesar dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada perut. Jika kista besar menekan pada kandung kemih, maka akan merasa sebentar-sebentar ingin kencing.

Kista ovarium yang menimbulkan rasa sakit dan gejala yang serius jika kista tersebut pecah. Jika yang terlibat adalah ovarium kanan maka akan menimbulkan rasa sakit pada perut sebelah kanan bawah.

5. Endometriosis

Endometriosis terjadi ketika jaringan endometrium (lapisan rahim) yang seharusnya tumbuh di rahim malah tumbuh di luar rahim. Organ luar rahim yang biasanya ditumbuhi antara lain ovarium (indung telur), usus, dan organ lain dalam rongga pelvis. Dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan bawah jika organ yang terlibat berada disana. Gejala atau ciri khas dari endometriosis ini, yaitu rasa sakit timbul ketika menstruasi.

6. Hernia Inguinalis

Hernia inguinalis terjadi ketika jaringan lunak - biasanya bagian dari membran yang melapisi rongga perut (omentum) atau bagian dari usus - menonjol melalui titik lemah pada otot perut. Tonjolan yang dihasilkan dapat menyakitkan, terutama ketika batuk, membungkuk, mengangkat benda yang berat, mengedan. Hernia bisa terjadi di kanan atau kiri.

Bisa menimbulkan rasa sakit perut sebelah kanan bawah apabila hernia inguinalis terjadi di kanan, tanda lain berupa penonjolan pada lipat paha yang hilang timbul. Timbul saat berdiri tegak, hilang atau mengecil saat berbaring terlentang. Namun biasanya tonjolan sudah menetap (kejepit) jika sudah menimbulkan rasa sakit.

7. Ureterolithiasis (batu ureter) kanan

Ureter merupakan saluran kencing yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih. Ureter ada dua, kanan dan kiri. Ketika ada batu pada saluran ureter yang terletak di perut kanan bawah maka akan menimbulkan rasa sakit pada area tersebut yang biasanya disertai dengan nyeri pinggang, rasa sakit menjalar ke selangkangan (daerah buah zakar pada laki-laki), terkadang ada rasa mual.

Sakit perut sebelah kanan bawah yang dirasakan terasa melilit seperti diremas-remas dan sangat sakit bergelombang (sebentar sakit, sebentar reda) ini yang disebut sebagai nyeri kolik.

8. Obstruksi Usus (usus tersumbat)

Sebenarnya bisa terjadi di perut sebelah kiri dan kanan, atas atau bawah dan akan menimbulkan rasa sakit pada bagian perut yang terlibat, dapat disertai dengan mual dan muntah, perut kembung.

Itulah penyebab sakit perut sebelah kanan yang termasuk sering, sebenarnya masih ada yang lain akan tetapi akan terlalu panjang jika di tulis dalam satu artikel seperti ini.

Selain itu nyeri perut kanan bawah dapat disebabkan oleh : diverticulitis ( radang pada kantung usus atau divertikel), irritable bowel disease, myoma uteri, torsio, penyakit peradangan panggul (PID), gangguan ginjal (batu, infeksi, keganasan, autoimun)

Cara Mencegah dan Mengatasi Sakit Perut Sebelah Kanan

Tidak ada metode khusus untuk mencegah sakit perut sebelah kanan. Karena rasa sakit dapat disebabkan oleh penyakit yang bervariasi, metode pencegahan serta pengobatan tergantung pada penyebab yang mendasarinya.

Oleh karena itu, setiap orang yang mengalami sakit perut sebelah kanan yang tak kunjung reda, sebaiknya langsung periksakan ke dokter. Mengabaikan rasa sakit dan berharap akan sembuh sendiri malah dapat menyebabkan kondisi yang semakin parah bahkan dapat berakibat fatal.

Mengobati sakit perut sebelah kanan juga akan tergantung pada diagnosis. Pemeriksaan fisik lengkap harus dilakukan untuk membuat diagnosa yang tepat.

Pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, pemeriksaan kencing, Analisa tinja, USG , sinar-X (rongsen) atau endoskopi mungkin juga diperlukan untuk membuat penilaian yang lebih tepat.

  • Jika seseorang mengalami nyeri yang kurang serius di perut kanan bawah, maka obat OTC sudah cukup untuk digunakan. Sakit perut sebelah kanan karena gas perut juga dapat sembuh sendirinya tanpa pengobatan khusus.
  • Jika seseorang memiliki infeksi ginjal mengalami sakit perut sebelah kanan maka akan memerlukan obat antibiotik.
  • Pembedahan mungkin diperlukan untuk seseorang dengan sakit perut yang parah. Pasien appendisitis (radang usus buntu) membutuhkan pengangkatan usus buntu atau yang dikenal sebagai pembedahan usus buntu, dan batu ginjal sering memerlukan intravenous pain management sampai batu ginjal keluar.

Kapan harus ke dokter?

Anda disarankan untuk pergi ke dokter jika sakit perut kanan bawah tersebut berlangsung lebih dari beberapa hari.

Kasus sakit perut ringan biasanya dapat diobati di rumah. Misalnya, mengubah pola makan dapat membantu mengobati gas dan gangguan pencernaan, sementara obat penghilang rasa sakit tertentu dapat membantu mengendalikan kram menstruasi.

Namun, secara umum, Anda harus menghindari penggunaan aspirin (Bufferin) atau ibuprofen (Advil) karena mereka dapat mengiritasi perut Anda dan memperburuk nyeri perut.

Seorang dokter juga dapat merujuk pasien dengan rasa sakit di perut kanan bawah ke dokter spesialis, termasuk:

  • Ahli pencernaan, untuk masalah dengan sistem pencernaan
  • Ahli urologi, untuk rasa sakit yang terjadi sebagai akibat dari masalah kantung kemih atau ginjal
  • Ginekolog, untuk masalah yang melibatkan rahim, ovarium, atau kehamilan ektopik

Apa pun perawatannya, Anda disarankan untuk mendapatkan saran medis untuk mendapatkan penyembuhan yang maksimal. Setelah penyebab sakit perut sebelah kanan ditentukan, Anda akan diberitahu tentang pengobatan yang dianjurkan termasuk apakah perlu operasi atau tidak.


Reference

  • What is this pain in my lower right abdomen?. Medical News Today (2018)
  • What’s Causing Pain in My Lower Right Abdomen?. Healthline (2018)
  • Abdominal Pain Causes. MedicineNet (2018)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit