Picu Penyakit, Kebiasaan Merokok Merusak Daya Tahan Tubuh

Dipublish tanggal: Jun 27, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 19, 2019 Waktu baca: 2 menit
Picu Penyakit, Kebiasaan Merokok Merusak Daya Tahan Tubuh

Percaya atau tidak, rokok dapat membunuh Anda secara perlahan. Melalui penyakit yang dipicu oleh penggunaan rokok, kesehatan Anda lama-kelamaan akan menurun, hingga akhirnya berakhir dengan kematian. Bahkan, risiko penyakit yang ditimbulkannya ini, sudah terang-terangan dituliskan pada kemasannya.

Efek Negatif Rokok Bagi Kesehatan

Berikut efek buruk yang ditimbulkan rokok pada tubuh Anda:

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

1. Daya tahan tubuh  jadi terganggu

Merokok akan membuat tubuh Anda menjadi rentan terkena infeksi, karena kekebalannya yang menurun. Kandungan dalam rokok akan merusak dan menghancurkan antibodi yang berada dalam aliran darah. Padahal, antibodi ini berguna untuk melawan infeksi penyakit yang masuk dalam tubuh. 

Perokok biasanya lebih lama menderita sakit, dibandingkan dengan yang tidak merokok.

Selain merusak antibodi, kandungan racun dalam rokok juga menimbulkan kondisi autoimunitas dalam tubuh. Sistem imunitas yang seharusnya melindungi tubuh dari infeksi kuman, bakteri, dan virus, malah berbalik menyerang sel dalam tubuh. 

Penyakit yang sebelumnya telah diderita perokok akan makin parah, karena daya imunitasnya sendiri pun ikut merusaknya organ tubuhnya.

2. Ganggu keseimbangan sistem saraf pusat

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Zat nikotin yang terkandung dalam rokok sangat berdampak buruk pada sistem saraf pusat Anda. Saat nikotin memasuki otak, maka otak akan merilis hormon dopamin melimpah, membuat Anda jadi sangat berenergi untuk sementara. 

Namun, saat efeknya ini habis, maka Anda akan merasa tak bersemangat dan menginginkan kembali efek ini terjadi. Inilah yang disebut dengan candu.

Asupan nikotin yang tidak dipenuhi, akan membuat Anda jadi mudah gelisah, marah dan depresi. Bahkan, Anda juga bisa mengalami sakit kepala yang berlebihan dan sulit untuk tidur nyenyak. Untuk itu, jangan pernah coba-coba merokok. 

Sekali Anda mencoba merokok, maka kemungkinan besar Anda akan mengalami candu dan susah untuk kembali normal.

3. Merusak sistem pernapasan

Organ tubuh yang paling dirusak oleh kebiasaan merokok adalah organ pernapasan seperti paru-paru. Semakin sering Anda merokok, maka akan semakin banyak racun yang masuk dan merusak paru-paru Anda. 

Para perokok berisiko tinggi terpapar penyakit yang berkaitan dengan sistem pernapasan seperti kanker paru-paru, bronkitis kronis, emfisema, dan PPOK.

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Tak hanya perokok, orang di sekitar perokok seperti keluarganya pun berisiko terkena gangguan pernapasan. Hal ini diakibatkan mereka secara tak sengaja ikut menghirup asap rokok. Anak yang orang tua merokok lebih berisiko mengalami batuk dan asma, dibandingkan anak yang orang tuanya tak merokok. 

Selain itu, penyakit seperti pneumonia dan bronkitis juga rentan mereka alami.

4. Merusak sistem integumen

Sistem integumen mencakup sistem tubuh pada bagian kulit, kuku, dan rambut. Kandungan dalam rokok mengakibatkan struktur pada kulit Anda jadi berubah. Bahkan, racun dalam rokok dipercaya meningkatkan risiko kulit Anda terpapar sel kanker.

 Selain kulit, rokok juga berefek pada pertumbuhan rambut Anda. Rokok dapat memicu rambut rontok, kebotakan, dan uban.  

5. Terganggunya sistem reproduksi

Nikotin yang dikandung rokok mengganggu aliran darah pada bagian intim pria dan juga wanita. Pria yang merokok akan merasakan penurunan pada gairahnya untuk berhubungan intim. Sedangkan pada wanita, kebiasaan merokok dapat membuatnya sulit mencapai kepuasan. 

Hal terburuk yang bisa dipicu oleh rokok pada sistem reproduksi pria adalah impotensi.

Itulah 5 gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kebiasaan merokok. Rokok terutama sekali merusak daya tahan tubuh Anda, sehingga Anda jadi rentan terkena penyakit. Jika Anda kebetulan merupakan perokok berat, cari metode yang sekiranya bisa menghentikan kebiasaan Anda ini. 

Jangan korbankan diri Anda serta keluarga, demi mendapatkan kenikmatan semu dari rokok. 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Strzelak, Agnieszka & Ratajczak, Aleksandra & Adamiec, Aleksander & Feleszko, Wojciech. (2018). Tobacco Smoke Induces and Alters Immune Responses in the Lung Triggering Inflammation, Allergy, Asthma and Other Lung Diseases: A Mechanistic Review. International Journal of Environmental Research and Public Health. 15. 1033. 10.3390/ijerph15051033. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/325292893_Tobacco_Smoke_Induces_and_Alters_Immune_Responses_in_the_Lung_Triggering_Inflammation_Allergy_Asthma_and_Other_Lung_Diseases_A_Mechanistic_Review)
Smoking Seems to Weaken the Immune System: Study. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=215595)
Impacts of cigarette smoking on immune responsiveness: Up and down or upside down?. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5352117/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app