Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR VINA SETIAWAN

Polimiositis - Gejala, Cara Menangani, dan Obat

Update terakhir: SEP 21, 2019 Tinjau pada SEP 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 787.849 orang

Apa itu Polimiositis?

Polimiositis adalah penyakit inflamasi atau peradangan otot yang jarang terjadi dan dapat menyebabkan kelemahan otot yang mempengaruhi kedua sisi tubuh. Menderita penyakit ini akan membuat kita sulit untuk menaiki tangga, berdiri, sampai meraih barang diatas kepala. Polimiositis dapat menyerang seluruh tubuh akan tetapi lebih sering terjadi di area paha, pinggul dan otot bahu.

Penyebab Polimiositis

Penyebab Polimiositis 

Penyebab Polimiositis sendiri sampai saat ini masih belum diketahui dengan pasti. Namun beberapa ahli menyatakan berbagai karakteristik polimiositis menyerupai dengan penyakit autoimun dimana sistem imun tubuh kita menyerang jaringan kita sendiri karena kesalahan. 

Polimiositis sering dikaitkan dengan berbagai penyakit seperti Raynaud’s Syndrome, penyakit jantung seperti myocarditis, penyakit paru-paru yaitu fibrosis paru serta penyakit kanker. Biasanya berbagai penyakit tersebut dapat terjadi bersamaan dengan polimiositis.

Tanda dan Gejala Polimiositis

Tanda dan gejala yang bisa dialami oleh seorang penderita polimiositis, antara lain:

Kelemahan otot. Kelemahan otot yang terjadi biasanya adalah otot yang terdekat dengan badan. Biasanya terjadi pada otot leher, bahu, punggung, paha dan panggul. Kelemahan otot ini bisa terjadi pada kedua sisi tubuh yaitu sisi kanan dan kiri, yang semakin lama akan semakin memburuk.
Pembengkakan pada otot.
Nyeri sendi
Kelelahan
Demam
Kesulitan menelan
Gangguan pernapasan
Berat badan menurun

Pencegahan Polimiositis

Dikarenakan penyebab Polimiositis yang belum diketahui secara pasti, sampai saat ini pencegahan spesifik masih belum diketahui. Namun, hal hal yang dapat dilakukan adalah:

Menerapkan pola hidup sehat. Mengonsumsi banyak buah dan sayur serta makanan bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang infeksi.

Minum air putih minimal 8 gelas atau setara dengan 2 liter per harinya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli DEXTAMINE Kaplet via HonestDocs

DEXTAMINE digunakan untuk mengurangi reaksi alergi yang serius dan menekan proses peradangan yang terjadi pada tubuh. GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Dextamine tab 1

Rutin berolahraga 3-4 kali seminggu dengan intensitas olahraga ringan sampai sedang dan dilakukan 30 – 45 menit sekali olahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

Obat-obatan. Dalam beberapa kasus, menghindari dengan menggunakan obat-obatan bisa dibilang efektif. 

Rutin memeriksakan diri ke dokter untuk memeriksakan kesehatan anda secara menyeluruh.

Pengobatan Polimiositis

Diagnosis Polimiositis

Polimiositis merupakan penyakit yang harus diperiksakan secara langsung ke dokter guna memastikan diagnosanya. Adapun beberapa pemeriksaan yang dapat dilakukan seorang dokter bila anda terkena Polimiositis ini adalah

Pemeriksaan fisik. Pemeriksaan fisik yang biasa dilakukan adalah pemeriksaan fisik sederhana yang memeriksa keadaan organ-organ dalam tubuh.
Lab darah. Hal ini biasa akan dilakukan bila didapatkan kecenderungan Polimiositis seperti pemeriksaan darah lengkap dan enzim otot yang mengindikasikan ada tidaknya cedera pada otot. Pemeriksaan autoantibodi juga bisa dilakukan untuk menentukan terapi dan medikasi.
MRI. MRI akan dilakukan untuk menentukan ada tidaknya inflamasi otot dalam jumlah besar.
EMG. Elektromiografi untuk menentukan aktifitas listrik otot untuk melihat otot mana yang cedera dan terserang penyakit ini.
Biopsi otot. Biopsi akan diperiksakan dibawah mikroskop untuk melihat keabnormalitasan otot seperti inflamasi, cedera, dan defisiensi protein dan enzim.
Pemeriksaan penunjang lain yang sesuai.

Pengobatan Polimiositis

Pengobatan penyakit Polimiositis sampai saat ini belum ditemukan, pengobatan yang dilakukan adalah untuk mengurangi keluhan dan gejala yang dirasakan oleh penderita. Berbagai faktor seperti usia, gejala, penyakit penyerta akan menjadi pertimbangan dalam memilih pengobatan bagi penderita polimiositis. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS* ongkir untuk pembelian minimal Rp50.000!

Blackmores celery 7000 120 1

Adapun pengobatan yang bisa dilakukan antara lain:

Kortikosteroid. Obat anti-inflamasi kortikosteroid bisa digunakan untuk meredakan gejala peradangan otot. Dikarenakan kortikosteroid harus dilakukan penyesuaian dosis, konsultasikan penggunaan obat ini lebih lanjut ke dokter.
Pembantu kortikosteroid. Kadang kortikosteroid memerlukan pendamping obat seperti azatioprine, metotrexat, cyclosporin dan takrolimus untuk menurunkan potensi efek samping  dan agar dosis kortikosteroid bisa diturunkan.
Obat-obatan imunosupresan bisa diberikan untuk menekan sistem imun.
Fisioterapi. Bila sudah mengalami gejala dan keluhan berupa kelemahan otot yang disarankan adalah untuk melakukan fisioterapi untuk meningkatkan kekuatan dan merengangkan otot otot yang kaku. Biasanya hal ini akan dirujuk ke dokter spesialis KFR (Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi) ataupun hanya latihan latihan dasar yang bisa dilakukan dirumah sendiri.

Pada dasarnya, pengobatan Polimiositis harus dilakukan berdasarkan tingkat keparahan dari infeksi dan daerah tempat inflamasinya sendiri. 

Pemeriksaan dan penanganan yang secepatnya diperlukan untuk menghindari komplikasi-komplikasi yang tidak diinginkan. Komplikasi yang bisa terjadi antara lain adalah infeksi, penyakit paru, gangguan irama jantung dan gagal jantung, serta malabsorsi.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Dok kalo kedutt itu kenapa ya dok kadang ditangan di kaki diperut gt kenapaa dok
Pertanyaan ini telah dijawab oleh seorang ahli medis

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit