Rasagiline: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 18, 2019 Update terakhir: Okt 25, 2020 Tinjau pada Mei 31, 2019 Waktu baca: 3 menit

Mengenai Rasagiline

Gologan:

Obat resep

Kemasan:

Tablet

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk dan Flu via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 9

Kandungan:

Obat antiparkinson

Manfaat Rasagiline

Rasagiline biasa digunakan dalam pengobatan gejala penyakit Parkinson seperti kaku, kejang, gemetar atau otot yang tidak terkendali). 

Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan jumlah senyawa kimia tertentu dalam otak. Penggunaanya kadang dibarengi dengan obat lain seperti levodopa.

Dosis Rasagiline

Jika pasien hanya menggunakan rasagiline, dosis yang diberikan mungkin berbeda dengan pasien yang menggunakannya dengan obat Parkinson lainnya. Ikuti petunjuk dokter, jangan mengosumsi rasagiline kurang atau lebih dari yang diresepkan dokter.

Dosis yang umum diberikan adalah sebagai berikut:

  • Monotherapy : 1mg secara oral sekali sehari (rekomendasi)
  • Adjuct Therapy
  • Dosis awal (pasien dengan pengobatan levodopa): 0.5mg secara oral sekali sehari
  • Dosis awal (pasien tanpa pengobatan levodopa): 1mg secara oral sekali sehari
  • Dosis perawatan: 0.5mg sampai 1mg sekali sehari

Jangan menambah atau mengurangi dosis rasagiline tanpa pengetahuan dokter, jika pasien kelupaan mengosumsi rasagiline, jangan menggandakan dosis pada jadwal minum berikutnya. Apabila terjadi overdosis, segera menghubungi bagian gawat darurat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Domperidone if 10mg tab 1

Gejala overdosis dapat meliputi kantuk, sakit kepala, pusing, halusinasi, merasa marah, otot kejang pada bagian leher atau rahang, keluar keringat, kulit dingin, napas rendah atau pingsan.

Efek samping Rasagiline

Penggunaan rasagiline dapat menimbulkan beberapa efek samping, yang paling umum dijumpai adalah:

  • Pusing, ngantuk
  • Masalah tidur (insomnia), suka mimpi aneh
  • Gerat otot yang tidak terkendali
  • Kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan
  • Gangguan pencernaan, nyeri perut, mual, muntah, sembelit
  • Bengkak kaki atau tangan
  • Sendi kaku atau nyeri
  • Mulut kering, batuk
  • Gejala flu - deman, merinding, tubuh pegal

Segera temui dokter jika pasien mengalami gejalan sindrom serotonin seperti: halusinasi, demam, berkeringat, detak jantung cepat, kaku otot, hilang keseimbangan, gemetar, berkedut, mual, muntah, atau diare.

Pada beberapa pasien yang menggunakan rasagiline bersama levodopa, kemungkinan  mengatuk dan jatuh tidur tiba-tiba pada siang hari. Beritahu dokter jika pasien sering mengalami kantuk yang tidak wajar.

Beberapa dampak yang cukup berat mungkin dialami, hentikan pemakain dan segera menghubungi dokter jika pasien mengalami:

  • Kantuk sangat parah atau tertidur tiba-tiba
  • Perubahan suasana hati dan kelakuan yang tidak wajar
  • Terasa ingin pingsan, kepala ringan
  • Memburuknya gejala penyakit Parkinson
  • Tekanan Darah tinggi yang sangat buruk - sakit kepala parah, daya lihat kabur, leher dan telingan seperti dipukul-pukul, kebingungan, nyeri dada parah, napas pendek, gemetar

Jika gejala penyakit Parkinson tidak membaik bahkan sampai memburuk, segera konsultasikan dengan dokter, umumnya untuk menghindari efek samping pasien disarankan mengikuti diet tertentu.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Perhatian

Hindari menyetir atau melakukan kegiatan yang membutuhkan konsentrasi karena rasagiline dapat menyebabkan kantuk yang sangat parah.

Rasagiline dapat berinteraksi dengan banyak obat, jangan menggunakan rasagiline jika pasien menggunakan MAO inhibitor 14 hari sebelumnya, interaksi berbahaya mungkin terjadi. Jenis MAO inhibitor seperti namun tidak terbatas selegiline, tranylcypromine, linezolid, inocarboxazid atau phenelzine.

Beritahu dokter jika ada dalam perawatan obat berikut:

Selain itu pasien dalam perawatan obat tidur, pengobatan narkotik, obat pelemasan otot atau obat depresi dan cemas. Pastikan dokter tahu apabila pasien mengosumsi obat anti depresi dalam kurun 2 (dua) minggu sebelum penggunaan rasagiline.

Hindari konsumsi minuman berakohol terutama anggur merah, vermouth atau ale. Hindari juga makanan yang mangandung tyramine tinggi seperti keju, saus kacang kedelai, ikan atau daging yang diproses lama seperti difermentasi, dikeringkan atau diasap. 

Mengosumsi makanan mengandung tyramine ketika pasien dalam pengobatan rasagiline dapat meningkatkan tekanan darah tinggi pada tingkat berbahaya.

Untuk memastikan jika rasagiline aman digunakan pasien, pastikan dokter juga tahu jika pasien:

Beberapa obat lain dapat berinteraksi dengan rasagiline dan berdampak serius yang sering disebut sindrom serotonin. Dokter harus tahu jika pasien mengosumsi obat stimulan, produk herbal, obat migrain, obat infeksi, obat pencegah mual dan muntah.

Belum diketahui apakah rasagiline aman untuk ibu menyusui dan bayi dalam kandungan, konsultasikan dengan dokter.


12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Rasagiline for Parkinson's disease (Azilect). Patient. (https://patient.info/medicine/rasagiline-for-parkinsons-disease-azilect)
Azilect (rasagiline) dosing, indications, interactions, adverse effects, and more. Medscape. (https://reference.medscape.com/drug/azilect-rasagiline-343055)
rasagiline. University of Michigan | Michigan Medicine. (https://www.uofmhealth.org/health-library/d05612a1)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app