Promethazine: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mar 4, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Tinjau pada Agu 6, 2019 Waktu baca: 3 menit

Mengenai Promethazine

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Cair, tablet, suntik

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Kandungan:

Obat antihistamine

Apa itu Promethazine ?

Promethazine adalah salah satu jenis obat dengan bentuk cair, tablet maupun suntik yang termasuk golongan obat antihistamin dimana obat ini dapat dikatakan sebagai obat yang serba guna. 

Mengapa dapat dikatakan sebagai obat serba guna ? Hal ini dikarenakan obat promethazine dapat dipakai dalam mengobati berbagai jenis kondisi seperti mengobati dan mencegah rasa mual dan ingin muntah baik karena pusing vertigo, mabuk perjalanan maupun yang diebabkan oleh kondisi medis tertentu seperti akibat operasi. 

Obat promethazine juga dipercaya mampu mengobati mereka yang memiliki gangguan tidur hingga meringankan rasa sakit setelah atau sebelum persalinan karena obat ini memiliki efek sedatif yang dapat membuat saraf menjadi lebih rileks dan membantu meringankan rasa sakit yang ada pada tubuh. 

Selain itu obat ini pun mampu mengobati berbagai reaksi alergi fatal atau anaphylaxis dan reaksi tubuh terhadap produk darah, obat promethazine juga bisa dipakai bagi mereka yang bereaksi alergi pada gigitan serangga, bulu binatang, serbuk sari, debu dan kondisi lainnya.

Dosis penggunaan Obat Promethazine

Obat promethazine merupakan obat resepan yang dosis dan takarannya tentunya berasal dari hasil pemeriksaan dokter terhadap kondisi kesehatan pasien, tingkat keparahan penyakit pasien, usia pasien serta reaksi tubuh pasien pada pemberian dosis awal obat promethazine. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Perlu diketahui bahwa obat promethazine tidak bisa diberikan kepada para pasien yang berusia bayi atau dibawah 2 tahun. Obat ini baru bisa diberikan pada para pasien yang usianya 2 tahun keatas hingga dewasa. 

Untuk dosis dan takarannya, terdapat beberapa ukuran standard yang biasa dokter gunakan sebagai pedoman bila kondisi kesehatan dan penyakit pasien masih di tahap awal seperti dalam mengatasi mual umumnya anak anak 5 hingga 10 tahun akan diberikan dosis 10 mg saja sementara anak diatas 10 tahun hingga usia dewasa akan diberikan dosis 20 mg. 

Obat ini danjurkan dikonsumsi oleh para penderita mual di malam hari, bila efek mual masih ada obat ini bisa diulangi lagi penggunaanya setelah 6 hingga 8 jam dosis pertama dikonsumsi. 

Sementara untuk anak dibawah usia 5 tahun, tidak ada standar dosis, dosis yang diberikan harus berdasarkan hasil pemeriksaan dokter karena anak dibawah usia 5 tahun masih tergolong sensitif.

Efek samping setelah mengkonsumsi Promethazine

Obat promethazine umumnya dapat membawa beberapa efek samping bagi para pasien yang telah mengkonsumsinya seperti 

  • pandangan kabur
  • rasa kantuk dan lelah
  • sakit kepala
  • konstipasi atau sembelit
  • rasa sakit perut
  • kesulitan dalam membuang air kecil.
  • gerakan tak terkendali 
  • gemetar
  • kejang
  • halusinasi
  • kulit menjadi ducat
  • rasa gelisah
  • gangguan keseimbangan saat berjalan
  • nyeri sendi
  • pembengkakan
  • pusing
  • kenaikan berat badan
  • kesulitan dalam berorgasme

Interaksi Obat

Obat ini dapat berinteraksi dengan obat-obatan lainnya termasuk:

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Domperidone if 10mg tab 1

Peringatan dalam menggunakan Promethazine

Untuk para pasien diharapkan selalu bersifat terbuka kepada team dokter saat dilakukan pemeriksaan kesehatan terutama bagi mereka yang memilki riwayat penyakit seperti penyakit hati, penyakit ginjal, glaukoma, gangguan pernafasan, penyumbatan usus, gangguan prostat dan epilepsi sehingga pemberian obat promethazine dapat disesuaikan dosis dan takarannya.

Untuk para pasien yang sedang menjalankan promil atau progam kehamilan, sedang dalam kondisi hamil dan menyusui sebaiknya beritahukan kepada team dokter agar dosis yang diberikan tidak menganggu rencana kehamilan, perkembangan janin serta pembentukan ASI para ibu tersebut.

Jangan lupa juga untuk memberitahukan obat obatan apa yang pernah atau sedang dikonsumsi beserta alergi yang pernah atau sedang diidap sehingga dokter dapat mengetahui apakah pemberian obat promethazine pada pasien akan menimbulkan reaksi interaksi kimiawi obat dalam tubuh pasien ataupun tidak.

Obat promethazine merupakan obat dokter yang memiliki efek samping rileks dan cenderung membuat para penggunanya menjadi mengantuk oleh sebab itu, pemberian obat ini kepada pasien akan membuat pasien mengantuk sesudahnya sehingga bagi para pasien yang telah meminum obat ini dilarang untuk mengendarai kendaraan atau melakukan aktivitas fisik yang membutuhkan konsentrasi dan fokus yang besar.

Jangan mengkonsumsi minum minuman beralkohol ketika mengkonsumsi obat promethazine karena akan memperparah rasa kantuk pada diri pasien dan dikhawatirkan memiliki efek samping pada pasien. 

Konsumsilah obat promethazine di waktu dan jam yang sama setiap harinya agar efek pada obat ini dapat terasa lebih maksimal bagi tubuh pasien. Bila tubuh pasien tidak bisa menerima obat ini secara oral maka umumnya dokter akan memberikan obat promethazine melalui suntikan ke dalam tubuh pasien.


13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
WebMD. Drugs Medications. Promethazine HCL. (https://www.webmd.com/drugs/2/drug-8895/promethazine-oral/details)
Stewart, M. Patient (2017). Promethazine. (https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a682284.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app