Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA
Perawatan Wajah

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tuntas

Update terakhir: DEC 7, 2019 Tinjau pada DEC 7, 2019 Waktu baca: 7 menit
Telah dibaca 1.892.714 orang

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tuntas

Berbagai macam masalah pada kulit wajah umumnya muncul ketika menginjak masa pubertas atau ketika usia remaja. Masalah kulit yang timbul biasanya berupa kulit berminyak, kusam, dan terutama munculnya jerawat pada wajah. Walau jerawat bukanlah masalah kesehatan yang berbahaya namun kemunculan bintik merah pada wajah acap kali dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang sekaligus mengganggu penampilan.

Tak heran kebanyakan orang yang memiliki jerawat akan merasa minder, malu, menarik diri dari pergaulan atau bahkan tidak ingin bertemu dengan orang lain. Dalam mengatasi ini, biasanya orang yang berjerawat akan melakukan berbagai macam cara untuk menghilangkan jerawat namun terkadang tak kunjung berhasil justru jerawat tetap eksis atau bahkan semakin parah.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Jerawat sendiri dapat disebabkan oleh banyak faktor mulai dari makanan dan minuman yang dikonsumsi, pola gaya hidup yang kurang sehat seperti kurang tidur, jarang berolahraga, kurang menjaga kebersihan seperti jarang mencuci muka, pemakaian makeup yang terlalu sering, hingga pengaruh faktor hormon.

Cara menghilangkan jerawat dengan tuntas

Timbul dan berkembangnya jerawat pada wajah tak terlepas dari penerapan gaya hidup yang kurang sehat terkhusus pada kulit sehingga perubahan gaya hidup dipandang sebagai salah satu bagian penting untuk dilakukan karena akan menunjang keberhasilan dalam mengatasi jerawat. Berikut ini langkah awal yang wajib dilakukan apapun metode lanjutan yang akan dipakai nantinya entah dengan cara medis dan atau alami.

Cuci wajah secara teratur

Kebiasaan mencuci wajah dengan teratur sebanyak 2 kali sehari dapat dilakukan saat bangun tidur dan sebelum tidur. Gunakan sabun pencuci wajah yang memiliki pH seimbang antara 5 sampai 5,5.

  • Jika Anda juga memiliki jerawat di bahu, punggung, dan dada, maka bersihkan pula area itu dengan menggosoknya dua kali sehari
  • Jika Anda memakai make-up, cuci wajah sampai bersih sebelum tidur hingga tak ada lagi sisa make up pada wajah

Rajin mandi

Salah satu cara menjaga kebersihan tubuh adalah dengan aktivitas mandi secara teratur yang dapat membantu menjaga produksi minyak supaya tidak berlebih, membunuh bakteri, dan membuang sel-sel kulit mati. Mandi dan bersihkan tubuh 2 kali sehari dan pastikan untuk selalu mandi setelah berolahraga untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dari tubuh yang keluar bersama keringat.

Olahraga

Selain menjaga kesehatan tubuh dan kulit, keuntungan lain berolahraga adalah membantu mengurangi jerawat. Ketika tubuh berolahraga, maka tubuh akan melepaskan hormon endorfin, sebuah hormon yang dapat menurunkan stres sehingga dapat mengurangi produksi minyak dan juga membuat tubuh berkeringat yang artinya dapat membersihkan sel-sel kulit mati.

Coba mulai berolahraga setiap hari selama minimal tiga puluh menit untuk membantu menghilangkan jerawat, tidak hanya pada wajah, tetapi juga jerawat di dada, bahu, dan punggung.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Baca juga: Manfaat Olahraga Bagi Tubuh

Jangan menyentuh wajah

Jika diperhatikan, orang yang memiliki banyak jerawat biasanya memiliki kebiasaan menyentuh bagian wajah. Sehingga ada baiknya untuk mulai berhenti menyentuh wajah apalagi sampai memencet jerawat. Hal ini juga berlaku terhadap komedo, di mana Anda perlu menghindari diri untuk mencoba mengeluarkan komedo dengan kuku karena kebiasaan buruk ini akan menyebarkan lebih banyak bakteri pada kulit dan akhirnya akan membuat jerawat menjadi lebih parah.

