HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI
Pemeriksaan

Hitung Darah Lengkap, Ini yang Harus Anda Ketahui

Sama juga dengan pengambilan darah di salah satu bagian tubuh bisa lebih sulit dibanding bagian tubuh yang lain. Oleh karena itu jangan mudah menyamakan kondisi satu orang dengan orang lain dalam hitung darah lengkap. Bukan berarti pengambilan sampel ini tidak memiliki risiko. Ada beberapa risiko yang terjadi akibat pengambilan sampel darah mulai dari hematoma atau resapan darah di bawah kulit, infeksi, perdarahan, pusing hingga pingsan.
Dipublish tanggal: Sep 9, 2019 Update terakhir: Jun 25, 2020 Waktu baca: 3 menit

Kegiatan pemeriksaan sel darah untuk mengetahui kondisi kesehatan pasien secara keseluruhan disebut dengan hitung darah lengkap. Pemeriksaan ini memberikan kemudahan dalam memeperkirakan penyakit yang dialami dan memberikan penanganan yang tepat pada pasien. 

Bila jumlah sel darah mengalami kenaikan atau penurunan melewati batas normal maka bisa diakibatkan oleh gangguan kesehatan seperti anemia, leukemia dan infeksi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️ Privasi Terjamin ✔️

Default internal ads sept20

Kegiatan hitung darah lengkap meliputi berbagai komponen yang membentuk sel darah. Komponn tersebut terdiri dari jumlah sel darah merah, sel darah putih, dan jumlah sel keeping darah (trombosit). 

Selain itu, hitung darah lengkap juga meliputi protein dalam sel darah merah (hemoglobin), serta porsi (persen) sel darah merah dalam satu volume darah (hematokrit). 

Melalui hitung darah lengkap, Anda akan mengetahui berbagai informasi seperti hitung jenis sel darah putih, ukuran rata-rata sel darah merah (MCV), jumlah hemoglobin dalam setiap sel darah merah (MCH), dan konsentrasi hemoglobin atau jumlah relatif hemoglobin terhadap setiap ukuran sel darah merah (MCHC). 

Perlu diketahui bahwa hitung jenis sel darah putih meliputi komponen seperti neutrofil batang, neutrofil segmen, limfosit, monosit, eosinofil, dan basofil. Dengan pemeriksaan ini, kondisi darah Anda akan lebih terpantau dengan jelas.

Kadar normal pemeriksaan darah di atas berbeda-beda setiap orang, tergantung jenis kelamin dan umur pasien. Biasanya dokter akan membandingkan hasil pemeriksaan dengan kondisi normal pemeriksaan darah pasien tersebut.

Indikasi hitung darah lengkap

Hitung darah lengkap berfungsi untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang secara menyeluruh. Bagi yang sudah terindikasi dengan gangguan tertentu maka dokter biasanya akan menyarankan untuk melakukan hitung darah lengkap guna memantau perkembangan penyakit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️ Privasi Terjamin ✔️

Default internal ads sept20

 Kemudian bagi pasien yang sedang menjalani pengobatan, hitung darah lengkap dapat digunakan untuk mengetahui seberapa efektif pengobatan yang telah dilakukan oleh pasien.

Peringatan hitung darah lengkap 

Hitung darah lengkap tentu diperlukan adanya sampel darah, Pengambilan darah pada satu orang bisa berbeda dengan yang lain karena ukuran pembuluh darah vena dan ukuran pembuluh darah di satu bagian tubuh berbeda dengan bagian tubuh yang lain. 

Oleh karena itu kegiatan pengambilan darah seseorang bisa lebih rumit dibandingkan pengambilan darah pada orang lain. Sama juga dengan pengambilan darah di salah satu bagian tubuh bisa lebih sulit dibanding bagian tubuh yang lain. 

Oleh karena itu jangan mudah menyamakan kondisi satu orang dengan orang lain dalam hitung darah lengkap. Bukan berarti pengambilan sampel ini tidak memiliki risiko. 

Ada beberapa risiko yang terjadi akibat pengambilan sampel darah mulai dari hematoma atau resapan darah di bawah kulit, infeksi, perdarahan, pusing hingga pingsan.

Untuk memastikan kondisi kesehatan tubuh, hitung darah lengkap saja belum cukup. Oleh karena itu Anda bisa melakukan tes atau pemeriksaan yang lain. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️ Privasi Terjamin ✔️

Default internal ads sept20

Sebelum hitung darah lengkap

Tidak ada aturan khusus sebelum melakukan hitung darah lengkap, Anda diperbolehkan melakukan aktivitas makan dan minum seperti biasa. Hanya saja, Anda bisa menggunakan pakaian yang mudah digulung agar saat pengambilan sampel darah tidak akan mengganggu. 

Pelaksanaan hitung darah lengkap

Hitung darah lengkap dilakukan dengan mengambil sampel darah terlebih dahulu oleh petugas laboratorium. Sebelum mengambil sampel darah, biasanya bagian yang akan diambil sampel dibersihkan terlebih dahulu dengan antiseptik misalnya alkohol. 

Setelah itu, tali elastis diikatkan pada lengan atas agar aliran darah tehambat dan terbendung di pembuluh darah vena dibawahnya. Kemudian jarum dimasukkan ke kulit guna mengumpulkan sampel darah. 

Setelah selesai diambil sampel darahnya maka ikatan tali elastis dibuka dan bekas tusukan jarum ditutup dengan plester guna menghentikan perdarahan. Proses hitung darah lengkap memang tidak memakan waktu yang banyak, untuk hasilnya dapat diperoleh dalam beberapa jam setelah pemeriksaaan atau di hari berikutnya.

Setelah hitung darah lengkap

Sampel darah yang sudah diambil akan diperiksa dengan mesin yang mampu menampilkan jumlah dari hasil pemeriksaan. Hasil akan dibandingkan dengan kondisi pasien sesuai jenis kelamin dan usia. 

Untuk ukuran jumlah sel darah merah yang normal pada pria berkisar 5-6 juta per mikroliter darah dan untuk wanita berkisar 4-5 juta per mikroliter. Jumlah normal sel darah putih berkisar antara 4.500 hingga 10.000 sel per mikroliter darah. 

Peradangan dalam tubuh ditandai dengan jumlah sel darah putih mengalami peningkatan dari kadar normalnya. Untuk kadar trombosit normal berkisar 140-450 ribu sel per mikroliter darah. Nilai hemoglobin normal pada pria berkisar antara 14-17 gram per desiliter dan pada wanita 12-15 gram per desiliter. 

Nilai hematokrit normal pada pria dewasa adalah 41-50% dan pada wanita 36-44%.

Terjadinya penyakit jantung, kelainan darah, penyakit autoimun, reaksi dari obat hi gga kanker dapat menyebabkan hasil hitung darah lengkap menjadi tidak normal. Bila mengalami hal ini maka dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan kondisi pasien.

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Complete blood count (CBC). Drugs.com. (https://www.drugs.com/mcp/complete-blood-count-cbc)
Complete Blood Count (CBC): Types, Preparation & Procedure. Healthline. (https://www.healthline.com/health/cbc)
Complete Blood Count (CBC) Test: Purpose & Normal Range of Results. WebMD. (https://www.webmd.com/a-to-z-guides/complete-blood-count)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app