Pilih Diet Atkins? Ketahui Keuntungan dan Risiko

Keuntungan lain yang ditawarkan dari diet ini adalah penurunan kadar insulin yang bermanfaat untuk membantu pasien penderita diabetes, penyakit jantung serta hipertensi.
Dipublish tanggal: Agu 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 17, 2020 Waktu baca: 2 menit
Pilih Diet Atkins? Ketahui Keuntungan dan Risiko

Diet Atkins sebenarnya telah dicetuskan sejak tahun 70an oleh seorang kardiolog Dr. Robert C. Atkins.  Dr. Robert C. Atkins menyarankan untuk meningkatkan konsumsi makanan berprotein tinggi serta tidak mengkonsumsi makanan mengandung karbohidrat sama sekali semalam dua minggu pertama masa diet. 

Teorinya adalah ketika Anda tidak mengkonsumsi karbohidrat sama sekali selama dua minggu, maka tubuh Anda akan menjalani ketosis, yaitu kondisi tubuh akan memakai cadangan lemak sebagai bahan bakar.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Teori diet ini sendiri kini telah memunculkan banyak pro dan kontra. Meski begitu, masih banyak yang mencoba menjalankan diet ini. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait diet Atkins berikut adalah ulasannya.

Apa itu diet atkins?

Diet Atkins menjanjikan diet tanpa rasa lapar dengan penurunan berat badan yang signifikan. Diet Atkins bahkan menjanjikan metabolisme tubuh yang meningkat karena perubahan pola makan. Dr. Atkins meyakini bahwa tubuh akan menyesuaikan diri dengan pola makan yang Anda lakukan. 

Tubuh akan menemukan metode pembakaran lemak yang baru untuk memasok energi ke tubuh.

Setelah dua minggu pertama tahapan diet, Anda akan melanjutkan ke tahap kedua. Di tahap ini Anda sudah diperbolehkan untuk mengkonsumsi karbohidrat meski dengan porsi yang sedikit. 

Saat ini, tubuh akan tetap mempertahankan kadar insulin dalam tubuh tetap rendah agar tubuh tidak mengubah makanan menjadi lemak. Hal ini didasarkan atas teori bahwa konsumsi karbohidrat terlalu banyak dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat.

Ketika gula darah meningkat, maka tubuh akan menghasilkan insulin yang akan dialirkan menuju aliran darah. Insulin ini akan bekerja mengubah kelebihan gula darah menjadi lemak atau triglycerides. Triglycerides nantinya akan disimpan di dalam tubuh sebagai cadangan lemak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

Setelah menjalani tahapan program selama dua minggu, Anda harus menjalani pre-maintenance dan maintenance yang merupakan tahapan untuk mempertahankan diet.

Keuntungan lain yang ditawarkan dari diet ini adalah penurunan kadar insulin yang bermanfaat untuk membantu pasien penderita diabetes, penyakit jantung serta hipertensi.

Empat fase diet atkins

1. Fase pertama

Fase pertama berupa konsumsi karbohidrat yang dikurangi hingga 20 gram/hari selama dua minggu. Anda bahkan diharuskan mengkonsumsi sayuran dengan kadar karbohidrat rendah. Pada fase ini Anda disarankan untuk konsumsi makanan tinggi protein. Fase ini akan membuat berat badan Anda menurun.

2. Fase Kedua

Fase ini Anda sudah diperbolehkan untuk menambah asupan karbohidrat meski sedikit. Anda disarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat yang berasal dari buah, sayur, kacang-kacangan maupun beras cokelat. Fase ini harus dijalani hingga berat badan Anda hanya melebihi sekitar 4,5 kg dari berat badan ideal.

3. Fase ketiga

Fase ini Anda boleh menambahkan asupan karbohidrat harian sebanyak 10 gram. Anda dianjurkan untuk menambah karbohidrat dari sayuran yang mengandung zat pati maupun dari buah-buahan dan gandum utuh.

4. Fase keempat

Fase ini merupakan fase maintenance atau mempertahankan diet Anda agar berat badan tetap ideal.

Risiko menjalani diet atkins

Menjalani diet Atkins juga memiliki risiko tersendiri yang bisa Anda alami. Risiko yang paling mungkin dialami di tahap awal adalah sakit kepala, lemas, pusing, lelah, diare, mual dan gangguan pencernaan. Hal ini dapat dialami ketika asupan karbohidrat dikurangi secara drastis.

Selain risiko ringan, ada pula risiko berat seperti ketosis. Ketosis merupakan kondisi saat tubuh menggunakan cadangan lemak sebagai energi dan menghasilkan zat sisa berupa keton. Ketika zat keton menumpuk, maka tubuh dapat mengalami gejala berupa bau mulut, mual, sakit kepala hingga perubahan psikologis.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
9 Popular Weight Loss Diets Reviewed. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/9-weight-loss-diets-reviewed)
Starting a low-carb, high-fat diet. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/324957.php)
Atkins Diet Plan Review: Foods, Benefits, and Risks. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/a-z/atkins-diet-what-it-is)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app