Mengonsumsi makanan sehat

Jika ingin jerawat cepat hilang, hindari makanan berminyak karena hal ini merupakan sumber minyak di wajah dan dapat memperparah kondisi jerawat. Pilihlah jenis makanan sehat berupa biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan protein karena kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya akan membantu meregenerasi kulit lebih cepat dan membatasi produksi minyak yang tidak perlu.

Cukupi kebutuhan tidur

Selain menjaga daya tahan tubuh, kebiasaan tidur setidaknya delapan jam setiap malam dengan jadwal yang teratur dapat memberikan sel-sel tubuh waktu untuk memperbaharui diri dan tentunya akan membantu mengusir jerawat yang membandel. 

Minum air putih

Tubuh kita sangat membutuhkan cairan untuk tetap menjaga jumlah cairan dalam tubuh dan hal ini juga berkaitan dengan cara menghilangkan jerawat. Karena dengan minum air putih yang cukup akan berguna untuk mendetoksifikasi atau membuang racun dan memurnikan kulit. Oleh karena itu, pastikan Anda minum air putih dengan cukup setiap harinya.

Baca juga: Kebutuhan Air Putih Harian

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Hindari stress

Beban pikiran yang berlebihan atau stress akan membuat kulit menghasilkan lebih banyak minyak sehingga akan mudah terkena atau memperparah jerawat. Cobalah untuk tetap rileks dengan membaca buku, yoga, meditasi, sholat, berdzikir, berdoa, atau melakukan kegiatan yang Anda sukai.

Jaga kebersihan lingkungan

Setiap kain yang menempel pada wajah seperti pakaian, sarung bantal, handuk, atau apapun yang bersentuhan langsung dengan kulit harus selalu dicuci dengan bersih, karena jika dibiarkan hal itu dapat menjadi sumber debu dan bakteri yang dapat menyebabkan terjadinya jerawat. Anda pun harus rajin membersihkan dan menciptakan ruang yang bersih terutama di rumah dan kamar tidur untuk menghindari kuman dan bakteri.

Make-Up bebas minyak

Orang yang memiliki kulit berjerawat sebaiknya tidak menggunakan make-up apapun jenisnya karena berpotensi menutup pori-pori kulit yang malah akan membuat kulit wajah berkomedo. Jika hal ini tidak bisa dihindari maka pilihlah make up yang berbahan dasar air (bukan minyak) sebagai alternatifnya.

Bahan alami menghilangkan jerawat

Salah satu cara yang dapat membantu menghilangkan jerawat adalah dengan menggunakan bahan alami yang mudah ditemui dan dapat Anda lakukan sendiri di rumah dengan aman dan sederhana. Beberapa bahan alami tersebut adalah:

Lidah Buaya

Tanaman ini begitu populer dan sudah dikenal manfaatnya untuk kecantikan dan kesehatan. Bahkan berbagai produk kesehatan telah menggunakannya, salah satunya untuk mengatasi masalah jerawat. Penggunaannya pun cukup mudah, yakni kupas kulit lidah buaya dan ambil gel secukupnya untuk diusapkan pada wajah yang berjerawat. Setelah mengoleskannya dengan rata, tunggu beberapa menit (sekitar 10-15 menit) kemudian bilas dengan air bersih.

Bawang Putih

Bawang putih begitu fantastis untuk menghilangkan jerawat karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Di samping itu, bawang putih memiliki kemampuan anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-virus. Untuk mengatasi jerawat dengan bawah putih ada dua cara yang dapat dilakukan:

  • Tahap pencegahan: Hanya dengan menambahkan lebih banyak bawang putih pada makanan. Ini membantu menjaga kesehatan secara umum serta memurnikan darah sehingga darah menjadi lebih bersih. Tetapi perhatikan juga efek sampingnya seperti perut kembung
  • Tahap pengobatan: Kupas bawang putih dan hancurkan hingga lembut lalu gosokkan pada daerah wajah yang berjerawat beberapa kali sehari dan diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih. Jika kulit Anda sensitif dan ditandai dengan adanya rasa panas dan kemerahan, maka hentikan penggunaanya

Madu

Tak asing lagi bagi kita, bahwa madu berperan penting dalam menjaga stamina tubuh dan menjadi solusi berbagai masalah kesehatan. Madu merupakan antibiotik alami yang membuatnya sempurna dan bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Anda dapat memanfaatkan madu dengan menjadikannya masker wajah sederhana.

