Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

Pilih Diet Sehat atau Diet Cepat?

Update terakhir: DEC 9, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.393.106 orang

Diet merupakan cara paling tepat untuk menjaga berat badan tetap ideal. Sayangnya, beberapa orang memilih melakukan diet untuk mendapatkan berat badan ideal secara cepat. 

Padahal penurunan berat badan secara tiba-tiba dalam waktu singkat tidak baik dan tidak disarankan untuk kesehatan. Oleh karena itu, lantas apa perbedaan dari diet cepat dan diet sehat dan mana yang sebaiknya Anda pilih?

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Langkah untuk melakukan diet sehat

Diet sehat tetap mengutamakan kesehatan tubuh dibanding menurunkan berat badan secara cepat. Oleh karena itu, pola diet sehat adalah dengan mengatur pola makan seperti mengatur porsi makan serta jenis makanan yang dikonsumsi sehingga seluruh nutrisi tubuh harian tetap tercukupi.

Tidak makan makanan instan

Tidak mengkonsumsi makanan instan adalah langkah utama dan pertama dalam memulai diet sehat. Makanan instan seperti makanan yang telah dikemas, makanan gorengan serta makanan cepat saji merupakan jenis makanan yang mengandung terlalu banyak garam. 

Selain itu, makanan ini memiliki jumlah kalori serta tambahan bahan pengawet yang banyak.

Aktif berolahraga

Kunci menurunkan berat badan sebenarnya tidak hanya dengan mengurangi atau mengatur makanan, namun juga dengan membakar kalori tubuh melalui olahraga teratur. 

Berolahraga secara teratur dapat membantu membakar kalori tubuh dari makanan yang Anda konsumsi. Oleh karena itu, lakukan olahraga secara rutin untuk membantu program diet sehat Anda berjalan optimal.

Buat pencapaian selama seminggu

Sebelum memulai diet sehat, akan lebih baik jika Anda membuat target kecil mengenai hal apa saja yang ingin Anda capai pada minggu tersebut. Misalnya, jika Anda belum pernah berolahraga, maka buatlah target untuk berolahraga sekurang-kurangnya 30 menit setiap hari.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Mengatur jenis makanan

Meski diet, Anda tetap harus memenuhi kebutuhan protein, vitamin, mineral dan karbohidrat harian secara optimal. Oleh karena itu, coba atur jumlah asupan makanan dalam piring Anda. 

Misalnya sepertiga piring untuk protein yang berasal dari daging tanpa lemak, ikan, atau kacang-kacangan seperti tempe dan tahu. Selanjutnya isi piring dengan sayur-sayuran, buah dan sumber karbohidrat. Pilih sumber karbohidrat yang berasal dari kentang dan beras merah.

Kekurangan diet cepat

Banyak orang yang lebih memilih diet cepat ketimbang diet sehat karena mengharapkan hasil yang lebih instan. Padahal, diet cepat memiliki beberapa kelemahan seperti berikut ini:

Kekurangan nutrisi

Karbohidrat dan lemak sebenarnya merupakan nutrisi yang tetap dibutuhkan oleh tubuh meski dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Namun, orang yang memilih untuk diet cepat tentu akan menghindari lemak dan karbohidrat. 

Padahal mengurangi sejumlah nutrisi bagi tubuh sangat tidak disarankan karena akan membuat tubuh rentan terkena penyakit

Tubuh lemas

Diet cepat umumnya dilakukan secara drastis dengan mengurangi pola makan harian. Beberapa orang bahkan memaksakan diri untuk tidak mengkonsumsi makanan sama sekali. Padahal jika hal ini dilakukan, akan membuat produktivitas tubuh menjadi menurun.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Risiko berat badan mudah naik

Diet cepat dilakukan dengan mengurangi asupan makanan yang biasanya dikonsumsi. Sayangnya, diet cepat tidaklah melatih tubuh untuk terbiasa membakar kalori dalam jumlah banyak. 

Oleh karena itu, ketika seseorang sudah tidak melakukan diet cepat atau diet ketat, misal dengan sedikit saja menambah porsi makanan, berat badan tubuh akan mudah naik kembali.

Kerusakan otot

Diet cepat tanpa diimbangi dengan olahraga tidaklah dapat membakar lemak dalam tubuh. Sebaliknya, diet ketat dengan mengurangi porsi makan drastis dapat membuat jaringan otot menjadi rusak karena terbakar.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Manfaat Diet Ketogenik yang Menakjubkan
Manfaat Diet Ketogenik yang Menakjubkan

Diet ketogenik merupakan diet yang memanfaatkan keadaan ketosis dalam tubuh. Apakah Anda sudah mengetahuinya? Ataukah Anda tertarik untuk mencobanya? Sebelum Anda melakukan diet ketogenik, cobalah untuk mencari tahu apa itu ketosis, manfaat, dan pantangan dari diet ketogenik. Simak uraian di bawah ini.