Makanan dan Diet Sehat

Kenali Apa Itu Diet Mayo dan Menu Makanan Yang Dianjurkan

Dipublish tanggal: Mar 9, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Agu 22, 2019 Waktu baca: 3 menit
Kenali Apa Itu Diet Mayo dan Menu Makanan Yang Dianjurkan

Apakah kamu pernah mendengar mengenai diet mayo? Atau bahkan pernah mencoba diet jenis ini? Ya, kepopuleran diet mayo memang sedang meningkat drastis sekarang ini terlebih di jaman milenial dimana setiap dari masyarakat dari berbagai lapisan umur paham dan ‘melek’ akan social media.

Diet mayo ini sendiri sekarang disebut-sebut sudah menjadi trend setter dalam pola hidup sehat di jaman ini. Namun apakah kamu semua sungguh tahu apa itu diet mayo? Lalu makanan apa saja yang dapat kita konsumsi dan tidak boleh dikonsumsi bila kita ingin mencoba diet mayo ini?

Yuk simak terus artikel dibawah ini untuk pengetahuan lebih lanjut akan diet mayo. 

Apa itu Diet Mayo?

Diet mayo ialah suatu jenis diet yang terutama membatasi konsumsi karbohidrat dan garam. Diet mayo pada awalnya diprakarsai oleh sebuah klinik di Amerika Serikat yang bernama Mayo Clinic, ini yang menyebakan nama diet ini menjadi diet mayo.

Program dari diet mayo ini akan melarang pesertanya untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung garam. Metode diet mayo ini sendiri disebut-sebut dapat menurunkan berat badan hingga 7 kg sampai 13 kg dalam kurun waktu 13 hari.

Pemberian waktu siklus 13 hari dikarenakan para peneliti yang memprakasai diet ini yakin bahwa setelah 13 hari diet ini dilakukan, makan nantinya seluruh garam beserta air akan keluar dari tubuh seseorang melalui urin dan feses.

Ketika tubuh tidak lagi memperoleh asupan garam, maka otomatis berat badan akan menyusut dan menurun. Tetapi jika dalam kurun waktu 13 hari kamu diet melanggar peraturan untuk tidak mengkonsumsi garam maka kamu diet dinyatakan gagal dan harus mengulang dari awal.

Selain tidak diijinkan mengkonsumsi garam dalam bentuk apapun, diet ini juga sebaiknya didampingi dengan pola hidup yang sehat untuk hasil yang lebih maksimal.

Di dalam diet mayo, kamu dilarang mengkonsumsi garam, ini menyebabkan munculnya pertanyaan pada diri setiap orang mengapa harus menghindari makanan dan minuman yang mengandung garam bukannya gula, lada dan sejenisnya?.

Ini dikarenakan garam atau natrium mempunyai sifat osmosis atau menyerap air. Jadi jika dalam tubuh kita mengandung banyak garam, maka akan terjadi penumpukan cairan tubuh.

Pada dasarnya diet mayo ini hanya tidak boleh mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung garam dan juga air es, dan lebih fokus dalam memperbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Diet mayo ini memang sepertinya terlihat mudah dan sederhana, yaitu hanya dengan mengatur pola makan kita selama 13 hari, namun banyak juga orang yang gagal dalam menjalani diet mayo ini loh.

Mengapa Diet Mayo berani menjamin pesertanya akan turun berat badan hingga 7kg?

Alasan utama ialah karena dalam diet mayo, karbohidrat sangat dibatasi dan melarang pengkonsumsian nasi. Sebagai sumber energi utama, karbohidrat dalam tubuh akan disimpan dalam bentuk glikogen yang kemudian dipergunakan sebagai bahan bakar aktivitas kamu.

Ketika cadangan glikogen ini habis, tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi. Tetapi, saat tubuh Anda masih belum mendapatkan karbohidrat, lama kelamaan protein yang akan dipecah untuk dijadikan sumber energi.

Karena tubuh kamu tidak dapat menyimpan protein seperti menyimpan karbohidrat, maka lama kelamaan tubuh kekurangan protein. Asam amino tidak dapat lagi digunakan untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Tanda yang paling kelihatan saat tubuh Anda kekurangan protein adalah menurunnya massa otot. Ini dapat menyebabkan Anda terlihat kurus.

Alasan kedua ialah dalam diet mayo, kamu juga dilarang mengkonsumsi garam dalam bentuk apapun. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa garam bersifat mengikat air dalam tubuh yang akan membuat tubuh menjadi gemuk.

Dalam diet mayo ini, kamu akan lebih sering ingin membuang air kecil karena tidak ada garam yang dapat mengikat air di tubuh kamu. Garam juga mengandung sodium, suatu senyawa elektrolit yang bekerja untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Karena tidak ada air yang terikat dan frekuensi buang air kecil yang bertambah, maka kamupun mengalami penurunan berat badan secara drastis yang diakibatkan oleh hilangnya cairan tubuh.

Menu Makanan Diet Mayo

  • Makanan Pagi
    Kamu bisa mengkonsumsi 1 cangkir kopi atau teh dengan 1 sdt gula pasir ditambah dengan buah-buahan seperti apel atau roti tawar.

  • Makanan Siang
    Kamu bisa mengkonsumsi Sayur-sayuran, Buah-buahan beserta Lauk Pauk kaya Protein seperti 1 mangkuk salad, 1 buah segar, ikan tuna, telur ayam atau daging ayam kukus.

  • Makanan Malam
    Kamu bisa mengkonsumsi Sayur, Buah beserta protein seperti pada siang hari namun bila tidak ingin bosan, kamu bisa mengganti jenis sayur, buah dan protein sehingga makan siang dan malam menjadi lebih bervariasi.

Perlu diingat, dalam diet mayo ini kamu juga dilarang mengkonsumsi gorengan, nasi putih, junk food (makanan siap saji), manisan. Untuk hasil yang lebih maksimal, sertai juga dietmu dengan pola hidup yang sehat dengan rutin berolahraga dan istirahat yang cukup.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Manfaat Diet Ketogenik yang Menakjubkan
Manfaat Diet Ketogenik yang Menakjubkan

Diet ketogenik merupakan diet yang memanfaatkan keadaan ketosis dalam tubuh. Apakah Anda sudah mengetahuinya? Ataukah Anda tertarik untuk mencobanya? Sebelum Anda melakukan diet ketogenik, cobalah untuk mencari tahu apa itu ketosis, manfaat, dan pantangan dari diet ketogenik. Simak uraian di bawah ini.

Buka di app