Untuk membuat masker wajah dengan madu, campurkan dua sendok makan madu asli dengan satu sendok teh kayu manis yang telah dihaluskan, kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat. Awalnya mungkin akan terasa lengket dan tidak enak tetapi biarkan madu menempel di wajah selama sekitar sepuluh menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

Mentimun

Mentimun memiliki efek anti-inflamasi dan sering dijadikan irisan mentimun untuk menghilangkan mata bengkak. Timun juga bermanfaat baik untuk menghilangkan bekas jerawat dan membantu mengurangi kemerahan pada wajah.

Cara menghilangkan jerawat dengan timun dapat dilakukan dengan cara membuat timun menjadi pasta dengan menggabungkan parutan timun yang halus dengan 2-3 sendok teh jus lemon dan menerapkannya pada kulit yang berjerawat. Biarkan selama sepuluh sampai lima belas menit sebelum dibilas bersih dengan air.

Baca juga: Jenis Masker Sesuai Tipe Kulit

Menghilangkan jerawat secara medis

Selain menggunakan bahan alami, sebenarnya Anda juga dapat memecahkan jerawat sendiri. Hanya saja perlu perhatian khusus agar tidak menimbulkan bekas noda pada wajah. Jika sudah tidak tertahankan lagi, coba obati dengan serangkaian perawatan wajah melalui tindakan medis, seperti:

Krim Retinoid

Dokter akan meresepkan krim obat jerawat retinoid yang memiliki kadar vitamin A yang tinggi. Krim ini akan membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan membuang sel-sel kulit mati pada wajah. Anda dapat menggunakanya hanya malam hari dan hindari paparan sinar matahari.

Facial

Tersedia di berbagai klinik kecantikan, dimana prosedur ini akan menggunakan beberapa alat pembersih wajah yang berbeda, masker, dan alat ekstraksi untuk membuang komedo di wajah yang merupakan cikal bakal terbentuknya jerawat.

Baca juga: Perawatan Kecantikan Facial Wajah

Facial Peeling

Mengupas wajah dengan gel yang mengandung asam khusus dapat melarutkan sel kulit yang mati dan membunuh bakteri. Melakukan prosedur ini secara teratur dapat membantu menghilangkan jerawat dari waktu ke waktu di samping proses perawatan kulit biasa.

Mikrodermabrasi

Membuang sel-sel kulit yang mati dengan menggunakan sikat mikro yang sangat halus sehingga membuat kulit seperti "diamplas". Setelah sel-sel kulit yang mati dan rusak dibuang, maka akan tumbuh sel-sel kulit baru yang lebih sehat dan halus pada wajah.

Laser

Saat ini telah populer penggunaan laser untuk menghilangkan jerawat, apalagi banyak artis yang telah menggunakannya. Cara kerjanya adalah dengan menembakkan sinar laser pada kulit wajah dengan tujuan membunuh kelenjar penghasil minyak yang terlalu aktif di bawah kulit. Mungkin proses ini akan terasa sedikit sakit, tetapi telah terbukti dapat mengurangi jerawat dengan kisaran keberhasilan sampai 50 persen.

Obat Jerawat Resep

Pada kasus jerawat yang parah, dokter akan meresepkan obat khusus. Namun penggunaan obat-obatan jerawat ini mungkin dapat menghilangkan jerawat sekaligus menimbulkan efek samping pada kulit. Oleh karena itu, selalu konsultasikan dengan dokter jika berurusan dengan obat penghilang jerawat termasuk beritahu dokter ketika sedang hamil atau menyusui.

Baca juga: Cara Aman Memencet Jerawat

Referensi

Healthline. (2017). Carotenoids: Everything You Need to Know

Healthline. (2017). Home Remedies for Burns.

Drugs. (2018). Yes To Tomatoes Acne Fighting Paper Mask.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit